Pesona Curug Cijalu Subang Jawa Barat

Curug Cijalu merupakan sebuah air terjun cantik yang berada di daerah Subang, Jawa Barat. Curug cantik ini memiliki tumpahan air yang mengalir sangat deras membelah bukit di salah satu puncak Gunung Sunda.  Sama seperti mengunjungi curug-curug lain yang sudah sering kita bahas pada postingan sebelumnya, berkunjung ke wisata air terjun membuat kita dapat menikmati keindahan alam yang sejuk dan menentramkan jiwa.

Advertisements

curug cijalu subang, curug cijalu subang terbaru 2017

Begitu pula dengan Curug Cijalu yang berada dalam kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang, atau yang lebih terkenal dengan nama Cagar Alam Gunung Sunda ini. Suasana alamnya yang masih sejuk hijau dan alami sangat cocok untuk di jadikan tempat refreshing di akhir pekan. Berikut ini beberapa Curug di Jawa Barat yang sudah pernah kami bahas:

Ada sebuah cerita yang kami dengar jika curug ini sebelumnya bernama  Curug Cikondang, namun kemudian di ubah oleh seorang pendekar yang datang ke wilayah ini. Ia mengubah nama Cikondang menjadi Cijalu. Versi lain menyebutkan jika pendekar yang datang tersebut memiliki taji (tanduk di kaki) yang dalam bahasa sunda di sebut jalu, maka di berilah nama air terjun ini menjadi Cijalu.

Namun ada juga warga yang mengatakan jika Curug Cikondang dan Curug Cijalu adalah dua curug yang berbeda. Dan yang biasanya di kunjungi oleh para wisatawan itu adalah Curug Cikondang, sedangkan Curug Cijalu letaknya tersembunyi di balik bukit sehingga sedikit lebih sulit untuk di jangkau karena medan yang harus di lalui cukup berat. Jika Anda punya jiwa petualang yang tinggi, mungkin kedua curug ini bisa Anda kunjungi sekaligus karena masih berada dalam wilayah yang sama.

Lokasi Curug Cijalu

Lokasinya berada di Desa Cipancar, Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 37 km dari Kota Subang dan sekitar 50 km dari Kota Bandung.

Curug ini berada di dalam kawasan Cagar Alam Gunung Sunda yang luasnya mencapai 2 hektar. Masih di kawasan ini juga sebenarnya terdapat satu lagi curug yang lebih tinggi yaitu Curug Cilemper (sekitar 900 meter) dan sebuah curug kecil bernama Curug Perempuan. Dari Cijalu ke Cilemper berjarak kurang lebih 1,5 km.

Advertisements

Cara Menuju Curug Cijalu

Jalan menuju ke daerah ini sudah cukup bagus, sebagian besar sudah di aspal. Namun masih ada beberapa yang masih berupa jalan batu. Anda bisa berangkat menuju lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi baik mobil atau sepeda motor juga bisa dengan menggunakan kendaraan umum (angkot).

Anda bisa berangkat menuju Desa Cipancar via jalan raya Subang-Purwakarta. Patokannya adalah Pasar Wanayasa. Setelah sekitar 5 km melewati tersebut Anda akan menemukan persimpangan jalan yang berada di pangkalan ojek Kampong Legok Barong di Desa Pusakamulya. Ambil belokan ke arah kanan untuk menuju ke Desa Cipancar.

Dari jalan masuk menuju ke lokasi curug jaraknya sekitar 4 km. Jalannya pun cukup bagus dan sudah di aspal. Anda bisa melihat papan petunjuk yang ada di sisi jalan untuk sampai di lokasi tanpa tersasar.

Jika menggunakan kendaraan umum Anda bisa berangkat dari Kota Purwakarta dengan menggunakan Angot. Naiklah Angkot yang bernomor 01 menuju Pasar Rebo. Setelah sampai di pasar, lanjutkan lagi perjalanan dengan menggunakan elf jurusan Wanayasa. Anda turun di Pasar Wanayasa, kemudian sambung lagi perjalanan dengan menyewa ojek menuju ke lokasi.

curug cijalu subang, curug cijalu subang terbaru 2017

Setelah sampai di pintu gerbang pertama, Anda harus meneruskan perjalanan menuju ke gerbang yang kedua. Jaraknya sekitar 3 km, setelah sampai di gerbang kedua Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 300 meter hingga sampai di lokasi Curug Cijalu.

Foto-foto di Curug Cijalu

Curug ini memiliki ketinggian yang yang cukup tinggi sekitar 70 meter. Cukup membuat kepala mendongak untuk bisa melihat puncaknya. Airnya mengalir deras membelah bukit. Pemandangan di sekitar curug cukup menyejukkan mata begitu juga dengan udaranya yang lumayan dingin karena lokasinya yang berada pada ketinggian 1300 mdpl.

Sekitar 100 meter dari Curug Cijalu, terdapat sebuah curug yang ukurannya lebih kecil bernama Curug Perempuan. Kami tidak berhasil mendapatkan sumber mengapa bisa di namakan demikian. Mungkin saja karena curug ini cantik, jadi di namakan perempuan. Atau sebagai pasangan Cijalu yang juga bisa di artikan sebagai jantan (jalu = tanduk pada kaki ayam jantan). Berikut penampakannya:

Pesona Curug Cijalu Subang Jawa Barat
4.5 (90%) 4 votes
Tags: curug cijalu, Curug Cijalu Kabupaten Subang Jawa Barat, Curug Cijalu Kabupaten Subang Jawa Barat 41282, Gerbang Pertama Curug Cijalu Subang Regency West Java 41282, Curug Cijalu Kabupaten Subang Jawa Barat Indonesia

Leave a Reply

Creampie