Bukit Sabak Destinasi Wisata Menantang Di Sukabumi

Bukit Sabak Sukabumi merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup menantang untuk di taklukan. Tempat wisata ini terletak di daerah Sukabumi, Jawa Barat. Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang dan hasrat yang kuat untuk menjelajah alam pegunungan, mungkin tempat ini sangat cocok untuk Anda masukkan dalam rencana perjalanan Anda di Sukabumi.

Advertisements

bukit sabak, pucak bukit sabak sukabumi, pemandangan gunung gede dari puncak bukit sabak

Belakangan ini mendaki dan berkemah sepertinya mulai menjadi trend wisata baru di kalangan anak muda. Banyak bermunculan destinasi-destinasi wisata alam yang mengambil puncak bukit sebagai spot utamanya. Salah satu yang saat ini sedang populer adalah Bukit Bulu Batu Garden Flower di Malang dengan gardu pandangnya yang sangat unik. Sepertinya yang satu itu juga tidak boleh Anda lewatkan.

Untuk mendaki ke puncak Bukit Sabak sepertinya tidak di perlukan kemampuan khusus, para pendaki pemula pun bisa melakukannya. Yang terpenting Anda berangkat dengan persiapan stamina yang ok dan perbekalan yang cukup.

Banyak yang bilang seorang traveler dan pecinta alam belum sempurna jika belum pernah mendaki dan menaklukan terjalnya pendakian ke puncak. Memang memilih menghabiskan waktu liburan untuk mendaki gunung adalah sebuah perjalanan dengan sensasi yang berbeda dari jalan-jalan ke pantai atau tempat-tempat wisata lainnya. Sensasi perjuangan selama mendaki adalah kenikmatan tersendiri bagi mereka yang menyukai kegiatan ini. Nah bagi Anda yang berada tak jauh dari Sukabumi, Bukit Sabak bisa Anda jadikan tempat mengasah kemampuan mendaki dan stamina Anda.

Beberapa waktu yang lalu kami sempat mendengar keluhan beberapa orang teman yang kesulitan menemukan informasi mengenai Bukit Sabak, Oleh karena itu pada kali ini wisatalova.com akan memberikan informasi dan ulasan singkat mengenai destinasi wisata yang cukup menantang di daerah Sukabumi ini.

Lokasi Bukit Sabak Sukabumi

Bukit Sabak terletak di Desa Semplak, tidak jauh dari daerah Cimangkok yang ada di Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Letaknya tidak jauh dari kawasan industri yang banyak terdapat di daerah ini, juga tidak jauh dari Bukit Pinus.

Lihat peta berikut untuk memudahkan Anda memahami lokasi Bukit Sabak:

Cara Menuju Ke Bukit Sabak

Jarak Bukit Sabak dari pusat Kota Sukabumi tidak terlalu jauh. Jika Anda berangkat dari kota hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam dengan menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat. Anda juga bisa menaiki kendaraan umum yang menuju ke Sukalarang. Setelah sampai di daerah Sukalarang teruskan perjalanan Anda sedikit lagi menuju ke Desa Semplak. Dari sana Anda bisa masuk ke jalur pendakian yang letaknya tidak jauh dari desa.

Perjalanan Mendaki Yang Menantang

trek pendakian bukit sabak, bukit sabak sukabumi

Bagian yang cukup seru dan menantang adalah pada saat mendaki ke atas puncak. Dari bawah menuju puncak, Anda harus menempuh perjalanan mendaki selama kurang lebih satu jam dengan berjalan kaki. Bagi Anda yang sudah terbiasa mendaki gunung, mungkin perjalanan ini tergolong ringan. Trek yang akan di lewati selama perjalanan mendaki tidak terlalu curam, namun dari bawah hingga ke puncak Anda akan menemui medan yang selalu menanjak.

trek pendakian bukit sabak, bukit sabak sukabumi

Dari bawah bukit Anda akan masuk ke kawasan hutan, setelah itu Anda akan bertemu jalan setapak yang sudah di buat sebelumnya. Jalur ini biasanya di pakai juga sebagai trek offroad motor cross. Di sepanjang perjalanan Anda hanya melihat pemandangan tanah gersang dan ilalang di kanan kiri. Jika cuaca sedang terik perjalanan bisa menjadi sangat melelahkan dan menguras energi, semoga Anda tidak lupa membawa bekal air minum.

hutan pinus bukit sabak, trek pendakian bukit sabak, bukit sabak sukabumi

Menjelang sampai ke puncak, Anda akan bertemu kawasan hutan pinus yang cukup rimbun. Nah disini Anda bisa berhenti sejenak untuk berteduh dan beristirahat. Jika Anda membawa bekal makanan maka tempat ini adalah tempat yang paling nyaman untuk memakan bekal makanan Anda tersebut. Pemandangan akan berubah drastis begitu Anda sampai di puncak, disana ada sebuah tanah datar yang cukup luas dan gersang. Dari sana Anda bisa melihat pemandangan indah seluruh kota Sukabumi, hutan-hutan di sekeliling bukit dan pemandangan Gunung Gede yang berdiri gagah di hadapan Anda.

