Masjid Agung Natuna, Taj Mahal Versi Indonesia

Masjid Agung Natuna atau yang juga dikenal dengan Masjid Raya Natuna adalah masjid yang terletak di Pulau Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Advertisements

Masjid ini merupakan kebanggaan rakyat Natuna karena kemegahannya yang disebut-sebut sebagai masjid terbesar dan termegah di Kepulauan Riau. Masjid Agung Natuna dibangun sebagai bagian dari Kompleks Gerbang Utaraku di Kota Ranai, yang mana adalah pusat pemerintahan dan bisnis di wilayah ini.

Walaupun letaknya yang sangat jauh di Kepulauan Natuna yang notabene adalah gugusan pulau terluar Indonesia, namun Masjid Agung Natuna memiliki keindahan yang tidak kalah dari masjid-masjid yang ada di kota-kota besar lainnya.

masjid agung natuna, taj mahal indonesia, masjid raya natuna, masjid terbesar di riau

Kemegahan Masjid Agung Natuna

Kepulauan Natuna sendiri merupakan kepulauan tropis yang sangat indah. Mungkin kamu tertarik untuk membaca ulasan mengenai keindahan Pulau Natuna ini.

Uniknya, Masjid Agung Natuna disebut-sebut sebagai Taj Mahalnya Indonesia. Hal ini disebabkan karena desain kubahnya yang mirip dengan kubah Taj Mahal yang ada di India. Dari beberapa sisi memang terlihat sangat mirip sekali dengan Taj Mahal yang asli.

Jadi tidak perlu jauh-jauh ke India, karena ternyata Indonesia juga punya Taj Mahal sendiri.

masjid agung natuna, masjid raya natuna, taj mahal indonesia, masjid terbesar di riau

Taj Mahal Indonesia

Sejarah Masjid Agung Natuna

Masjid Agung Natuna mulai dibangun pada tahun 2007 dan diresmikan pada tahun 2009. Masjid ini dibangun untuk mendukung visi misi pembangunan Kabupaten Natuna dari segi keagamaan. Dengan tujuan untuk menciptakan suasana religi di tengah-tengah masyarakat Natuna yang mayoritasnya adalah suku Melayu-Islam. Pembangunan Masjid Agung Natuna yang megah ini menghabiskan dana senilai 400 Milyar Rupiah.

Dari Luar Terlihat Seperti Taj Mahal, Bagaimana Dengan Arsitektur Di Dalamnya?

masjid agung natuna, masjid raya natuna, masjid terbesar di riau, taj mahal indonesia

Foto Masjid Agung Natuna terlihat dari atas

Desain dan arsitektur Masjid Agung Natuna ini syarat dengan nilai-nilai filosofis Islam. Jika dilihat dari luar terutama dari bagian depan, Masjid Agung Natuna memang sangat mirip dengan Taj Mahal. Pada keempat sisinya terdapat empat buah menara, yang dimaknai sebagai simbol empat sahabat Rasulullah.

Advertisements

Bagian plaza masjid memiliki ukuran yang sangat luas yang memungkinkan digunakan sebagai tempat untuk mengadakan acara-acara besar seperti MTQ, manasik haji, sholat ied, sholat idul adha dan acara-acara besar keagamaan lainnya.

Kubah Masjid didominasi oleh corak warna hijau dan kuning, dengan ketinggian 17 meter yang melambangkan jumlah rakaat sholat dalam sehari. Bagian dalam kubah dihiasi dengan kaligrafi dan desain bermotif bunga.

Kubah Bertingkat

masjid agung natuna, masjid raya natuna, masjid terbesar di riau, taj mahal indonesia

Kubah bertingkat Masjid Agung Natuna

Masjid Agung Natuna memiliki kubah yang berjumlah 20 buah yang disusun dalam 3 tingkatan. Desain kubah bertingkat seperti ini mirip dengan desain Masjid Raya Sulaimaniah yang ada di Turki.

Tiap tingkatan kubah pada Masjid Raya Natuna memiliki makna filosofis yang berbeda-beda. Pada tingkatan yang tertinggi terdapat satu kubah utama yang paling besar. Kubah utama ini melambangkan sifat ihsan, yang dalam agama Islam merupkan tingkatan keimanan yang tertinggi.

Pada tingkatan di bawahnya terdapat 6 buah kubah yang lebih kecil dari kubah utama. 6 kubah ini melambangkan rukun iman dalam agama Islam.

Pada tingkatan yang paling bawah terdapat 12 kubah yang mengelilingi kubah yang ada di atasnya. Ini merupakan simbol hari kelahiran Nabi Muhammad SAW (maulid nabi).

Bagian dalam masjid memiliki ukuran yang luas, tiap shafnya mampu menampung hingga 180 orang.

Pada bagian tengah ruangan masjid terlihat sangat terang, hal ini disebabkan karena adanya cahaya masuk yang berasal dari kubah. Sedangkan pada bagian tepi ruangan akan terlihat lebih teduh karena tertutup oleh lantai atas masjid.

Perbedaan pencahayaan yang sangat kontras pada bagian dalam ruangan masjid ini memiliki makna perjalanan ibadah umat Islam menuju satu titik terang kebesaran Sang Pencipta.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Taj Mahalnya Indonesia ini?

Masjid Agung Natuna, Taj Mahal Versi Indonesia
4.7 (93%) 20 votes
Tags: Masjid agung natuna, wisata natuna, masjid natuna, masjid raya natuna, mesjid agung natuna

2 Comments

  1. sarah eyie June 27, 2016

Leave a Reply

Creampie