Keindahan Aneka Curug Kembar yang Cantik Memikat di Jawa Tengah

Wisata Curug Kembar di jawa TengahWisataLova,  Alam Jawa Tengah yang asri memiliki ragam daya tarik wisata yang membuat decak kagum banyak orang. Berbagai objek wisata alam banyak yang menjadi andalan dan sudah terkenal bahkan hingga ke luar negeri. Salah satu daya tarik wisata di Jawa Tengah adalah keelokan air terjun atau curug yang tersebar di hampir semua kabupaten di wilayah Jawa Tengah. Berikut ini adalah ulasan mengenai Keindahan aneka curug kembar yang tersebar di Jawa Tengah.

Advertisements

Curug Kembar di Objek Wisata Guci – Tegal

curug kembar bumijawa tegal

Curug Kembar yang merupakan Air Terjun Cantik di Obyek Wisata Guci adalah curug yang memiliki sekaligus dua aliran pancuran yang mengalir dengan indahnya. Wisata air terjun yang memikat di Tegal ini adalah Curug Kembar, air terjun yang namanya diberikan warga karena terdapat dua air terjun yang saling berdekatan. Curug ini letaknya lumayan dekat dengan Guci-ku Hot Waterboom atau tepatnya di sebelah Villa Syariah, termasuk wilayah Desa Guci, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal.

Curug Kembar ini tidak terlalu tinggi hanya sekitar 5 m saja namun aliran airnya sungguh deras dan jernih. Keunikan air terjun yang mengalir dari curug ini terasa hangat jadi tak perlu khawatir kedinginan jika bermain-main air atau berenang di kolamnya pada pagi hari, meski sebenarnya kawasan di Desa Guci begitu dingin karena berada di kaki gunung.

Curug Kembar atau Air Terjun Bengkawah – Pemalang

Curug Kembar

Curug Bengkawang yang sering juga disebut Curug Kembar ini mempunyai dua air terjun yang terbelah oleh batu yang memiliki ketinggian sekitar 20 m. Di bawah curugnya terdapat kolam dengan kedalaman sekitar 3 m yang dapat digunakan untuk berenang atau mandi.  Selain mengalirkan air terjun yang tak pernah kering, keindahan alam di sekitar curug ini begitu alami disertai banyaknya kera-kera di sekitarnya.

Curug yang berada di aliran sungai Kluweh ini masih terdapat ikan-ikan besar mengundang banyak pemancing yang datang ke sini. Dibelakang curug terdapat cekungan seperti gua yang katanya banyak terdapat ular seperti kobra dan piton.  Di sebelah timur curug terdapat sumber mata air jernih yang biasa dijadikan sumber air bersih bagi pendatang yang berkemah.

Curug kembar – Purwokerto

curug kembar purwokerto

Curug ini jika dilihat di peta masih berada di kawasan desa karangsalam, tapi lebih mudah jika melewati desa Kemutug Lor Baturraden. Curug Kembar ini tidak terlalu dalam, sekitar 2 meter dengan ketinggian curug sekitar 7 meter. Air di Curug Kembar cukup jernih dan juga tidak terlalu dalam untuk berenang dan main air disini. Beberapa ikan kecil hidup di kolam dan aliran air terjun ini.

Advertisements

Jika ingin mencapai lokasi, paling mudah lewat jalur kemutug lor, Kebun Raya Baturraden ke selatan, bisa lewat gerbang mandala belok kanan lalu ikuti jalan kemutug lor hingga pertigaan lihat penunjuk arah Taman Kehati atau Curug Kembar. Jarak Curug Kembar sekitar 2 km dari Kebun Raya Baturraden. Kendaraan bisa diparkirkan di depan Kebun Percontohan Tanaman Langka, Flora Unggulan Jawa Tengah. Lanjutkan berjalan kaki sekitar 1 km melewati sawah dan kebun.

Curug Grenjengan Kembar – Magelang

Curug Grenjengan Kembar

Curug Grenjengan Kembar terletak di Pakis, Kab. Magelang. Keindahan curug ini luar biasa memikat, bahkan kita bisa melihat pelangi melengkung di atas air terjun.

Untuk menuju air terjun Grenjengan Kembar, dari arah Magelang menuju ke pertigaan canguk. Sedangkan dari arah Semarang belok kiri setelah tiba di pertigaan, dan dari arah Jogja belok kanan. Lalu ikuti jalan menuju arah Kopeng / Salatiga lurus hingga pasar Pakis.

Dari pintu masuk Kawasan ke tempat air terjun ini jaraknya dekat sekali, hanya berjalan kaki 5 menit. Jalannya juga tidak ada tangga atau tanjakan sebagaimana air terjun lain. Tiba di air terjun, decak kagum bercampur gembira akan terasa melihat keindahan alam di curug Grenjengan Kembar yang masih sepi pengunjung ini.

Curug Kembar Baladewa – Semarang

Curug Baladewa yang berupa curug kembar, adalah salah satu wisata air terjun yang letaknya di Semarang. Lokasi Air Terjun Kembar Baladewa ini juga tak jauh dari beberapa objek wisata di Banyubiru Ambarawa, yaitu Rawapening, Pasar Kriya sebagai tempat belanja bermacam souvenir, Taman Rekreasi Alama Rawa Permai, wisata pendidikan Langen Tirto Muncul & Kolam Renangnya, dan beberapa objek lain di sekitarnya yang bagus untuk dikunjungi.

curug kembar baladewa semarang

Masyarakat setempat menyebut air terjun ini dengan Air Terjun Kembar Baladewa dikarenakan adanya dua air terjun yang bersebelahan dengan jarak hanya sekitar seratus meter saja. Ketinggian Curug Kembar Baladewa ini sekitar 50 m dan yang satunya setinggi kurang lebih 70 m.

Lokasi wisata air terjun Baladewa terletak di Taman Wisata Argo Kelir. Karena wisata alam di daerah Banyu Biru ini masih tergolong baru, belum diketahui banyak orang. Tak jauh dari Curug Kembar Baladewa, di lereng Gunung Kelir terdapat sumber air hangat yang dikenal dengan “Air Hangat Asinan”, dipercaya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Keindahan Aneka Curug Kembar yang Cantik Memikat di Jawa Tengah
5 (100%) 1 vote
Tags: citamper, desa dekat curug citamper, Tempat keramat di kab magelang yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit

Leave a Reply