Top 7 Fenomena Langit Tahun 2017 Yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

Fenomena langit tahun 2017 hingga kini masih terus di telusuri dengan berbagai penelitian apakah akan menjadi lebih menarik dari tahun sebelumnya atau tidak. Jika pada tahun lalu kita yang berada di Indonesia mendapatkan kesempatan untuk bisa menikmati pemandangan gerhana matahari total, namun nampaknya pada 2017 ini kesempatan itu tidak datang lagi. Tapi jangan kecewa dulu, pada tahun ini akan terjadi berbagai peristiwa langit lainnya yang cukup menarik mulai dari meteor shower, gerhana annulus, bahkan Anda dapat melihat komet melintas pada tahun 2017 ini. Hanya saja untuk bisa menikmati semua pemandangan itu Anda harus benar-benar memburunya ke berbagai Negara.

Advertisements

fenomena langit 2017

Dari semua peristiwa langit yang akan terjadi di sepanjang tahun 2017 ada sekitar 7 fenomena langit yang paling spektakuler yang tidak boleh Anda lewatkan. Apa saja fenomena langit tersebut? Dan fenomena mana saja yang bisa disaksikan di langit Indonesia? Berikut ulasannya.

Komet 45P – Honda Markos pajdusakova (HMP) Meluncur Kembali Ke Tata Surya

fenomena langit 2017, komet hmp

Para pengamat memprediksikan komet HMP akan kembali meluncur ke tata surya. Perjalanan komet ini akan mencapai puncaknya pada tanggal 11 Februari mendatang. Langit fajar akan terlihat semakin terang di beberapa Negara, namun sepertinya kita yang berada di Indonesia akan sulit untuk bisa menikmati indahnya fenomena langit yang satu ini.

Gerhana Annulus

fenomena langit 2017, gerhana matahari cincin 2017

Mungkin kita masih mengingat euforia menyaksikan gerhana matahari total tahun lalu yang terjadi pada bulan Maret 2016. Nah pada tahun 2017 ini gerhana matahari akan kembali terjadi. Pada tahun ini bulan akan berada pada posisi terjauh dari matahari dan pada tanggal 26 Februari mendatang posisinya akan tepat berada pada satu garis lurus. Terjadilah gerhana matahari cincin !

Tapi sayangnya gerhana matahari cincin di tahun 2017 ini tidak akan bisa kita saksikan di Indonesia. Gerhana matahari cincin pada tahun ini hanya bisa di saksikan di beberapa Negara di antaranya Kongo, Argentina, Cile, Namibia, dan Angola. Jika punya budget lebih silahkan Anda meluncur ke sana.

Segitiga Merkurius-Mars-Bulan

segitiga merkurius mars bulan, fenomena langit 2017

Pada tahun 2017 ini salah satu fenomena paling menarik di langit yang bisa Anda saksikan adalah formasi segitiga yang akan di bentuk oleh bulan, merkurius dan mars. Fenomena ini akan terjadi setelah matahari terbenam pada tanggal 29 Maret. Bulan sabit tipis dan planet merkurius-mars yang terlihat kemerahan akan terlihat sangat indah membentuk formasi segitiga.

Bulan Bertemu Dengan Jupiter

bulan bertemu jupiter, konjungsi jupiter bulan, fenomena langit 2017

Advertisements

Pada tanggal 10 April Jupiter dan Bulan akan terlihat sangat dekat. Pada saat ini Jupiter akan terlihat lebih cerah dari biasanya. Hal ini karena posisi Jupiter yang mencapai titik sejajar dengan matahari dan bumi. Jupiter akan terlihat bersinar sangat terang dan bisa di saksikan dengan mata Anda. Beruntunglah fenomena ini bisa di saksikan di langit Indonesia.

Gerhana Matahari Total

gerhana matahari total 2017

Kapan gerhana matahari total akan terjadi pada tahun 2017? Mungkin banyak yang bertanya-tanya.

Gerhana matahari total pada tahun 2017 akan jatuh pada tanggal 21 Agustus. Gerhana matahari total pada tahun ini akan melintasi daerah Amerika Serikat hingga ke Carolina Selatan. Pemandangan paling menakjubkan bisa di saksikan di daerah Amerika Utara. Fenomena langit 2017 berupa gerhana matahari total ini merupakan yang pertama mereka nikmati sejak 1979 silam.

Sayangnya di Indonesia tidak mendapat kesempatan untuk melihat fenomena langka yang hanya terjadi 1 kali dalam setahun ini. Tidak mengapa, keindahan gerhana matahari pada Maret tahun lalu juga mungkin masih belum bisa kita lupakan kok !

Venus Bertemu Dengan Jupiter

jupiter bertemu dengan venus, konjungsi jupiter venus, fenomena langit 2017

Selain oposisi Jupiter dengan bumi dan matahari, pada tanggal 13 November 2017 juga akan terjadi fenomena bertemunya Jupiter dan Venus. Pada titik ini Jupiter dan Venus akan terlihat sangat cerah di langit fajar.

Beruntung sekali fenomena super spektakuler ini bisa di nikmati pada saat menjelang fajar di langit sebelah timur Indonesia. Jangan sampai Anda lewatkan !

Hujan Meteor Gemini

hujan meteor 2017, fenomena langit 2017, hujan meteor gemini 2017

Di penghujung tahun 2017 fenomena langit akan di tutup dengan hujan meteor yang spektakuler di langit Indonesia. Fenomena ini terjadi pada tanggal 13-14 Desember yang akan terjadi mulai tengah malam hingga matahari terbit.

120 meteor/jam akan melintas di cakrawala langit Indonesia. Meteor-meteor ini meluncur dari Rasi Gemini yang berada pada langit bagian barat. Tepat pada masa ini juga pemandangan langit akan menjadi semakin indah karena bulan sabit akan terlihat sangat jelas. Jangan lewatkan, catat tanggalnya !

Itulah 7 fenomena langit yang akan terjadi di sepanjang tahun 2017. Menarik bukan? – wisatalova.com

Top 7 Fenomena Langit Tahun 2017 Yang Tidak Boleh Anda Lewatkan
5 (100%) 6 votes
Tags: fenomena langit 2017 di indonesia, fenomena langit di indonesia tahun 2017, fenomena langit 2017, fenomena langit tahun 2017, fenomena langit indonesia 2017

Leave a Reply

Creampie