Pulau Lae-lae Di Makassar Wisata Pulau Mungil Yang Eksotis

Pulau Lae-lae merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di wilayah bagian barat bumi Makassar. Letaknya bersebelahan dengan pulau kecil yang tak kalah eksotis yang sebelumnya sudah kita bahas disini: Pulau Samalona. Jaraknya pun tidak terlalu jauh, kedua pulau ini letakya bersebelahan.

Advertisements

pulau lae-lae makassar, wisata pulau lae-lae

Pulau ini terkenal memiliki pemandangan sunset yang menawan. Sangat cocok untuk di jadikan tempat berlibur dan bersantai. Suasananya yang hening sangat cocok untuk dijadikan tempat escape dari hiruk pikuk kota. Jumlah penduduk yang tinggal di pulau ini pun tidak begitu banyak, hanya sekitar 1700an jiwa.

Lokasi Pulau Lae-lae

Pulau Lae-lae adalah salah satu pulau kecil yang termasuk dalam kawasan wisata pulau di Kota Makassar. Lokasinya berjarak sekitar 1,5 Km sebelah barat Kota Makassar. Jika Anda sedang berada di Pantai Losari mungkin dengan memandang ke seberang Anda sudah bisa melihat pulau ini.

Secara administratifnya Pulau Lae-lae masih termasuk ke dalam wilayah Kota Makassar. Disekiarnya juga terdapat beberapa pulau kecil lainnya yang jaraknya tidak terlalu jauh seperti Pulau Barangcaddi, Kodingareng Keke, dan Baranglompo. Namun yang paling terkenal dan ramai di kunjungi memang adalah Pulau Samalona dan Pulau Lae-lae.

Lihat lokasi di maps

Cara Menuju Ke Pulau Lae-lae

Untuk bisa sampai ke wisata pulau lae-lae Anda harus menyeberang dari Kota Makassar dengan menyewa perahu boat atau perahu motor milik nelayan. Anda bisa menyeberang dari Dermaka Kayu Bangkoa atau bisa juga dengan menyeberang dari dermaga yang berlokasi di depan Benteng Fort Rotterdam.

Biaya sewa perahu untuk menyeberang ke Pulau Lae-lae relatif cukup murah. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya berkisar antara Rp. 15.000-30.000 per orang untuk sekali menyeberang. Harga tersebut biasanya masih bisa di tawar, tergantung kesepakatan Anda dengan pemilik perahu. Pandai-pandai saja. Waktu penyeberangan biasanya membutuhkan waktu 5-10 menit.

Wisata Pulau Lae-lae

Ukuran Pulau Lae-lae memang tidak terlalu besar. Luasnya hanya sekitar 0,04 km persegi. Begitu Anda menginjakkan kaki di Pulau ini, Anda akan di sambut dengan hamparan pasir putih dengan pepohonan yang terlihat sudah mengering tanpa daun. Pantai di Pulau Lae-lae ini memang punya pemandangan yang khas. Meskipun pasirnya tidak seputih pasir di Pantai Laguna Kalianda di Lampung, namun dengan adanya pohon-pohon yang daunnya sudah gugur ini membuat pemandangan jadi terlihat unik dan berbeda dengan pantai lainnya.

pantai lae-lae, pulau lae-lae, wisata pulau lae-lae makassar

Jika cuaca sedang cerah, maka perpaduan antara pantai dan awan-awan putih yang ada di langit menjadi sebuah pemandangan yang sangat cantik. Ada banyak sekali spot yang bagus untuk di jadikan tempat berfoto di sekeliling pulau ini. Bibir pantai diantara pohon-pohon kering adalah salah satunya.

Advertisements

pulau lae-lae, pantai lae-lae, foto pantai lae-lae makassar, wisata pulau lae-lae makassar

Anda juga bisa bersantai di atas jaring yand di ikat diantara pepohonan. Bersantai sambil menikmati angin pantai yang bertiup pasti sangat menyenangkan. Apalagi saat itu cuaca sedang cerah dan pemandangan laut lagi bagus-bagusnya. Pasti rasanya Anda tidak ingin pulang. Lihat saja foto salah seorang teman yang sedang bersanati menikmati indahnya Pantai Lae-lae di bawah ini:

pantai lae-lae, pulau lae-lae, wisata pulau lae-lae makassar

Selain bersantai menikmati keindahan pantai, bagi Anda yang ingin berenang dan snorkeling perairan di pulau ini juga terkenal memiliki keindahan bawah laut yang tak kalah cantiknya. Hanya saja saat ini sudah mulai terlihat beberapa terumbu karang yang mulai rusak. Namun Anda tetap bisa melihat pemandangan ikan-ikan tropis berwarna-warni yang ada pada perairan dangkal di sekitar pantai. Perhatikan kaki Anda saat menginjak dasar, karena di perairan pulau ini juga banyak terdapat bulu babi. Bisa repot jika Anda sampai menginjaknya.

Sunset di Pulau Lae-lae

Sunset adalah momen paling di tunggu-tunggu di pulau ini. Sudah tidak di ragukan lagi kalau pemandangan di kala matahari terbenam di Pulau Lae-lae memang sangat indah. Anda pun tak boleh melewatkannya. Apalagi jika cuaca sedang cerah, maka itu adalah hari keberuntungan Anda. Berikut ini beberapa foto-foto sunset di Pulau Lae-lae yang berhasil kami dokumentasikan.

pulau-lae-lae-makassar_12
pulau-lae-lae-makassar_11
pulau-lae-lae-makassar_9
pulau-lae-lae-makassar_4
pulau-lae-lae-makassar_2
pulau-lae-lae-makassar

Fasilitas di Pulau Lae-lae

Di Pulau ini sudah terdapat fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari penginapan dengan harga terjangkau, tempat makan, dan pondok penginapan yang disebut dengan Bale-bale. Fasilitas tersebut di kelola oleh masyarakat setempat di pulau.

sunset pulau lae-lae, pulau lae-lae makassar

Harga penginapan di sini juga cukup murah, mulai dari Rp. 50.000-150.000

Itulah ulasan mengenai Wisata Pulau Lae-lae di Makassar pada kesempatan kali ini. Selamat berlibur.

Pulau Lae-lae Di Makassar Wisata Pulau Mungil Yang Eksotis
4.5 (90%) 8 votes
Tags: pulau lae lae, pulau lae lae makassar, pulau lae, pulau lae lae 2017, pulau lae-lae

Leave a Reply