Kota Tujuh Bukit Di Roma (Septem Montes Romae)

Advertisements

kota tujuh bukit roma, kota 7 bukit romaKota Tujuh Bukit adalah sebutan untuk Kota Istanbul yang ada di Turki, pembahasannya bisa Anda lihat di potingan sebelumnya.

Kali ini kita akan mengulas 7 bukit di Roma yang berada pada sisi timur sungai Tiberias yang menjadi pusat kota pada peradaban Romawi lama.

Ada banyak sekali bangunan bersejarah yang adai di kota 7 bukit di Roma ini. Jika Anda sudah pernah mengunjungi Istana Topkapi dan beberapa bangunan megah lainnya di Istanbul seperti Masjid Raya Sulaimaniyah pasti Anda akan melihat adanya kemiripan dari segi gaya dan arsitektur bangunannya.

Meskipun banyak dari bangunan-bangunan yang ada di Kota Tujuh Bukit Roma ini yang hanya berupa reruntuhan, namun Anda masih bisa menyaksikan sendiri bahwa dulunya bangunan-bangunan ini adalah bangunan megah pada masanya.

Sejak jatuhnya Konstantinopel pada tahun 1453 oleh Khilafah Turki Utsmani yang di pimpin oleh Sultan Mehmed II atau yang lebih di kenal dengan nama Sultan Muhammad Al-Fatih membuat Kekaisaran Romawi Timur menjadi runtuh. Dengan ini pula maka Konstantinopel (saat ini Istanbul) resmi berada di bawah kekuasaan Kesultanan Utsmaniyah. Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Khilafah Utsmaniyah ini merupakan salah satu tonggak penting perubahan peradaban dunia.

Lalu apa hubungannya dengan Kota Tujuh Bukit Roma? Beberapa sumber menyebutkan jika Konstantinopel itu sendiri sebenarnya di bangun di atas tujuh bukit itu sendiri.

Tujuh bukit di Roma tersebut adalah:

Bukit Aventino (Monte Aventino)

kota tujuh bukit roma, kota 7 bukit roma

Bukit Aventino atau yang di sebut juga dengan nama Monte Aventino merupakan salah satu dari 7 bukit pada bagian selatan di mana Kota Roma di dirikan. Bukit ini berbentuk menyerupai trapesium dengan lereng-lereng yang curam. Letaknya berdekatan dengan Danau Tiber. Bukit ini memiliki lokasi yang paling sulit di akses dari ke 7 bukit yang ada. Di sebelah timur bukit ini terdapat satu lagi bukit kecil yang bernama Piccolo Aventino

Bukit Celio (Monte Caelio)

kota tujuh bukit roma, kota 7 bukit roma

Monte Caelio merupakan bagian dari Kota 7 Bukit di Roma yang di dalamnya terdapat Basilika kuno yang sudah berumur ribuan tahun. Sejarah bangunan ini bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi perpustakaan yang ada di Kota Roma.

Bukit Capitolino (Monte Capitolino)

kota tujuh bukit roma, kota 7 bukit roma

Awalnya bukit ini bernama Mount Saturnus (Gunung Saturnus) namun kemudian berubah nama menjadi Monte Capitolino. Bukit ini merupakan yang paling terkenal diantara 7 bukit lainnya. Di puncak bukit ini terdapat bangunan yang bernama Arx, yang pernah hancur berkali-kali. Pada masa kekuasaan Domitian dan Titus kemudian bangunan ini di bangun kembali.

Advertisements

Bukit Esquilino (Monte Esquilino)

kota tujuh bukit roma, kota 7 bukit roma

Bukit Esquilino adalah salah satu dari 7 bukit di Kota Roma yang terbagi menjadi 3 bagian. Di sisi selatan bernama Opium, bagian barat bernama Fagutal, dan pada bagian utara bernama Cispio. Bukit ini berada di atas lembah dan dulunya merupakan kompleks-kompleks perumahan rakyat pada zaman Romawi kuno.

Bukit Palatino (Monte Palatino)

kota tujuh bukit roma, kota 7 bukit roma

Kota Tujuh Bukit Roma selanjutnya bernama Monte Palatino. Bukit ini merupakan yang tertua di antara yang lainnya. Di puncak bukit terdapat sebuah bangunan kuno yang berada pada ketinggian 40 meter. Menurut sejarahnya di bukit ini dulu sempat di bangun Kuil Apollo. Monte Palatino juga merupakan tempat di lakukannya perayaan Lupercalia.

Bukit Quirinale (Monte Quirinale)

kota tujuh bukit roma, kota 7 bukit roma

Bukit Quirinale juga termasuk ke dalam salah satu dari 7 bukit di Kota Roma yang telah di duduki sejak zaman besi. Menurut legenda di bukit ini dulunya terdapat sebuah desa kecil tempat Raja Titus Tatius di lahirkan. Monte Quirinale juga merupakan tempat kediaman resmi presiden Italia.

Bukit Viminale (Monte Viminale)

kota tujuh bukit roma, kota 7 bukit roma

Kota 7 Bukit Roma yang terakhir berada di Bukit Viminale atau Monte Viminale. Di lereng-lereng bukit ini terdapat banyak sekali sejenis tanaman rotan yang bernama Salix vimanils, dari sinilah nama bukit ini di ambil – wisatalova | wisata sejarah

Kota Tujuh Bukit Di Roma (Septem Montes Romae)
4.5 (90%) 8 votes
Advertisements
Tags: roma disebut kota tujuh bukit, julukan kota roma, kota 7 bukit, 7 gunung istanbul, bukit 7 dimana

Leave a Reply