Yuk Ke Bukit Gunung Nini Pangalengan Bandung

Bukit Gunung Nini sebenarnya bukanlah sebuah gunung seperti yang Anda bayangkan melainkan sebuah bukit yang terletak di sebuah perkebunan teh yang ada di daerah Pangalengan Bandung. Jadi Anda tidak perlu membayangkan sebuah pendakian yang ekstrim karena tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata yang biasa di gunakan untuk mengajak keluarga bersantai menikmati udara segar dan pemandangan kebun teh yang hijau memanjakan mata.

Gunung Nini terletak di tengah Perkebunan Teh Malabar. Perkebunan ini di dirikan oleh seorang berkebangsaan Belanda yang bernama Karel Albert Rudolf Bosscha pada tahun 1896. Beliau ini juga adalah orang yang berperan dalam pembangunan Observatorium Bosscha yang ada di Bandung.

Advertisements

Konon Bukit Gunung Nini merupakan tempat yang di jadikan KAR Bosscha untuk mengawasi kebun teh miliknya itu. Memang pemandangan dari atas bukit ini bisa menjangkau hampir seluruh area perkebunan teh, bisa Anda buktikan sendiri nanti.

bukit gunung nini pangalengan, gunung nini, kebun teh malabar

Lokasi Bukit Gunung Nini

Terletak di Perkebunan Teh Malabar, Desa Margaluyu, Kecamatan Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Letaknya tidak jauh dari Mess Malabar dan makam KAR Bosscha.

Cara Menuju Ke Bukit Gunung Nini

Jika Anda berangkat dari Kota Bandung, Anda bisa naik bus atau elf menuju ke Pangalengan. Setelah itu Anda berganti naik angkot yang menuju ke Malabar kemudian berhenti di pintu masuk Malabar. Lanjutkan perjalanan Anda masuk ke Perkebunan Malabar menuju ke mess Malabar dan makam Bosscha.

Anda bisa berjalan kaki untuk mengunjungi mess Bosscha, SD Malabar, dan menikmati pemandangan di puncak Bukit Nini. Anda bisa menikmati udara segar selama menyusuri perkebunan teh Malabar ini. Jalan yang di tempuh juga tidak terlalu jauh, jika berjalan kaki hanya butuh waktu setengah jam saja dari Mess Malabar.

Advertisements

Pemandangan Di Puncak Gunung Nini

Bukit Gunung Nini memiliki ketinggian sekitar 1616 meter di atas permukaan laut. Perjalanan mendaki ke puncak tidak terlalu berat, Anda bisa melakukannya seperti berjalan menanjak di jalan biasa, tidak seperti mendaki gunung dengan trek pendakian yang curam. Oleh karena itu tempat ini sangat cocok untuk di jadikan tempat wisata dan rekreasi bersama keluarga Anda.

bukit gunung nini pangalengan, gunung nini, kebun teh malabar

Pemandangan dari atas puncak bisa Anda nikmati dari gardu pandang yang telah di bangun. Dari sini Anda bisa melihat pemandangan Kota Pangalenagan, perkebunan teh, dan Situ Ciluenca dari kejauhan. Dari sini juga Anda bisa melihat hamparan perkebunan PTPN VII.

bukit gunung nini pangalengan, gunung nini, kebun teh malabar

Jika cuaca sedang cerah Anda bisa melihat siluet Gunung Papandayan yang di tutupi awan-awan putih. Jika Anda ingin melihat pemandangan yang lebih indah lagi, datanglah sebelum matahari terbit. Anda akan di suguhi pemandangan sunrise yang indah muncul dari balik Gunung Papandayan. Pada saat sore hari pemandangan juga tidak kalah indah, Anda bisa melihat sunset yang memukau tenggelam di balik Gunung Tilu.

Selamat berlibur !

Yuk Ke Bukit Gunung Nini Pangalengan Bandung
4.8 (96%) 10 votes
Tags: gunung nini, sejarah gunung nini pangalengan, gunung nini pangalengan, pangalengan, gn nini

Leave a Reply

Creampie