Ngadem Di Curug Keraton Cibodas Lembang

Advertisements

Curug Keraton Cibodas baru-baru muncul sebagai destinasi wisata alam di Bandung yang mulai populer. Meskipun curug atau air terjun ini sudah ada sejak lama namun baru-baru ini pihak pengelola di bantu dengan warga setempat telah melakukan beberapa inovasi untuk memaksimalkan potensi wisatanya yang menurut saya cukup besar.

curug keraton cibodas, curug bella rosa cibodas, curug ratu cibodas, curug keraton lembang

Lembang memang memiliki banyak sekali wisata alam dengan pemandangan yang memukau. Cocok untuk di jadikan tempat pelarian dari penatnya suasana kota yang penuh sesak dengan polusi. Apalagi Anda yang punya kesibukan kerja yang cukup membuat stress, berkunjung ke Lembang mungkin bisa menyegarkan kembali pikiran Anda. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Lembang:

Masyarakat lokal biasanya menyebut nama air terjun cantik ini dengan nama Curug Keraton atau Curug Ratu Suntenjaya Cibodas. Letaknya berada di tengah hutan, sebelum di buka sebagai tempat wisata mungkin belum banyak yang mengetahui jika di tengah lebatnya hutan di daerah Cibodas ini ternyata tersimpan sebuah curug alami yang bagus di jadikan spot selfie-selfie.

Setelah di resmikan sebagai tempat wisata oleh pemerintah namanya kini berubah menjadi Curug Bella Rosa Cibodas Maribaya. Hingga saat ini renovasi dan pengembangan masih terus berlangsung, mungkin dalam setahun ke depan berbagai fasilitas pelengkap sudah bisa Anda nikmati.

Lokasi Curug Keraton Cibodas

Lokasinya terletak diĀ  Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Bandung. Berdekatan dengan tempat wisata alam yang belum lama ini booming di kawasan Maribaya yaitu The Lodge Maribaya. Lihat maps berikut:

Beberapa Daya Tarik Yang Di Miliki Curug Keraton

Kawasan Maribaya memang terkenal memiliki alam yang indah. Ada potensi wisata yang sangat besar jika pihak pemerintah mau serius menggarap tempat ini. Terbukti antusias maysarakat cukup besar ketika air terjun ini mulai di buka untuk umum. Beberapa waktu belakangan ini Anda mungkin melihat banyak sekali foto-foto selfie disini lalu-lalang di timeline media sosial. Apalagi mereka yang memang pemburu tempat-tempat wisata terbaru, pasti tidak mau melewatkan untuk segera mengunjungi tempat ini.

Curug ini terbilang unik karena lokasinya yang berada di tengah hutan. Di awal Anda harus melakukan hiking melewati jalan setapak yang sudah di bangun oleh pengelola. Selama perjalanan ini Anda bisa menikmati pemandangan hijau dan udara yang sejuk. Anda tidak akan merasa letih meskipun harus berjalan kaki cukup jauh. Anda bisa mengambil beberapa foto selfie selama perjalanan karena pemandangannya cukup bagus.

Advertisements

hutan pinus curug keraton, curug keraton cibodas, curug bella rosa cibodas, curug ratu cibodas, curug keraton lembang

Curug Keraton Cibodas ini bukanlah curug dengan ketinggian berpuluh-puluh meter seperti Curug Lembah Pelangi yang ada di Bogor. Tingginya hanya sekitar 5 meter dengan bebatuan bertingkat. Aliran airnya juga tidak terlalu besar namun sangat jernih. Beberapa teman bahkan sangat tergoda untuk meminum airnya.

ayunan di curug keraton, curug keraton cibodas, curug bella rosa cibodas, curug ratu cibodas, curug keraton lembang

rumah pohon di curug keraton, curug keraton cibodas, curug bella rosa cibodas, curug ratu cibodas, curug keraton lembang

Saat ini pihak pengelola telah membangun beberapa fasilitas yang sudah bisa Anda nikmati seperti saung jamur, tempat pemancingan, ayunan dan jungkat-jungkit dari pohon, gardu pandang, dan camping ground yang masih dalam tahap pembangunan.

Cara Dan Rute Menuju Curug Bella Rosa Cibodas

Bagi Anda yang berasal dari luar kota berikut ini kami akan berikan panduan bagaimana cara menuju ke lokasi Curug Keraton Cibodas:

Cara yang paling mudah adalah dengan berangkat dari Pasar Panorama yang ada di Kota Lembang. Ikuti petunjuk jalan yang mengarah ke Maribaya, setelah Anda melewati kebun begonia dan air panas maribaya teruskan perjalanan Anda menuju Desa Cibodas.

Setelah melewati the lodge, terukan perjalanan hingga melewati 2 minimarket yang ada di sisi jalan. Tidak jauh setelah melewati minimarket kedua Anda akan bertemu perempatan jalan, ambil jalan ke arah kiri. Ikuti saja jalan tersebut menuju ke arah hutan pinus, jika tidak berhasil menemukan lokasi. Anda bisa bertanya kepada warga setempat dimana lokasi curug keraton.

Setelah sampai di area parkiran, Anda masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama kurang lebih setengah jam. Meskipun lumayan jauh namun tidak menjadi masalah. Di sepanjang perjalanan Anda akan di suguhkan pemandangan hutan pinus yang lebat dan udara yang sejuk. Beberapa jalan mendaki yang Anda lalui mungkin bisa menjadi momen yang tepat untuk membakar kalori, apalagi bagi Anda yang jarang berolahraga – wisatalova

Ngadem Di Curug Keraton Cibodas Lembang
4.3 (86%) 10 votes
Advertisements
Tags: curug cibodas lembang, cibodas lembang, curug keraton, cibodas bandung, wisata cibodas lembang

2 Comments

  1. Deni Holiday Villa Lembang January 22, 2017
    • Wisatalova January 22, 2017

Leave a Reply