Pulau Sekatung Punya Keindahan Alam Yang Memukau

Pulau Sekatung merupakan sebuah pulau indah yang ada di Kepulauan Natuna. Letaknya berbatasan dengan Negara Vietnam. Pulau ini dikenal dengan potensi alamnya yang masih belum banyak terjamah oleh tangan perusak sehingga keindahan yang ada di pulau ini masih sangat alami sekali.

Advertisements

Pulau-pulau yang terletak di batas terluar Indonesia memang sangat terkenal dengan keindahannya yang masih sangat alami. Mungkin kamu perlu membaca tulisan sebelunya tentang Keindahan Pulau Natuna dan Pulau Enggano untuk mengenal lebih dekat seperti apa keindahan pulau-pulau terluar yang ada di Indonesia

Dilihat secara fisiknya, Pulau Sekatung merupakan sebuah pulau kecil yang berbentuk seperti bukit menyembul di permukaan laut. Ketinggiannya hanya sekitar 5-6 meter. Airnya pun tidak terlalu dalam sehingga sangat cocok untuk aktivitas berenang dan snorkeling.

pulau sekatung, potensi pulau sekatung, cara ke pulau sekatung, wisata pulau sekatung, letak pulau sekatung

Ingin tahu apa saja potensi keindahan alam yang ada di Pulau Sekatung?

Potensi Alam Pulau Sekatung

Karena kondisi alamnya yang masih asri dan belum banyak terjamah tangan manusia, pulau ini masih menyimpan banyak sekali potensi alam yang patut untuk kita nikmati. Di sini kamu bisa menemukan salah satu spesies penyu sisik di tepian pantai.

Biota laut di sekitar Pulau Sekatung juga sangat kaya. Berbagai jenis ikan warna-warni biasanya dapat ditemukan pada saat air sedang surut. Kondisi air laut yang bening membuat ikan-ikan yang ada di bawah air dapat terlihat dari atas tanpa harus menyelam.

Pulau Sekatung juga menyimpan kekayaan terumbu karang yang masih sangat terjaga. Terumbu karang yang ada di pulau ini berbentuk gugusan yang lebarnya mencapai 2 Km. Semua keindahan alam ini disuguhkan secara lengkap dalam satu tempat. Siapapun tidak akan menyesal jika datang ke pulau ini.

Apa Saja Kegiatan Menarik Yang Bisa Dilakukan Di Pulau Sekatung?

Jika kamu berhasil sampai di Pulau Sekatung, cukup denga menikmati keindahan alamnya saja hati kamu pasti sudah sangat puas. Namun masih ada lagi beberapa aktifitas lain yang pastinya akan menambah seru traveling kamu ke pulau ini.

pulau sekatung, potensi pulau sekatung, cara ke pulau sekatung, wisata pulau sekatung, letak pulau sekatung

Untuk kamu pecinta duni fotografi, ada banyak spot yang sangat cantik untuk di eksplore. Kondisi alam sekitar yang masih sangat hijau bisa jadi latar belakang yang indah bak lukisan kanvas alam yang memukau.

Selain itu jika kamu beruntung kamu juga bisa melihat spesies penyu yang sudah mulai langka. Biasanya penyu-penyu ini banyak ditemukan pada saat musim bertelur.

Advertisements

Jika kamu ingin berenang, air laut di pulau ini cukup jernih dan dangkal. Sangat cocok untuk aktivitas berenang santai, bermain air sambil menikmati indahnya pemandangan lau dan gugusan pulau-pulau yang ada di sekitar.

Kamu juga bisa snorkeling untuk menikmati indahnya pemandangan bawah laut di Pulau Sekatung.

Lokasi Pulau Sekatung

Pulau Sekatung terletak di daerah utara Provinsi Kepri. Secara administratif pulau ini masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Natuna. Letaknya sangat jauh di Laut Cina Selatan dan merupakan salah satu gugus pulau terluar wilayah Indonesia yang berbatasan denga Negara Vietnam.

Cara Ke Pulau Sekatung

Untuk bisa sampai di Pulau Sekatung butuh sedikit perjuangan ekstra mengingat letaknya yang sangat jauh.

Ada dua cara untuk bisa sampai di ke lokasi wisata pulau nan cantik ini.

Pertama kamu bisa melewati jalur Ranai Natuna – Sedanau dengan menggunakan speedboat via Pelabuhan Binjai. Untuk bisa sampai ke pelabuhan kamu bisa menggunakan angkutan darat yang ada disana. Perjalanan menuju ke pelabuhan ini memakan waktu sekitar setengah jam.

Selanjutnya dari Pelabuhan Binjai kamu harus menyebrang ke Pulau Sedanau dengan menaiki speedboat. Butuh waktu sekitar setengah jam untuk bisa sampai ke lokasi.

Setelah sampai kamu bisa menyewa perahu mesin kecil atau yang oleh masyarakat lokal disebut dengan pompong yang banyak disewakan disana. Pompong biasanya bisa memuat hingga 12 orang. Dengan menggunakan pompong inilah kamu akan menyebrang ke Pulau Sekatung.

Atau kamu juga bisa menumpang kapal pompong yang biasanya digunakan masyarakat setempat untuk menyebrang ke Pulau Laut. Biasanya kapal pompong ini berangkat pada pagi atau sore hari. Nah kamu bisa ikut menumpang kapal pompong ini. Butuh waktu yang cukup lama untuk bisa sampai ke Pulau Sekatung yaitu sekitar 10 Jam.

Cara kedua yang lebih mudah yaitu dengan menyebrang langsung ke Pulau Sekatung dari Kota Ranai dengan menggunakan Speed Boat.

Itulah informasi yang bisa saya berikan tentang Pulau Sekatung. Jika artikel ini bisa membantu kamu, jangan lupa berikan like, share, dan komentar.

Salam wisata !

Pulau Sekatung Punya Keindahan Alam Yang Memukau
4.5 (90%) 6 votes
Tags: pulau sekatung, Potensi Pulau Sekatung, keunikan pulau sekatung, keindahan sekatung, keistimewaan dan keunikan pulau sekatung

Leave a Reply

Creampie