Advertisements

Keindahan Pemandangan Bukit Sabak

pemandangan gunung gede di kaki bukit sabak

Pemandangan Gunung Gede di kaki Bukit Sabak

Bukit Sabak memiliki pemandangan yang cukup indah untuk memanjakan mata dan menyegarkan pikiran. Walaupun ketinggiannya yang tergolong rendah namun dari puncak bukit ini Anda bisa melihat kawasan hijau hutan pinus, dan vegetasi lain yang ada di sekelilingnya. Sabak tergolong kedalam bukit berukuran kecil dengan ketinggian hanya 1000 mdpl. Namun jangan terkecoh dengan ukuran dan tingginya, karena pemandangan yang dimilikinya tidak akan membuat Anda takjub.

lokasi kemah bukit sabak, pemandangan dari puncak bukit sabak

Dari puncak Anda akan di suguhkan pemandangan landscape kota Sukabumi yang terbentang di hadapan Anda. Berlatarkan pemandangan siluet Gunung Gede yang terlihat berdiri gagah di belakangnya. Jika cuaca sedang cerah tak berawan, Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan Gunung Gede secara keseluruhan. Dari atas sana Anda bisa melihat pemandangan rumah-rumah warga, persawahan, dan pabrik-pabrik yang banyak berdiri di kawasan Sukabumi.

Camping di Bukit Sabak Sukabumi

hutan pinus bukit sabak, kemah hutan pinus bukit sabak

Pemandangan yang jauh lebih indah bisa Anda dapatkan pada momen matahari terbenam. Tapi untuk bisa melihat sunset Anda harus berkemah, karena sangat berisiko jika Anda turun ke bawah dalam keadaan gelap. Sebaiknya Anda sudah mempersiapkan perbekalan Anda untuk berkemah.

lokasi kemah bukit sabak, pemandangan malam hari bukit sabak

Lokasi untuk berkemah di puncak bukit ini juga cukup luas dengan tanahnya yang datar. Anda akan bertemu dengan penunjung lain yang banyak mendirikan tenda di tempat ini. Mereka biasanya pergi bersama rombongan dan komunitas pendaki, namun tak jarang juga yang datang hanya dengan beberapa orang dalam satu kelompok.

lokasi kemah bukit sabak, pemandangan malam hari bukit sabak

Pada saat malam tiba, pemandangan dari atas Puncak Bukit Sabak menjadi jauh lebih indah. Anda bisa melihat pemandangan kota yang di hiasi ribuan cahaya lampu. Pemandangan yang tak kalah indahnya dengan Puncak Lereng Kelir Gertas Ambarawa pada malam hari yang pasti membuat Anda takjub saat melihatnya.

Koleksi foto-foto di Bukit Sabak:

pemandangan langit bukit sabak
bukit sabak camping ground
bukit sabak
bukit sabak malam hari
bukit sabak offroad
bukit sabak sukabumi
bukit sabak gersang
bintang di bukit sabak
kemah bukit sabak
kemah di bukit sabak
puncak bukit sabak
puncak bukit sabak sukabumi

Tips Mendaki Bukit Sabak

Bukit Sabak menjadi tempat wisata alternatif di Sukabumi bagi mereka yang ingin merasakan sensasi mendaki namun hanya memiliki sedikit waktu liburan sehingga tidak bisa pergi ke tempat yang lebih jauh. Oleh karena itu rata-rata para pendaki bukanlah para pendaki professional melainkan para wisatawan dari masyarakat umum. Maka sedikit tips ini mungkin bisa bermanfaat untuk Anda agar bisa sampai di puncak dengan aman.

  1. Gunakan pakaian berlengan panjang atau jaket untuk melindungi Anda dari sengatan matahari. Jangan gunakan pakaian kaos yang pendek, selain membuat kulit Anda gosong juga bisa menyebabkan serangga dapat menyengat kulit Anda. Selalu sediakan lotion anti serangga di dalam tas Anda.
  2. Jangan memakai sandal jepit. Gunakanlah sepatu yang nyaman dan kuat di pakai melewati medan mendaki. Anda juga sebaiknya memakai celana panjang dengan bahan yang tidak kaku.
  3. Bawa bekal air minum, dan makan siang. Jika Anda berniat untuk berkemah sebaiknya siapkan perbekalan makanan yang cukup sesuai lama Anda berkemah.
  4. Bawalah perlengkapan survival standar untuk mendaki. Jangan pernah pergi ke atas tanpa itu.
  5. Don’t leave anything but footprints. Jangan membuang sampah sembarangan, jagalah kelestarian alam dimanapun Anda berpijak.

Nah itulah ulasan yang bisa kami berikan tentang Bukit Sabak Sukabumi yang bisa Anda jadikan alternatif wisata yang murah meriah dan seru. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda semua.

Bukit Sabak Destinasi Wisata Menantang Di Sukabumi
5 (100%) 5 votes
Tags: Bukit sabak, gunung sabak, foto orang dari belakang dengan pemandangan, bukit sabak sukabumi, bukit sabak sukabumi sukabumi jawa barat

Leave a Reply

Creampie