Wisata Pulau Padar Yang Ajib Banget !

Pulau Padar adalah sebuah pulau yang terletak di kawasan Taman Nasional Komodo. Banyak yang bilang jika pulau ini memiliki keindahan yang tiada duanya. Orang yang berpengalaman berkunjung ke sana mengatakan bahwa pulau ini seakan pulau yang belum pernah terjamah oleh manusia. Bahkan ada yang bilang memang tidak ada komodo di pulau ini, tapi di balik bukit-bukit yang menjulang memagari pulau itu terdapat dinosaurus !

Advertisements

pulau padar, kepulauan komodo

Memang kondisi alam yang ada di pulau tersebut masih sangat terjaga, seperti tak ada yang berubah meski zaman terus berganti. Kontur daratannya yang berbukit-bukit membuat Pulau Padar jadi sangat menarik untuk di jelajahi. Masalah pemandangan disana jangan di Tanya lagi, siapkan saja kamera terbaik Anda, karena di jamin Anda pasti tidak tahan untuk terus menerus mengambil foto.

Pulau Padar juga ternyata termasuk ke dalam situs warisan dunia oleh UNESCO, juga ketiga pulau lainnya yang termasuk ke dalam Taman Nasional Komodo. Tidak berlebihan jika kami menyebutnya sebagai salah satu tempat terindah di dunia yang harus di kunjungi. Mengunjungi pulau ini sebaiknya dilakukan sepaket dengan mengunjungi ketiga pulau lainnya yang berdekatan. Karena semua pulau yang termasuk dalam TNK ini punya keindahan yang spektakuler, jangan lewatkan kesempatan Anda jika sudah sampai di sini.

Lokasi Pulau Padar

Pulau Padar merupakan salah satu dari gugusan pulau terluar Indonesia yang letaknya sangat jauh di wilayah garis perbatasan laut Nusantara. Untuk bisa sampai di pulau ini Anda harus menempuh perjalanan laut selama kurang lebih 3-4 jam.

Lokasi Pulau Padar berdekatan dengan 3 pulau lainnya yang juga termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Komodo yaitu Pulau Rinca, Pulau Gili Motang dan Pulau Komodo. Letaknya berdekatan dengan Pulau Rinca.

Lihat peta berikut untuk mempermudah Anda memahami gambaran lokasi Pulau Padar:

Cara Menuju ke Pulau Padar

dermaga pulau padar, kapal ke pulau padar

Bagaimana cara ke Pulau Padar? Sebenarnya untuk bisa sampai ke sana tidaklah sulit. Untuk bisa sampai di lokasi pulau Anda harus menyeberang dari Labuan Bajo. Harga sewa boat memang agak sedikit mahal apabila Anda pergi seorang diri. Lebih hemat jika Anda menyewa kapal dengan beberapa orang teman, atau ikut open trip.

Keindahan Pemandangan di Pulau Padar

Jika bicara soal keindahan Pulau Padar, siapapun yang sudah menginjakkan kakinya di pulau ini pasti sepakat bahwa keindahan pulau ini tak perlu di ragukan lagi. Pemandangan dan nuansa yang di suguhkan tidak kalah mempesona jika di bandingkan dengan Pulau Anambas yang di sanjung-sanjung dengan sebutan mutiara baru dari barat Indonesia itu.

foto terbaik dan terindah pulau padar, foto di atas bukit pulau padar, pemandangan pulau padar, pulau padar drone

Melihat kondisinya yang masih sangat terjaga Anda akan merasa datang ke sebuah pulau yang seolah belum pernah di temukan orang lain. Meskipun sudah jadi destinasi wisata populer yang sudah banyak di kunjungi, namun pulau ini tidak berpenghuni. Jadi Anda tidak akan menemukan tanda-tanda kehidupan di sini.

sunset di pulau padar, foto pulau padar saat sunset terbaru

Advertisements

Walaupun pulau ini termasuk ke dalam Taman Nasional Komodo tapi Anda tidak perlu takut tiba-tiba komodo muncul, di Pulau ini tidak ada Komodonya. Beberapa sumber menyebutkan keberadaan mereka di pulau ini tidak dapat bertahan lagi karena rantai makanan yang putus.

foto terbaik dan terindah di pulau padar, foto dari atas bukit pulau padar, pemandangan pulau padar, pulau padar drone

Kembali lagi ke maslah pemandangan Gili Padar, di sepanjang mata memandang Anda akan melihat pemandangan bukit-bukit yang di dominasi warna hijau – cokelat berpadu dengan pasir putih dan lautan biru. Pemandangan terbaik bisa Anda dapatkan saat sampai di puncak bukit, dengan sedikit perjuangan tentunya.

pemandangan laut pulau padar, pulau padar terbaru

Setelah puas menjelajah seisi pulau, Anda bisa melanjutkan kesenangan Anda dengan menikmati indahnya bawah laut di perairan sekitar Pink Beach. Anda bisa berenang dan snorkeling untuk melihat keindahan terumbu karang dan biota laut khas perairan Flores yang sangat terkenal itu. Jangan lupakan kamera, pastikan Anda membawa smartphone atau kamera tahan air yang bisa di pakai untuk berfoto di bawah laut.

Siapkan Stamina Anda

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya jika kontur daratan di pulau ini berbukit-bukit dan cukup terjal. Jadi jangan kaget setelah Anda memijakkan kaki disana akan selalu di hadapkan dengan trek-trek mendaki dan menurun yang cukup menguras energi. Selain cukup terjal, terkadang trek yang harus Anda lewati juga berpasir dan berkerikil. Selain stamina yang ok Anda juga harus hati-hati agar tidak tergelincir.

pulau padar terbaru, pemandangan pulau padar dari atas bukit

Namun lelah Anda akan terbayar dengan pemandangan yang Anda temui. Dari atas bukit Anda bisa melihat bagian-bagian pulau yang ada di sekeliling. Paduan warna bebatuan yang kecokelatan dengan birunya air laut yang kemilauan terlihat sangat indah sekali. Jangan lupa untuk membawa bekal air minum yang cukup, karena jika cuaca sedang terik maka Anda bisa saja kehausan pada saat berjalan kaki melewati medan yang mendaki dan tandus tersebut.

jalur pendakian pulau padar, pulau padar terbaru

Sebaiknya gunakan sepatu dan celana yang nyaman, jangan sekali-sekali menggunakan sandal jepit karena bisa membuat Anda repot sendiri. Satu lagi yang tak boleh Anda lupakan yaitu sunblock untuk melindungi kulit Anda dari terbakar matahari sampai gosong.

Sampai di sini dulu ulasan kita tentang keindahan Pulau Padar yang rugi jika dilewatkan. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat Anda semua. Semoga Anda berbaik hati dengan menekan tombol like dan share yang ada di bawah. Selamat traveling !

Wisata Pulau Padar Yang Ajib Banget !
4.5 (90%) 8 votes
Tags: lokasi pulau padar, pulau padar

Leave a Reply