Daftar Tempat Wisata di Banten yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Banten yang Wajib Dikunjungi – WisataLova.com, Banten merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang baru disahkan pada tahun 2000 dengan ibukota Serang. Saat kita mendengar kata Banten, tentu kita jarang yang berpikir tentang pariwisatanya melainkan hal lainnya seperti berbagai industri atau hal lain. Nah, bagi anda yang sedang berada di Banten dan ingin pergi berlibur, kami memiliki beberapa rekomendasi tempat wisata di Banten yang bisa anda kunjungi. Berikut adalah daftar tempat wisata di Banten yang membuat anda kagum terhadap Banten dan ingin mengeksplor Banten lebih jauh tentang tempat wisatanya.

Advertisements

Rekomendasi Tempat Wisata di Banten

Pantai Anyer

tempat wisata di banten pantai anyer

Pantai yang satu ini pasti sudah banyak yang kenal karena pantai ini merupakan pantai yang paling terkenal di Banten karena keindahannya. Pantai yang berlokasi di Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat indah. Selain itu, pemandangan sunset atau matahari terbenam di pantai ini adalah suasana yang paling dicari oleh wisatawan. Karena kepopulerannya inilah Pantai Anyer menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Banten. Di pantai ini, anda bisa melakukan berbagai kegiatan seperti bermain pasir, berenang, menyelam, dan juga menikmati aneka sajian kuliner yang berada di sekitar pantai. Fasilitas di Pantai Anyer juga sangat lengkap mulai dari penyewaan berbagai alat berenang / berselancar, kamar mandi dan kamar ganti yang memadai, kuliner yang sangat lengkap, hingga penginapan atau hotel yang jaraknya cukup dekat dengan pantai.

Pantai Sawarna

wisata pantai sawarna

Pantai Sawarna ini juga bisa menjadi destinasi wisata anda ketika anda sedang berada di Banten. Pantai yang terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak ini memang menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan eksotis. Pantainya masih sangat alami dan asri sehingga anda bisa menikmati indahnya pantai tanpa ada gangguan seperti sampah yang berserakan. Selain itu, Pantai Sawarna termasuk kedalam wisata pantai yang terintegrasi sehingga pantai ini selalu dikelola dengan baik oleh pihak pengelola. Karena pantai ini adalah pantai yang terintegrasi, maka banyak pengunjung yang mengunjungi pantai ini di akhir pekan.

Air Terjun Cigumawang

wisata air terjun cigumawang

Jika anda ingin ngadem dari panasnya kota Banten, mungkin air terjun ini sangat cocok untuk anda kunjungi. Air terjun Cigumawang berlokasi di Desa Kadu Bereum, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang. Air terjun dengan ketinggian 40 meter ini menawarkan keindahan alam yang tiada duanya. Udara sekitar air terjun serta kejernihan airnya akan membuat anda terpesona dengan tempat ini dan membuat anda betah berlama-lama berada di air terjun ini. Salah satu keindahan lainnya yang membuat wisatawan betah mengunjungi tempat ini adalah adanya pelangi yang terbentuk di dasar air terjun karena bias cahaya. Tebing yang terjal serta dipenuhi dengan beragam tumbuhan merambat membuat air terjun ini semakin alami dan eksotis.

Pulau Tunda

wisata banten pulau tunda

Buat anda yang ingin berwisata ke pulau ini, mungkin anda akan menemui pulau yang cukup sepi dengan fasilitas yang sangat minim. Namun ketika anda sampai ke pulau ini, anda akan disuguhi oleh pemandangan yang luar biasa terutama pemandangan saat sunset dan juga pemandangan pantai yang tiada duanya. Selain itu, anda bisa menemukan keindahan lainnya dengan snorkeling di sekitar pantai di Pulau Tunda. Anda akan menemukan beragam ikan yang berenang cantik di sekeliling anda. Dijamin dengan berwisata ke pulau ini anda akan menemukan pengalaman baru yang tak akan terlupakan.

