Pesona Curug Bibijilan, Keindahan Air Terjun Batu Kapur Sukabumi

Curug Bibijilan merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menjadi favorit masyarakat sekitar Jawa Barat dan Jakarta. Sensasi menjelajah ke Gua Buni Ayu yang seru dan menyenangkan di lanjutkan dengan mengunjungi curug yang airnya memancar keluar dari batu-batuan kapur besar akan memberikan Anda sebuah pengalaman yang amat berkesan.

Advertisements

curug bibijilan buni ayu, curug bibijilan bogor

Sukabumi memang terkenal memiliki banyak sekali objek wisata alam yang akhir-akhir ini menjadi buruan para pejalan. Libur akhir pekan selalu menjadi waktu paling ramai digunakan untuk mengunjungi tempat-tempat unik di daerah ini.

Nama bibijilan berasal dari bahasa Sunda yang artinya bermunculan, sesuai dengan penampakan air yang seolah terus memancar keluar dari dalam perut bumi. Air curug ini berasal dari dalam Gua Buniayu yang mengalir bertingkat-tingkat membentuk air terjun.

 

Pada kesempatan kali ini wisatalova.com akan berikan ulasan singkat untuk membantu Anda memperoleh informasi sebelum memutuskan untuk menjelajahi tempat ini.

Lokasi Curug Bibijilan

Curug Bibijilan terletak di Dusun Lebak Nangka, sebuah dusun di Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Curug ini masih termasuk ke dalam kawasan wisata Buni Ayu dan terletak tidak jauh dari lokasi gua, berjarak sekitar 3,3 km dari curug. Jika mengunjungi Gua Buni Ayu maka Curug Bibijilan adalah destinasi selanjutnya yang harus Anda jelajahi.

Lihat peta berikut untuk memudahkan Anda memahami lokasi tempat wisata di Sukabumi ini:

Google maps

Cara Menuju Ke Curug Bibijilan

Untuk bisa sampai di lokasi Anda bisa berangkat menggunakan kendaraan pribadi atau naik angkot menuju ke Nyalindug Jampang. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju ke Buni Ayu. Anda bisa berhenti di Tugu Campus Rindu Alam kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 2 km menuju lokasi.

Atau bisa juga berangkat dari Sukabumi menuju ke Sagaranten. Kemudian masuk ke gapura yang bertuliskan Gua Buniayu Perhutani yang ada di sisi kiri jalan. Selanjutnya Anda masih harus berjalan kaki menyusuri kawasan hutan pinus sejauh 1,5 km hingga sampai di pos penjagaan gua, nah dari sana jaraknya sudah sangat dekat ke lokasi curug.

Anda harus hati-hati saat melewati jalan-jalan setapak yang ada di tengah hutan pinus. Terlebih pada saat sehabis hujan karena biasanya jalan akan menjadi sangat licin dan becek. Perhatikan langkah Anda agar tidak tergelincir. Dari pinggiran tebing curug sudah bisa terlihat, namun Anda harus hati-hati jika ingin berjalan ke tepi untuk melihat-lihat.

Advertisements

Hal Menarik Di Curug Bibijilan

Air terjun yang ada di curug ini terlihat bertinkat-tingkat mengalir keluar dari bebatuan kapur. Pada beberapa titik bahkan tidak terlihat seperti air terjun tapi seperti air yang mancur yang keluar dari celah-celah batu. Dari kejauhan terlihat percikan air ini sangat putih sekali membentuk sebuah pemandangan yang indah. Tingkat-tingkat pada Curug Bibijilan juga bisa di daki.

curug bibijilan buni ayu, curug bibijilan bogor

Selain panjat tebing, para wisatawan juga bisa melakukan beberapa kegiatan yang seru seperti flying fox dan body rafting. Jika telah puas dengan semua itu, Anda bisa berenang di kolam alami yang banyak terdapat di bawah air terjun. Air di kolam-kolam ini sangat jernih namun terasa sangat dingin.

Beberapa Curug di Bogor ini juga tak boleh Anda lewatkan:

Curug Bibijilan terletak pada ketinggian 100 meter sehingga suhu udara yang ada di kawasan curug lumayan bikin menggigil. Apalagi jika Anda sudah berbasah-basahan.

curug bibijilan buni ayu, curug bibijilan bogor

Ada banyak pemandangan yang cukup bagus untuk Anda jadikan tempat berfoto, jangan sampai lupakan kamera Anda. Usahakan untuk membawa kamera yang tahan air.

Nah itulah sedikit informasi yang bisa kami berikan untuk Anda yang berminat untuk datang berkunjung ke Curug Bibijilan di Buni Ayu. Semoga bermanfaat.

Pesona Curug Bibijilan, Keindahan Air Terjun Batu Kapur Sukabumi
4.4 (88%) 5 votes
Tags: curug bibijilan, Taman Wisata Curug Bibijilan Sukabumi Kabupaten Lebak Banten Indonesia, pemandangan di bibijilan, air terjun bibijiran, air terjun buniayu sukabumi

Leave a Reply