Jelajah Gua Buni Ayu, Keindahan Tersembunyi Alam Sukabumi

Gua Buni Ayu sebelumnya sering di sebut dengan nama Gua Siluman, sedikit seram bagi orang yang mendengarnya. Padahal gua ini menyimpan sebuah keindahan yang tak bisa di lihat dari luar. Anda harus menjelajah masuk ke dalam gua untuk bisa menyaksikan bagaimana keindahan yang tersembunyi di dalam sana.

Advertisements

Karena keindahan yang di milikinya maka masyarakat sunda menamai gua ini dengan nama Buni Ayu, buni artinya tersembunyi dan ayu artinya kecantikan. Jadi nama gua ini berasal dari bahasa sunda yang artinya kecantikan yang tersembunyi.

Bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan seperti Jakarta, mengunjungi tempat-tempat wisata dengan rasa petualangan nampaknya sangat di perlukan. Selain untuk melepaskan stress dan penat juga bisa jadi ajang untuk melatih fisik dan mental menjadi lebih kuat. Salah satu yang mudah terjangkau adalah Caving ke Gua Buni Ayu ini. Anda harus mencobanya.

Caving ke gua ini akan memberikan banyak kejutan. Semakin jauh Anda masuk semakin banyak kejutan yang akan Anda temui. Selain memanjakan mata, juga membuat adrenalin Anda terpacu. Mengapa? Saya cuma bisa menjawab: jangan lupakan kalau gua ini dulu sering di sebut dengan nama Gua Siluman. Dari gua ini lah asalnya aliran Air Terjun Bibijilan yang sudah di ulas pada tulisan sebelumnya.

Oke pada kesempatan kali ini wisatalova.com akan coba berikan informasi dan panduan bagi Anda yang berminat untuk mengunjungi Gua Buni Ayu dalam waktu dekat ini.

Lokasi Gua Buni Ayu

gua buni ayu, stalagtit dan stalagmit gua buniayu, caving gua buni ayu, pemandangan dalam gua buni ayu

Gua ini berada di atas lahan seluas 10 hektar yang di kelola oleh Peruh Perhutani Unit III Jabar-Banten. Termasuk ke dalam wilayah Desa Kerta Angsana, Kec. Nyalindung, Kab. Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Setelah sekian lama di buka sebagai tempat wisata, saat ini Gua Buni Ayu telah menjadi alternatif wisata alam penuh petualangan menantang yang mulai banyak di minati.

Cara Menuju Gua Buni Ayu

Untuk bisa sampai di lokasi berikut ini panduan yang bisa Anda ikuti:

Jika Anda berangkat dari Jakarta, Anda harus menempuh perjalanan selama 5 jam menuju ke Sukabumi. Bisa menggunakan bus dari Lebak Bulus atau Kalideres. Selanjutnya setelah sampai di terminal Sukabumi Anda harus menyambung perjalanan dengan naik ojek menuju ke Ramayana, bisa juga dengan berjalan kaki karena tidak terlalu jauh dari terminal. Kemudian naik angkot menuju ke terminal Jubleg. Lama perjalanan menuju terminal ini memakan waktu kurang lebih sekitar 30 menit.

Selanjutnya dari terminal Jubleg naik lagi angkot yang jurusannya menuju ke Sagaranten, setelah perjalanan selama 1,5 jam Anda akan sampai di gerbang pintu masuk Wisata Gua Buni Ayu.

Anda juga bisa naik kereta Commuter dari Jakarta menuju stasiun Bogor, lalu berjalan kaki menuju ke Stasiun Bogor Paledang. Dari sana kemudian Anda sambung perjalanan dengan menaiki kereta yang menuju ke Sukabumi. Setelah perjalanan selama kurang lebih 2 jam Anda akan sampai di stasiun Sukabumi. Lalu Anda bisa menggunakan ojek atau angkot menuju ke terminal Jubleg. Dari terminal naik lagi angkot yang menuju ke Sagaranten kemudian berhenti di depan gapura pintu masuk.

Pemandangan Di Dalam Gua Buni Ayu

Gua ini memiliki panjang sekitar 3,3 km yang terdiri dari puluhan lorong yang saling terhubung. Beberapa yang berlorong pendek yang bisa Anda jelajahi diantaranya seperti Gua Bibijilan (717 m), Gua Nyangkut (390 m), Gua Tanpa Nama (400 m) dan Gua AdniĀ  (635 m).

Advertisements

Saat masuk kedalam gua, Anda akan di suguhkan pemandangan stalagtit dan stalagnit yang membentuk gugusan-gugusan yang terlihat sangat indah. Semakin jauh Anda menjelajah ke dalam Anda akan menemui gugusan flow stone, coloumn, gourdam, canopy dan grapery yang saling berpadu dengan beragam bentuk yang unik dan indah.

Kondisi gua masih sangat alami, semua yang ada di dalam gua masih terus tumbuh dan bertambah tinggi. Pada beberapap titik Anda akan menemui stalagtit dan stalagnit yang tumbuh tinggi menjulang.

Selain menikmati keindahan pemandangan yang ada di dalam gua, Anda juga akan merasakan sensasi petualangan yang cukup menegangkan. Apalagi jika ini adalah pengalaman pertama Anda caving.

Ketika mulai masuk jauh ke dalam gua, suasana akan berubah menjadi gelap. Anda akan melewati lorong-lorong berair yang gelap. Selain itu di beberapa tempat juga Anda akan bertemu dengan hewan-hewan penunggu gua seperti kelelawar, jangkrik, burung wallet dan laba-laba. Suara deruan aliran air yang deras menggema di dalam gua juga bisa membuat adrenalin meningkat. Silahkan Anda rasakan sendiri nanti !

Perlengkapan Yang Perlu Di Siapkan Untuk Caving

Sebelum Anda caving ada beberapa perlengkapan wajib yang harus Anda lengkapi, semua perlengkapan ini akan sangat di butuhkan sewaktu Anda masuk ke dalam gua. Perlengkapan tersebut diantaranya

  • Helm untuk melindungi kepala dari benturan stalagtit yang runcing.
  • Wearpack yang kedap air
  • Sepatu boot. Gunakan boot khusus yang bisa di pakai untuk menjelajah medan yang licin.
  • Senter kepala dan penerangan lain yang bisa tahan hingga 6 jam.
  • Perlengkapan standar caving seperti static & dynamic rope, karabiner, dan steel ladder.
Jelajah Gua Buni Ayu, Keindahan Tersembunyi Alam Sukabumi
4.5 (90%) 8 votes
Tags: gua buniayu, guha siluman buni ayu desa kerta angdana sukabumi, buni ayu, buni ayu sukabumi, ayu sukabumi

Leave a Reply

Creampie