10 Fakta Menarik Batu Raksasa Bukit Kelam, Batu Terbesar Di Dunia Milik Indonesia

Batu Raksasa Bukit Kelam! Dari judulnya saja mungkin Anda sudah bisa menebak tempat seperti apa sebenarnya lokasi kita yang satu ini. Bukit Kelam merupakan salah satu ikon wisata di  Kota Sintang, Kalimantan Barat.

Advertisements

batu raksasa, bukit kelam, batu raksasa bukit kelam kalimantan barat

Namun tahukah Anda apa yang menyebabkan tempat ini di namakan Bukit Kelam? Konon katanya ada banyak sekali kisah misterius yang melekat pada tempat ini.

Ada sebuah cerita rakyat yang menyebutkan jika Batu Raksasa yang ada di bukit ini dulunya di angkat oleh seorang pemuda dari suku dayak bernama Bujang Besji untuk membendung Sungai Kapuas dan Sungai Melawi.

Anda pasti bisa membayangkan sekuat apa si Bujang Besji ini yang mampu mengangkat Batu Raksasa seperti foto berikut ini.

Ada juga cerita yang menyebutkan jika Batu Raksasa di Bukit Kelam ini adalah sebuah meteor jatuh ke bumi jutaan tahun yang lalu. Namun hingga sekarang hal itu belum bisa di buktikan secara ilmiah meskipun telah di lakukan berbagai penelitian oleh para ilmuwan dari dalam dan luar Indonesia.

Dan masih banyak lagi fakta menarik lainnya dari Batu Raksasa di Sintang Kalimantan ini.

Saat ini Bukit Kelam telah menjadi destinasi wisata yang sangat menarik, di luar dari berbagai kisah misteri dan pertanyaan darimana asal-usul batu raksasa yang sangat fenomenal ini. Bukit Kelam menawarkan pemandangan alam yang tak ada duanya.

Berkunjung ke sini bukan hanya akan menghibur mata Ada, tapi membuat Anda lupa dengan semua permasalahan hidup. Pokoknya bakal bikin speechless abis !

Pada kesempatan wisatalova.com akan coba kupas habis tentang 10 Fakta Menarik Batu Raksasa Bukit Kelam yang bikin banyak orang penasaran ini.

1. Batu Terbesar Di Dunia

batu raksasa, bukit kelam, batu raksasa bukit kelam kalimantan barat

Landscape Batu Raksasa Bukit Kelam, Sintang Kalbar

Kita patut berbangga dengan landmark yang terbentuk secara alami di Sintang ini, pasalnya hingga saat ini belum di temukan batuan monolit yang lebih besar dari Bukit Kelam. Puncaknya memiliki ketinggian sekitar 1002 mdpl atau sekitar 900 meter jika kita tepat berdiri di kakinya. Coba Anda bayangkan sendiri sebuah batu yang tingginya hampir 1 km, dan itu Cuma ada di Indonesia !

2. Bukit Kelam Mengalahkan Ayers Rock di Australia

batu raksasa, bukit kelam, batu raksasa bukit kelam kalimantan barat

Ayers Rock, Australia

UNESCO telah menetapkan Ayery Rock atau Ayers Rock yang ada di Australia sebagai salah satu situs warisan dunia. Ayery Rock juga merupakan sebuah batuan monolit yang di klaim memiliki kemiripan dengan Batu Raksasa di Sintang. Namun tahukah Anda jika ternyata Ayery Rock masih kalah besarnya jika di bandingkan dengan Bukit Kelam?
Ayery Rock hanya memiliki ketinggian 863 mdpl, masih kalah jauh. Jauh banget malah !

Tapi dari popularitas jelas Batu Raksasa di Australia tersebut pemenangnya. Di level dunia Ayery Rock hingga saat ini masih yang paling terkenal sebagai monolit terbesar yang sangat populer sebagai destinasi wisata traveler dunia.

3. Cuma Bongkahan Batu

batu raksasa, bukit kelam, batu raksasa bukit kelam kalimantan barat

Pemandangan Batu Raksasa, Sintang Kalimantan Barat

Menurut Wikipedia Bukit Kelam ini adalah sebuah gunung, tapi tahukah Anda jika Batu Raksasa ini hanyalah sebuah bongkahan batu? Tidak percaya? Temukan jawabannya di fakta menarik yang ke 7 !

4. Meteor Jatuh

batu raksasa, bukit kelam, batu raksasa bukit kelam kalimantan barat

Kawah Barringer, Arizona

Ada juga teori yang menyebutkan jika Bukit Kelam adalah meteor yang jatuh di Sintang. Namun hingga hari ini masih di teliti kebenarannya. Bahakan banyak ilmuwan dari luar negeri yang tertarik untuk membuktikan kebenaran teori ini.

Tapi jika benar meteor sebesar ini pernah jatuh di sintang, bukankah seharusnya terbentuk kawah raksasa seperti di kawah Barringer di Arizona??? Barringer adalah kawah yang terbentuk akibat meteor yang menghantam bumi 40.000 tahun yang lalu. Di perkirakan ukuran meteornya adalah sekitar 40 m. Nah loh, coba bayangkan jika meteornya sebesar Bukit Kelam ? Jadi apa pulau Kalimantan??? hmm.

