Curug Ciampea Wisata Air Terjun Di Bogor Yang Instagramable Banget

Curug Ciampea adalah salah satu air terjun yang ada di Bogor yang namanya semakin populer. Tempat wisata ini mulai ramai di kunjungi setiap hari meski libur panjang akhir tahun telah usai. Para pengunjung berdatangan karena penasaran melihat foto-foto yang banyak beredar di timeline media sosial akhir-akhir ini.

Advertisements

curug ciampea bogor

Bogor memang terkenal memiliki banyak curug yang indah. Meskipun telah ada sejak lama namun trend wisata akhir-akhir ini cenderung mengarah pada tempat-tempat wisata alam yang sudah mulai langka. Karena itulah pada kali ini wisatalova.com akan membahas Air Terjun Ciampea yang menjadi salah satu destinasi wisata alam populer di Bogor. Pada tulisan sebelumnya kami juga sudah membahas beberapa curug di Bogor yang tak kalah menariknya seperti Curug Nangka dan Curug Cilember.

Lokasi curug-curug yang ada di Bogor ini juga sebenarnya saling berdekatan, hanya saja medan yang memisahkan memang agak sulit untuk di tempuh karena Anda harus melewati sungai dan hutan. Beberapa curug yang lokasinya dekat dengan Curug Ciampea ini seperti Curug Luhur, Curug Cipeuteuy, dan Curug Sawer.

Lokasi Curug Ciampea

Curug Ciampea terletak di daerah Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Daerah ini merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Ciampea yang dilakukan pada tahun 2004 lalu. Lokasinya lumayan jauh dari desa, butuh perjuangan dengan berjalan kaki melewati beberapa medan yang cukup menantang untuk bisa sampai di lokasi curug.

Cara Menuju Ke Curug Ciampea

Untuk bisa sampai di lokasi, berikut ini petunjuk yang bisa Anda ikuti.

Jika Anda dari kota Anda langsung berkendara menuju ke Tenjolaya. Bisa juga yang menuju ke Curug Luhur. Setela melewati Curug Luhur teruskan perjalanan Anda hingga bertemu dengan persimpangan empat. Ambil jalan yang ke kiri menuju ke Curug Ciputri, lihat saja petunjuk jalan yang ada tulisan Curug Ciputrinya. Terus saja berkendara lurus mengikuti jalan memasuki daerah perkampungan. Jalan masuk ke daerah perkampungan tersebut lumayan rusak, jadi lebih baik Anda kurangi kecepatan dan tetap berhati-hati.

Perhatikan di sebelah kiri jalan, setelah Anda bertemu dengan lapangan, di seberang lapangan tersebut ada jalan, masuk kejalan itu. Terus saja ikuti jalan yang berkelok-kelok dan naik turun itu. Walaupun jalannya kurang bagus, namun masih bisa di lalui motor dengan mudah. Namun jika Anda menggunakan mobil mungkin sedikit sulit. Jadi sebaiknya jika Anda pergi ke Curug Ciampea ini menggunakan motor saja.

Jika Anda tidak nyasar, maka di ujung jalan Anda akan bertemu lahan persawahan, dari sana sudah tidak bisa berjalan dengan motor lagi. Anda bisa menitipkan motor Anda di rumah-rumah warga yang ada di sekitar. Dari daerah persawahan tersebut Anda harus berjalan kaki melewati jalur yang sudah ada hingga sampai di lokasi Curug Ciampea.

Keindahan Pemandangan Di Curug Ciampea

curug ciampea bogor, air terjun ciampea bogor

Advertisements

Sepanjang perjalanan treking menuju ke lokasi curug sebenarnya Anda sudah disuguhkan pemandangan yang cukup menyejukkan mata. Anda akan melewati sungai yang memiliki batu-batuan besar. Di sekeliling Anda ada hutan yang hijau dan rimbun. Di perjalanan Anda akan bertemu dengan beberapa curug kecil yang cukup bagus untuk di jadikan spot berfoto. Salah satunya yang populer dengan sebutan Green Lagoon.

curug ciampea bogor, green lagoon ciampea bogor

Curug Ciampea ini biasa di sebut juga dengan nama Curug Cipatat oleh warga setempat. Untuk bisa masuk ke lokasi Anda tidak perlu membayar tiket masuk, karena curug ini belum ada yang mengelola.

curug ciampea bogor, air terjun ciampea bogor

Pemandangan yang ada di sekitar curug masih sangat alami, hutan yang masih sangat rimbun mengelilingi curug. Air yang mengalir dari curug pun terlihat sangat bersih dan dingin pastinya. Di bawah curug terdapat kolam yang cukup besar dan dangkal, cocok sekali untuk berenang dan berendam.

curug ciampea bogor, kolam curug ciampea bogor

Karena di Curug Ciampea ini belum ada yang mengelola, maka tidak ada fasilitas apapun di sini. Anda harus membawa persiapan sendiri seperti makanan dan minuman. Untuk berganti baju dan berbilas Anda bisa menumpang di masjid atau rumah warga sekitar. Atau cukup berganti pakaian kering di balik batu besar juga tidak jadi masalah, selama hati senang.

Oke sampai di sini dulu, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Selamat berpetualang !

Curug Ciampea Wisata Air Terjun Di Bogor Yang Instagramable Banget
4.2 (83.33%) 6 votes
Tags: curug ciampea, tempat wisata di ciampea, wisata ciampea, air terjeun di daerah ciampea, wisata alam ciampea

4 Comments

  1. Zulfa January 24, 2017
  2. Akira February 24, 2017
    • Wisatalova February 25, 2017
  3. Deni Pratama April 23, 2017

Leave a Reply