7 Kota Yang Di Lewati Garis Meridian 0 Derajat

Garis Meridian 0 derajat melewati kota yang terletak di sepanjang garis khayal yang menghubungkan kutub utara dan selatan bumi. Garis meridian membagi bumi menjadi 2 bagian: timur dan barat.

Advertisements

Garis Meridian 0 derajat juga disebut sebagai garis Meridian Utama. Garis ini saling tegak lurus dengan garis Khatulistiwa (equator) yang membagi bumi menjadi bagian utara dan selatan.

garis meridian 0 derajat, kota yang di lewati garis meridian 0 derajat, peta garis meridian 0 derajat dunia

Peta garis imajiner dunia

Meridian 0 derajat pertama kali di tetapkan dalam konferensi Internasional yang diadakan pada tahun 1884. Penetapan garis meridian utama ini bertujuan untuk menetapkan standar perdagangan Internasional.

Jika Garis 0 derajat Khatulistiwa melewati beberapa kota di Indonesia, lantas Kota mana saja yang di lewati oleh garis 0 derajat Meridian?

Jika Anda berniat untuk mengunjungi kota-kota tersebut, berikut ini daftarnya

7 Kota Yang Di Lewati Garis Meridian 0 Derajat

1. Greenwich, London 0°00′

kota greenwich london, kota yang dilewati garis 0 derajat meridian, kota yang dilwati garis 0 derajat

Kota Greenwich, London

Kota Greenwich adalah salah satu kota paling terkenal di Inggris. Sejak tahun 1884 kota ini ditetapkan sebagai titik awal perhitungan waktu dunia yang dikenal dengan sebutan GMT (Greenwich Mean Time).

Hal ini disebabkan karena Greenwich terletak pada 0 derajat garis bujur. Yang mana titik ini menjadi pangkal garis khayal yang membagi bumi menjadi bagian timur dan barat.

Beberapa tempat menarik di Greenwich yang bisa Anda kunjungi diantaranya adalah The Majestic Cutty Sark dan Queen’s House

Lihat lokasi Greenwich di maps

2. Lomé, Togo +1°12′

Kota Lome, Kota Togo, Kota Yang Di Lewati Garis Meridian 0 Derajat

Lome, Togo

Lome merupakan ibu kota Negara Togo, Afrika Barat. Kota ini sekaligus menjadi kota terbesar di Togo. Lome terletak di sisi laut atlantik dan menghadap ke Teluk Guyana. Kota ini merupakan salah satu kota di dunia yang di lewati oleh garis meridian 0 derajat.

Salah satu tempat menarik di Lome adalah Voodoo Market, sebuah pasar yang menjual barang-barang mistis. Tempat ini juga disebut-sebut sebagai salah satu pasar terseram di dunia.

Lihat lokasi Lome di maps

3. Ouagadougou, Burkina Faso -1°32′

kota yang dilewati garis meridian 0 derajat, kota burkina faso

Ouagadougou, Burkina Faso

Ougadougou adalah nama sebuah kota yang terletak di Burkina Faso, Afrika Barat. Agar lebih mudah menyebutnya, kota ini sering juga di sebut dengan nama Ouaga. Burkina Faso sendiri merupakan sebuah negara yang termasuk ke dalam salah satu negara termiskin di dunia.

Kurangnya lapangan pekerjaan menyebabkan tingkat emigrasi yang sangat tinggi terjadi di negara ini. Tercatat sebanyak 3 juta penduduk Burkina Faso telah berpindah ke Pantai Gading.

Lihat lokasi ougadougou di maps

Advertisements

4. Niamey, Niger +2°6′

Kota naimey nigeria, Kota Yang Di Lewati Garis Meridian 0 Derajat

Naimey, Niger

Naimey adalah ibu kota Niger, Afrika Barat. Kota ini juga merupakan kota terbesar di Niger. Penduduk kota ini berjumlah 800,000 jiwa dengan luas wilayah 670 km², sebuah kota dengan tingkap kepadatan penduduk yang tinggi. Kota ini merupakan pusat administratif, budaya, dan ekonomi di Niger.

Lihat lokasi Naimey di maps

5. Paris, France +2°21′

Kota Yang Di Lewati Garis Meridian 0 Derajat, kota paris, menara eifell, foto menara eifell malam hari

Kota Paris

Siapa yang tak kenal dengan kota ini. Paris merupakan salah satu kota tujuan wisata para turis yang paling populer di dunia.

Ada sekitar 30 juta pengunjung asing yang datang ke Paris setiap tahunnya. Beberapa landmark yang ada di Paris merupakan tempat wisata yang paling terkenal di dunia. Diantaranya adalah Menara Eifel dan Museum De Louvre.

Lihat lokasi Paris di maps

6. Accra, Ghana 0°12′

Kota Accra, Ghana, Kota Yang Di Lewati Garis Meridian 0 Derajat, kota paris, menara eifell, foto menara eifell malam hari

Kota Accra, Ghana

Accra merupakan Ibu Kota dari Negara Ghana. Kota ini juga merupakan kota terbesar yang terletak di bagian selatan Ghana. Menurut sejarahnya kota ini didirikan pada abad ke 15 sebagai pusat perdagangan Bangsa Portugal.

Beberapa tempat wisata menarik yang bisa di kunjungi di Accra diantaranya adalah Independence Square dan Osu Castle.

Lihat lokasi Accra di maps

7. Madrid, Spain at 3°41′

kota yang dilewati garis meridian 0 derajat, madrid, spanyol, tempat terindah di madrid, tempat paling menarik di madrid

Madrid, Spain

Anda pasti kenal dengan klub sepakbola besar yang berasal dari kota ini. Madrid merupakan Ibu Kota Negara Spanyol. Kota ini juga di lewati oleh garis meridian 0 derajat pada koordinat 3°41′.

Selain punya klub sepak bola yang terkenal, Madrid juga punya beberapa tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi diantaranya adalah Plaza de Ezpana dan The Sorolla Museum.

Lihat lokasi Madrid di maps

Nah itulah 7 Kota di dunia yang dilewati garis meridian 0 derajat. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menjawab apa yang Anda cari.

Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini kepada teman dan saudara Anda. Kritik dan saran silahkan isi di kolom komentar 🙂

7 Kota Yang Di Lewati Garis Meridian 0 Derajat
4.67 (93.33%) 12 votes
Tags: garis bujur 0 derajat terletak di kota apa dan di negara apa, garis bujur 0° melalui kota, Garis bujur 0° terletak di kota di negara, garis bujur 0° terletak dikota apa dan negara apa?, garis bujur enol derajat nerada dj kota

Leave a Reply