Advertisements

5. Butuh Waktu 4 Jam Untuk Sampai Ke Puncak

batu raksasa, bukit kelam, batu raksasa bukit kelam kalimantan barat

Pemandangan dari puncak Bukit Kelam saat mendaki..

Untuk mendaki bukit hingga ke puncak memakan waktu sekitar 4 jam. Itupun Anda harus berjuang ekstra keras mendaki medan yang kemiringannya mencapai 45 derajat. Bahkan di beberapa titik terdapat medan dengan kemiringan ekstrim yang tegak lurus mencapai 90 derajat.

Tapi jika Anda ingin mendaki dengan menggunakan jalur tangga hanya membutuhkan waktu sekitar 2-2,5 jam saja. Cara ini jauh lebih aman jika Anda bukanlah seorang pendaki berpengalaman.

6. Menyimpan Kantong Semar dan Anggrek Hitam Paling Langka

batu raksasa, bukit kelam, batu raksasa bukit kelam kalimantan barat, kantong semar paling langka

Kantong semar paling langka (Nepenthes clipeata)

Fakta unik dan menarik Bukit Kelam yang harus Anda ketahui selanjutnya yaitu kekayaan alam yang tersimpan di dalamnya. Selain memilik daya tarik sebagai tempat pendakian yang menantang dan pemandangannya yang exceptional banget, ternyata bukit ini juga menyimpan 2 tanaman paling langka !

Anggrek hitam (Coelogyne pandurata) dan Kantong semar (Nepenthes clipeata) yang jumlahnya hanya tinggal sedikit sekali bahkan di klaim sebagai dua tanaman yang hampir punah ada di sini.

7. Batu Raksasa Untuk Membendung Sungai Kapuas

batu raksasa, bukit kelam, batu raksasa bukit kelam kalimantan barat

Sungai Kapuas

Ini adalah legenda menarik mengenai asal usul Bukit Kelam yang cukup populer di Sintang. Konon dahulu kala ada seorang pemuda sakti bernama Bujang Besji yang berselisih dengan Temenggung Marubai karena berkompetisi terhadap wilayah perairan di Sungai Kapuas.

Tangkapan ikan Temenggung Marubai selalu lebih banyak dari Bujang Besji, karena itulah ia merasa iri dan berniat untuk membendung Sungai Kapuas. Yang membuat saya salut, ia ingin membendungnya seorang diri. Double wow!
Berangkatlah si Bujang Besji dengan membawa sebongkah batu super besar dengan cara memikulnya, namun di perjalanan niatnya di ketahui oleh para bidadari. Kemudian para bidadari tersebut menertawai Bujang Besji karena ulahnya di anggap konyol dan kekanak-kanakan. Ada juga versi lain yang menyebutkan jika Bujang Besji terlena karena melihat kecantikan paras sang bidadari.

Bujang Besji pun marah, akibatnya tanpa sengaja tali pengikat batu yang di bawanya terputus. Batu yang di pikulnya tadi terjatuh di sebuah lembah bernama Jetak. Saat ia berusaha mengangkatnya ternyata batu tersebut sudah lengket dan menyatu dengan tanah hingga sekarang.

8. Pendaki Pertama Bukit Kelam

batu raksasa, bukit kelam, batu raksasa bukit kelam kalimantan barat, pemandangan puncak bukit kelam batu raksas

Meskipun menurut legenda asal usul bukit ini adalah dari sebongkah batu besar yang di bawa oleh Bujang Besji, namun ternyata ia tak pernah mendaki batu yang di bawanya tersebut. Sehingga orang pertama yang mendaki Bukit Kelam adalah 2 orang ilmuwan yang berasal dari Eropa yaitu Dr. Grutler dan Gttfried Hallier pada abad ke 19 silam.

9. Habitat Bagi Flora Dan Fauna Endemik

trenggiling bukit kelam, batu raksasa bukit kelam kalimantan barat

Endemik adalah istilah yang di gunakan dalam ilmu biologi bagi spesies tanaman atau hewan yang hanya bisa hidup atau mendiami satu habitat tertentu saja. Nah ternyata di Bukit Kelam ini juga ada beberapa spesies endemik yang sangat langka ! Salah satunya adalah kantong semar dari jenis Nepenthes clipeata.

Di sini juga hidup beberapa satwa langka lainnya seperti armadillo, beruang madu, dan beberapa jenis burung langka.

10. Bernasib Sama “Kelam” Dengan Namanya

batu raksasa, bukit kelam, batu raksasa bukit kelam kalimantan barat

Pemandangan jalan menuju ke Bukit Kelam

Ini adalah fakta paling miris yang di alami Batu Raksasa Bukit Kelam, sesuai dengan namanya yang “kelam”. Dengan segala keunikan dan fakta-fakta menarik yang tersimpan di dalamnya, tempat wisata di Sintang Kalimantan Barat ini masih belum mendapat perhatian khusus dari pemerintah untuk lebih di kembangkan lagi.

Terutama dari segi promosi dalam skala internasional, padahal Bukit Kelam punya potensi yang bisa mengalahkan Ayery Rock yang ada di Australia.

10 Fakta Menarik Batu Raksasa Bukit Kelam, Batu Terbesar Di Dunia Milik Indonesia
4.3 (85%) 8 votes
Tags: batu terbesar di dunia, batu terbesar, batu terbesar di bumi, bukit kelam, batu terbesar didunia

Leave a Reply

Creampie