Curug Jenggala Yang Lagi Hits Di Banyumas

Curug Jenggala baru-baru ini menjadi trending di instagram. Banyak para instagramers yang mengunggah foto-foto selfie mereka di tempat wisata alam yang berada di Baturaden ini. Jika Anda mengikuti trend yang ada di Instagram, Anda akan melihat banyak sekali foto-foto menarik yang di unggah para pengunjung dan tentunya akan menggoda Anda untuk berkunjung ke curug ini.

Advertisements

Selfie Deck Curug Jenggala

Salah satu yang menjadikan Curug Jenggala menjadi hits baru-baru ini adalah di buatnya sebuah tempat untuk berfoto berupa papan yang berbentuk hati (love) oleh pihak pengelola.

Tempat ini memang terlihat cukup menarik jika Anda melihat foto-foto berikut ini:

curug-jenggala-kalipagu-banyumas
curug-jenggala
curug-jenggala-hits-banyumas
curug-jenggala-banyumas
curug-jenggala-kalipagu
curug-jenggala-banyumas-hits

Di daerah dekat Dusun Kalipagu Banyumas ini memang terkenal memiliki beberapa curug yang menjadi objek wisata andalan. Ada Curug Penganten, Curug Bayan, Curug Gede, dan Curug Jenggala. Nah saat ini, yang sedang menjadi trend dan paling ramai di kunjungi adalah Curug Jenggala.

Sebenarnya Curug Jenggala ini sudah sejak lama menjadi tempat wisata alam di Baturaden, dulu namanya adalah Curug Tempuhan. Karena dulu akses jalan yang masih sulit sehingga membuat Curug Tempuan ini menjadi kurang terkenal. Namun dengan dibukanya jalan untuk umum dan adanya inovasi dari pengelola untuk membuat tempat ini menjadi menarik membuat curug ini menjadi trend seketika dan banyak menarik pengunjung yang datang dari berbagai daerah.

Bahkan pihak pengelola menyebutkan pada minggu pertama destinasi wisata ini dibuka, para pengunjung langsung datang menyerbu dan menghabiskan sebanyak 3000 tiket. Bukan hanya pada hari libur akhir pekan saja, bahkan pada hari-hari kerja pun Curug Jenggala masih ramai di kunjungi.

Coba saja lihat beberapa foto-foto berikut ini, Anda tentu akan tergoda untuk segera datang berkunjung kesini

Lokasi Curug Jenggala

Curug Jenggala berlokasi di Dusun Kalipagu di Desa Ketengger Kecamatan Baturaden. Ketengger sendiri merupakan sebuah kawasan desa wisata yang memiliki cukup banyak destinasi wisata. Desa ini berada di kaki Gunung Slamet yang wilayahnya di dominasi oleh perbukitan, sungai-sungai dengan bebatuan besar dan air terjun. Oleh karena itu Curug Jenggala ini menjadi sebuah spot strategis yang menawarkan perpaduan keindahan alam yang sangat memukau.

Koordinat Curug Jenggala: -7.309472, 109.209083

Anda bisa melihat lokasi Curug Jenggala pada maps berikut:

Alamat: Dusun Kalipagu, Desa Ketengger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas.

Cara Menuju Curug Jenggala

curug jenggala, foto terbaru curug jenggala, curug jenggala lokasi, curug jenggala hits, curug jenggala selfie, curug jenggala banyumas

Advertisements

Untuk bisa sampai di lokasi Anda harus menempuh perjalanan selama setengah jam dari Kota Purwokerto.

Anda bisa berkendara dari Kota Purwokerto menuju ke arah Baturaden. Teruslah berkendara hingga bertemu dengan Gerbang Mandala, lanjutkan perjalanan hingga bertemu dengan pertigaan ketengger. Ambil jalan yang mengarah ke Curug Bayan.

Setelah melewati jalan dekat Curug Bayan, teruskan perjalanan Anda,  terus saja ikuti jalan setapak yang agak menanjak ke arah Dusun Kalipagu hingga Anda bertemu dengan pintu masuk (portal retribusi) ke Curug Jenggala. Ada papan petunjuk yang bisa Anda jadikan patokan.

Setelah memarkir kendaraan Anda, perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Jaraknya cukup jauh, mungkin sekitar setengah jam berjalan kaki baru Anda bisa sampai di lokasi curug. Anda akan berjalan kaki di sepanjang jalur pipa PLTA dan daerah persawahan.

Setelah melewati kolam tando PLTA dan jembatan, anda harus berbelok ke arah kiri, sejauh 200 meter perjalanan Anda akan bertemu dengan Curug Penganten.

Teruskan perjalanan sedikit lagi hingga sampai di lokasi Curug Jenggala. Jalan yang dilewati cukup melelahkan, karena jalan masih belum diaspal dan terkadang jika cuaca sedang hujan tanah liat menjadi sangat becek dan lengket. Trek jalan juga sedikit menanjak, jadi Anda harus menyiapkan stamina yang bagus sebelum memutuskan untuk berkunjung ke sini.

Harga Tiket Masuk Curug Jenggala

HTM Curug jenggala cukup murah, Anda hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa menikmati semua sudut keindahan di Curug Jenggala.

Untuk masalah parkiran kendaraan untuk saat ini Anda bisa menitipkan kendaraan di halaman rumah warga. Biasanya Anda akan dimintai uang parkir Rp. 2000.

Fasilitas Di Curug Jenggala

Tempat ini baru saja mengalami perbaikan dan berbagai renovasi. Jadi fasilitas yang tersediapun masih minim. Tapi di tempat ini sudah ada toilet dan tempat berganti pakaian yang bisa Anda pakai. Hanya saja untuk fasilitas lainnya mungkin masih dalam tahap pembangunan.

Tips Berkunjung Ke Curug Jenggala

curug jenggala, foto terbaru curug jenggala, curug jenggala lokasi, curug jenggala hits, curug jenggala selfie, curug jenggala banyumas

  • Jika Anda ingin berkunjung ke Curug Jenggala, berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bermanfaat untuk Anda
  • Sebaiknya berkunjung saat cuaca sedang cerah, jangan sekali-kali Anda pergi saat cuaca mendung atau hendak hujan. Karena akses jalan akan menjadi lebih sulit ketika hujan
  • Persiapkan bekal makanan dan minuman Anda sendiri. Di Curug Jenggala masih minim sekali tempat yang menjual makanan dan minuman, jadi sebaiknya Anda menyiapkannya terlebih dahulu sebelum berkunjung.
  • Gunakan sepatu yang nyaman karena Anda akan banyak berjalan kaki. Jangan gunakan sandal jepit karena hanya akan menyusahkan Anda sendiri nantinya.
  • Saat memarkir kendaraan, usahakan menggunakan pengaman ganda. Hal ini hanya untuk berjaga-jaga saja. Karena kendaraan Anda di parkir jauh dari lokasi Curug Jenggala.

Nah itulah ulasan singkat mengenai Curug Jenggala Yang Sedang Hits Di Banyumas. Jika Anda punya pertanyaan atau cerita yang ingin di bagikan jangan sungkan untuk mengisinya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat !

Curug Jenggala Yang Lagi Hits Di Banyumas
4.7 (94%) 10 votes
Tags: curug jenggala, curug bagus banget, Curug jenggala banyumas, curug jenggala baturaden, alamat daerah curug jenggala

Leave a Reply

Creampie