Advertisements

Pulau Umang

wisata pulau umang di banten

Pulau yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi pasangan yang sedang berbulan madu atau belum lama menikah. Ini dikarenakan di Pulau ini anda akan menemukan banyak spot romantis yang bisa anda nikmati bersama dengan pasangan. Pulau yang berlokasi di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang ini memiliki banyak resort yang sangat lengkap. Pulau ini memiliki keindahan yang sulit diucapkan oleh kata-kata dan sangat sayang untuk anda lewatkan. Bagi pecinta pemandangan bawah laut, anda bisa melakukan snorkeling di Pulau Oar yang letaknya hanya 5 menit perjalanan menggunakan perahu dari Pulau Umang.

Pantai Karang Bolong

pantai karang bolong banten

Tampaknya pantai unik yang satu ini wajib anda datangi ketika sedang berwisata ke Banten. Pantai Karang Bolong yang berlokasi sekitar 40 kilometer dari Kota Serang ini memiliki pemandangan yang tak biasa dan tentunya sangat indah. Karena lokasinya cukup dekat dengan Pantai Anyer, pantai ini juga sering disinggahi oleh wisatawan Pantai Anyer. Dinamakan Pantai Karang Bolong karena pantai ini terdapat karang yang ditengahnya terdapat lubang cukup besar dan bisa dijadikan jalan menuju pantai. Namun di pantai ini wisatawan tidak diperbolehkan untuk berenang karena kondisi pantai yang terdapat banyak karang. Karang-karang ini bisa membahayakan wisatawan jika terbentur ke badan. Spot foto yang bisa anda temukan di pantai ini adalah di depan lubang karang yang sangat besar.

Gunung Krakatau

tempat wisata gunung krakatau

Pastinya anda sudah mengenal gunung yang satu ini karena gunung ini sangat terkenal karena letusannya yang berefek hingga ke seluruh dunia. Bagi anda pecinta gunung, tentu menaiki Gunung Krakatau akan menjadi wisata gunung yang menantang sekaligus menyenangkan. Selain karena gunungnya yang populer, pemandangan laut dari atas gunung tentu sangat jarang ditemui sehingga mendaki gunung Krakatau adalah kesempatan emas untuk mendapatkan pemandangan yang tiada duanya tersebut. Untuk anda yang pemula, anda tidak perlu khawatir karena di Banten sendiri banyak agen tur yang menawarkan wisata ke Gunung Krakatau sehingga keamanan anda akan lebih terjaga karena terdapat pemandu yang akan memandu perjalanan anda sampai puncak.

Pulau Dua / Pulau Burung

Pulau yang ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata bagi anda yang suka akan alam bebas sekaligus burung. Di Pulau ini, anda akan menemukan berbagai jenis burung yang beterbangan di sekitar pulau. Di Pulau Burung ini terdapat salah satu tempat yang pada bulan April sampai dengan Agustus selalu dikunjungi oleh berbagai burung. Anda bisa hunting foto berbagai jenis burung yang ada di pulau ini dengan menggunakan kamera yang berkualitas tinggi. Selain burungnya yang banyak, di Pulau Burung anda bisa melakukan berbagai kegiatan seperti bermain pasir di pantai atau berenang karena air lautnya yang sangat jernih. Di salah satu pantai Pulau Dua atau Burung ini terdapat batuan yang menjulang di tengah pantai. Ini adalah spot foto yang sangat sayang untuk anda lewatkan ketika berkunjung ke pulau ini. Anda bisa berfoto di pantai dengan latar belakang batuan tersebut. Atau apabila anda nekat, anda bisa berenang menuju batuan tersebut dan berfoto di sela-sela bebatuan.

Itulah beberapa daftar tempat wisata di Banten yang bisa anda kunjungi ketika sedang berwisata di Banten. Jika datang ke Banten, jangan lupa pula untuk mencicipi aneka kuliner khas Banten yang menggoda seperti rebeg, sate bandeng, dan juga nasi sumsum yang membuat lidah bergoyang.

Daftar Tempat Wisata di Banten yang Wajib Dikunjungi
5 (100%) 1 vote
Tags: sejarah kampung cibarengkok, tempat wisata air terjun di banten, tempat wisata banten untuk pasangan

Leave a Reply