10 Manfaat Mandi Air Hangat Untuk Kesehatan

Advertisements

Setelah melakukan aktivitas seharian, tubuh cenderung akan terasa lelah dan penat. Terlebih jika Anda memiliki pekerjaan dengan aktivitas yang banyak di lakukan di luar ruangan. Bisa saja tubuh terasa lengket dan kotor. Kondisi yang sangat tidak nyaman.

Kondisi seperti itu mengharuskan Anda untuk segera melakukan sebuah tindakan yang di sebut MANDI. Jangan sampai rasa malas mengalahkan rasa ingin mandi Anda. Karena tidur dalam keadaan belum mandi sementara tubuh ini penuh dengna kotoran bisa saja menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari.

Jika alasan Anda menjadi enggan mandi adalah karena suhu yang dingin, maka solusinya adalah dengan mandi menggunakan air panas, atau lebih tepatnya mandi air hangat. Karena suhu air yang digunakan untuk mandi juga tidak boleh terlalu panas.

Anda juga bisa menjadikan mandi air panas sebagai salah satu hal menyenangkan yang bisa Anda lakukan di kala liburan. Anda bisa mengunjungi tempat-tempat wisata yang menyediakan kolam pemandian air panas alami yang sangat menyehatkan.

Jika mandi air hangat sesekali Anda lakukan, ternyata dapat memberikan manfaat yang berarti bagi kesehatan.

manfaat mandi air panas, manfaat mandi air hangat, mandi air panas, mandi air hangat

Berikut ini 10 manfaat mandi air hangat yang mungkin perlu untuk di ketahui:

1. Mengendurkan Otot

Otot yang kaku dapat menjadi penyebab kurang lancarnya peredaran darah di tubuh Anda. Dengan mandi air panas hal bisa di atasi. Mandi air hangat dapat mengendurkan kembali otot-oto yang kaku. Yang perlu di perhatikan adalah suhu air tidak boleh terlalu panas. Anda bisa menggunakan air dengan suhu antara 37-40 derajat celcius.

2. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Rileks

Mandi air hangat juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Setelah otot-otot mengendur maka secara otomatis tubuh akan merasa lebih rileks dan tenang. Untuk mendukung hal ini Anda bisa menambahkan wewangian seperti aromaterapi atau sambi menyetel musik favorit Anda. Dijamin stress akan berkurang.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Sirkulasi darah yang tidak lancar dapat menimbulkan banyak sekali penyakit di kemudian hari. Terganggunnya sistem peredaran darah ini bisa di sebabkan oleh banyak faktor, diantaranya seperti pola makan yang buruk dan kurangnya aktivitas olahraga.

Dengan mandi air hangat maka peredaran darah Anda akan menjadi lebih lancar. Karena pada saat terpapar suhu air hangat yang Anda gunakan untuk mandi pembuluh darah akan lebih terbuka. Hal ini sangat baik untuk kesehatan Anda

4. Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh

Mandi air hangat juga dapat membantu mengeluarkan zat-zat racun yang tidak baik dari dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena pada saat mandi air hangat, pori-pori kulit Anda akan terbuka lebih lebar. Kotoran-kotoran yang menutupi pori-pori kulit akan terangkat dan terbuang sehingga zat-zat racun akan di keluarkan dari dalam tubuh melalui pori-pori pada saat mandi air hangat.

Advertisements

5. Mandi Air Hangat Untuk Mengurangi Insomnia

Insomnia bukan lagi perkara yang langka pada masa sekarang ini. Banyak sekali orang yang mengeluhkan bahwa mereka mengalami kesulitan tidur pada malam hari. Insomnia biasanya disebabkan karena kondisi jiwa yang tidak stabil, stress, galau dan sebagainya. Nah, karena mandi air hangat dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan mengurangi stress maka seharusnya insomnia juga bisa berkurang setelah Anda mandi air panas.

6. Menjaga Suhu Tubuh Tetap Stabil

Mandi air hangat mampu mengangkat kotoran-kotoran yang menutupi pori-pori, sehingga pori-pori Anda lebih terbuka. Pori-pori ibaratkan ventilasi pada tubuh kita. Jika ventilasi terbuka dengan baik, maka proses sirkulasi suhu tubuh juga akan berjalan dengan baik. Oleh karena itu, mandi air hangat sangat baik untuk membantu menjaga suhu tubuh tetap stabil

7. Baik Bagi Kesehatan Jantung

Penyakit pada jantung erat kaitannya dengan gangguan pada sirkulasi darah dalam tubuh. Jika sirkulasi /peredaran darah dalam tubuh Anda tidak lancar, maka penyakit jantung bisa saja menyerang. Karena mandi air hangat dapat memperlebar pembuluh darah sehingga membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar, maka jelas bahwa mandi air hangat juga sangat baik menjaga kesehatan jantung. Anda bisa berendam di dalam air hangat selama 5-10 menit untuk memperolah hasil yang lebih baik.

8. Meredakan Sakit Kepala

Mandi air hangat dengan diiringi musik lembut dapat membantu mengurangi sakit kepala. Hal ini disebabkan karena pada saat mandi air hangat tubuh menjadi rileks dan peredaran darah ke kepala menjadi lebih lancar. Jika Anda sedang mengalami sakit kepala yang cukup berat, cobalah untuk berendam di air hangat selama 5-10 menit hingga sakit kepala Anda berkurang.

9. Mencegah Masuk Angin

Mandi air panas juga dapat mencegah masuk angin dan menjaga daya tahan tubuh. Terutama pada saat cuaca sangat dingin. Anda bisa mandi dengan air hangat secara rutin untuk menjaga selalu bugar dan terhindar dari masuk angin

10. Mengobati Penyakit Kulit

Khusus untuk membantu mengobati penyakit kulit seperti gatal-gatal Anda bisa mandi air hangat yang di dalamnya terkandung zat belerang. Ada banyak sekali tempat pemandian air panas alami yang bisa Anda kunjungi. Dengan mandi air panas yang mengandung zat belerang maka berbagai penyakit kulit bisa di sembuhkan. Selain itu mandi air panas belerang juga dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan cantik.

Nah itulah 10 manfaat mandi air hangat yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat !

 

10 Manfaat Mandi Air Hangat Untuk Kesehatan
4.7 (93.33%) 3 votes
Advertisements
Tags: benarkah air hangat bisa melancarkan petedaran darah ke jantung, manfaat mandi air hangat, air hangat untuk mandi bisakah untuk melancarkan peredaran darah, apakah air hangat bisa mela, masuk angin mandi dengan air hangat

Leave a Reply