Indahnya Pulau Jemur Di Selat Malaka

Pulau Jemur adalah salah satu dari sekian banyak pulau milik Indonesia yang berada pada wilayah terluar dan berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu Malaysia.

Advertisements

Pulau – pulau yang berada pada garis terluar ini biasanya memiliki keindahan yang masih sangat asri mengingat letaknya yang cukup jauh sehingga tak banyak orang yang berkesempatan untuk mengunjungi pulau ini. Seperti halnya Pulau Natuna yang terletak sangat jauh di Laut Cina Selatan

Pulau Jemur Merupakan salah satu pulau paling populer di antar 9 pulau kecil lainnya yang termasuk ke dalam gugusan Kepulauan Arwah. Pulau ini memiliki daya tarik yang cukup mempesona yang sudah cukup terkenal terutama bagi mereka yang hobi untuk melancong jauh ke tempat-tempat terpencil.

Letak Pulau Jemur

Pulau Jemur terletak di Selat Malaka, dan berbatasan langsung dengan Negara Malaysia. Secara administratifnya pulau ini termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Ilir, Provinsi Riau.

Ukuran pulau ini terbilang sangat kecil yaitu sekitar 3,5 km persegi, sehingga terlihat sangat kecil di peta. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar berikut ini:

Peta Pulau Jemur

Sejarah Pulau Jemur

Setiap destinasi pasti memiliki sejarah yang menarik. Begitu pula dengan Pulau Jemur. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Pulau Jemur memiliki kisah yang berhubungan dengan seorang pendekar sakti bernama Hang Tuah.

Ada juga yang menyebutkan jika nama Pulau Jemur berasal dari istilah Pak-Ku yang dalam bahasa Hokkian artinya penyu dari utara. Nama ini masih sering di pakai oleh masyarakat setempat terutama di kalangan para nelayan.

Pada masa itu ada seorang prajurit yang di utus untuk pergi mencari telur penyu untuk putri raja yang sedang mengidam, kemudian ia menemukan pulau ini yang kemudian dinamakan Pulau Pak-Ku (penyu dari utara).

Karena terpesona dengan keindahan pulau yang ditemukannya, ia sampai lupa dengan misi utamanya mencari telur penyu untuk sang putri raja dan akhirnya menetap di pulau.

Dalam legendanya disebutkan bawha pajurit itu bernama Panglima Layar yang memiliki kesaktian tinggi. Selama menetap di pulau tersebut ia sempat beberapa kali mendapat serangan dari Panglima Raja Siak yang berasal dari daerah Kubu di Bangko dan Tanah Putih, namun semua serangan itu gagal.

Dalam waktu yang cukup lama pulau ini dikuasai oleh Panglima Layar dan sangat sulit untuk di taklukan. Bahkan hingga saat ini masih terdapat kuburan bagi jenazah korban yang dikalahkannya di dalam perigi, yang bisa dengan mudah di temukan oleh orang yang berkunjung ke pulau ini.

Selain itu juga terdapat cetakan tapak kaki yang di percaya sebagai bekas jejak kai Panglima Layar pada saat melakukan lompatan dengan ilmunya yang sakti.

Seperti itulah sejarah dan legenda Pulau Jemur yang beredar di kalangan masyarakat setempat.

Kegiatan Wisata Di Pulau Jemur

Ada banyak kegiatan wisata yang bisa dilakukan di pulau ini. Keadaan alamnya yang masih asri membuat tempat in sangat cocok sekali untuk mencari ketenangan sembari menikmati indahnya pemandangan laut dan pantai.

pulau jemur jeram, letak pulau jemur, mancing di pulau jemur, peta pulau jemur, wisata pulau jemur, transportasi ke pulau jemur, sejarah pulau jemur, pulau jemur rokan hilir

Vegetasi yang ada di dalam pulau berupa hutan yang cukup hijau dan asri membuat pemandangan di Pulau Jemur ini semakin sejuk, para wisatawan akan sangat betah berlama-lama di pulau ini.

Dari tepi pantai Pulau Jemur kita dapat melihat pemandangan pulau-pulau kecil yang ada di sekitar. Tepian pantai yang memiliki pasir putih yang bersih juga sangat cocok untuk bermain-main air, berjemur, atau sekedar bersantai menikmati semilirnya tiupan angin dan ombak-ombak kecil.

Advertisements

Mirip dengan pemandangan yang ada di Pulau Rupat pada saat malam hari, di tempat ini juga memiliki keistimewaan pemandangan pada saat malam. Terutama saat kapal-kapal dagang melintas dengan kelap-kelip lampunya yang berwarna-warni.

Salah satu momen langka yang bisa jadi kegiatan paling menarik kamu di pulau ini adalah ketika kamu cukup beruntung untuk bisa bertemu dengan penyu hijau yang sedang bertelur. Tidak banyak orang yang cukup beruntung untuk bisa melihat penyu hijau yang sedang bertelur.

pulau jemur jeram, letak pulau jemur, mancing di pulau jemur, peta pulau jemur, wisata pulau jemur, transportasi ke pulau jemur, sejarah pulau jemur, pulau jemur rokan hilir

Penyu hijau biasanya berlabuh di tepi pantai pada periode tertentu untuk mengeluarkan telur-telurnya. Biasanya dalam sekali bertelur penyu hijau mampu mengeluarkan hingga 100-150 butir.

Jika kamu cukup beruntung, kamu bisa mengabadikan momen yang langka ini.

Bagi pecinta snorkeling, di sekitar perairan pulau juga terdapat beberapa spot yang sangat bagus untuk di selami. Kondisi terumbuu karang yang ada di sini masih sangat alami dan terjaga.

Mancing Di Pulau Jemur

Bagi pengunjung yang hobi memancing di Pulau Jemur juga terkenal dengan spot-spot yang sangat mantap untuk berburu strike. Ada banyak jenis ikan yang biasanya cukup ganas untuk memakan umpan mulai dari ikan kerapu, ikan pari, dan ikan siakap.

pulau jemur jeram, letak pulau jemur, mancing di pulau jemur, peta pulau jemur, wisata pulau jemur, transportasi ke pulau jemur, sejarah pulau jemur, pulau jemur rokan hilir

Ukuran ikan yang berhasil di tangkap oleh para pemancing di Pulau Jemur juga lumayan besar-besar, bahkan menurut salah seorang pemancing mengatakan bahwa dulu pernah ada pemancing yang berhasil memancing ikan pari seberat 7 kg, wow.

Transportasi Ke Pulau Jemur

Untuk bisa sampai ke Pulau Jemur kamu bisa melalui rute dari Pekanbaru menuju pelabuhan Bagansiapi-api menggunakan travel atau bus. Selanjutnya setelah tiba di pelabuhan kamu bisa menyambung perjalanan dengan menyewa speed boat menuju Pulau Jemur. Perjalanan bisa memakan waktu hingga 2 jam dengan jarak tempuh kurang lebih 75 Km.

Itulah tulisan kali ini tentang Pulau Jemur, jika kamu punya pengalaman mengunjungi pulau ini yuk bagikan di kolom komentar. Support terus wisatalova dengan like dan share postingan ini ke temen-temen kamu.

Salam wisata !

Indahnya Pulau Jemur Di Selat Malaka
5 (100%) 5 votes
Tags: Apa saja wisata yang ada di selat malaka, mancing pulau jemur, nama nama pulau kecil di selat malaka milik indonesia, wisata selat malaka

2 Comments

  1. Evi August 18, 2016
    • Wisatalova August 25, 2016

Leave a Reply

Creampie