Rekomendasi Tempat Wisata di Bogor yang Wajib Anda kunjungi

Tempat wisata di bogor memang sangat strategis letaknya, tidak heran bila saat akhir pekan banyak warga Jakarta dan sekitarnya yang liburan dan melepas penat dengan mengunjungi area wisata di Bogor. Hal ini karena Bogor mempunyai banyak tempat wisata alam yang menarik dan masih alami.

Advertisements

Banyak terdapat tempat wisata di wilayah Bogor yang bisa Anda kunjungi. Baik wisata kuliner, wisata alam, maupun wisata edukasi, tersedia semua di Bogor. Penasaran apa yang menjadi rujukan tempat wisata di Bogor yang paling eksotis? Berikut ulasannya!

Rekomendasi Tempat Wisata di Bogor yang Wajib Anda kunjungi

 

  1. Kampung Budaya Sindang Barang

     

Kampung Budaya Sindang Barang

Sindang Barang merupakan salah satu alternatif tujuan wisata sejarah, dan budaya yang perlu diketahui dan  dikunjungi. Konon, tempat ini sudah ada dari abad ke-12. Sejarah mencatat bahwa Sindang Barang merupakan sebuah keraton salah satu permaisuri Prabu Siliwangi. Di sini, Anda akan menemui banyak bangunan rumah asli, yang menunjukan kesenian asli Sunda, tarian tradisional, sampai gambaran keadaan kasepuhan Sunda pada zaman dahulu.

  1. Kebun Raya Bogor

 

Kebun Raya Bogor

 

Mengunjungi Kebun Raya Bogor dapat menjadi alternatif anda dalam mengisi liburan akhir pekan dengan wisata alam yang menyegarkan. Tidak hanya berkeliling dan duduk santai saja, di sini Anda dapat mengajak si kecil untuk observasi berbagai jenis tanaman. Kebun Raya Bogor dikenal sebagai kebun botani tertua di Asia, dan telah dikembangkan dari zaman penjajahan. Tetapi sekarang ini selain banyak terdapat jenis tumbuhan, juga terdapat tempat wisata lain yang tak kalah menariknya. Dikebun bagian belakang, terdapat sebuah danau, jembatan gantung merah, Istana Bogor, sampai Museum Zoologi yang berdampingan dengan Kebun Raya Bogor.

  1. Museum Peta (Pembela Tanah Air)

Museum PETA

Tidak hanya mempunyai keindahan alam yang menakjubkan, Bogor juga pernah tercatat dalam sejarah  kemerdekaan Indonesia. Salah satunya yaitu, membentuk Tentara Sukarela PETA. Nah, di Bogor ini, Anda akan ditawarkan tentang kisah perjuangan PETA, bahkan juga terdapat artefak peninggalannya. Artinya tempat ini sangat penting guna menumbuhkan rasa nasionalisme masyarakat Indonesia, khususnya para muda penerus bangsa.

  1. Taman Wisata Mekarsari

tempat Wisata di Bogor Taman Wisata Mekarsari

 

Taman Wisata di Bogor Mekarsari adalah taman buah paling luas di Indonesia. Terdapat sekitar 1.470 varietas tumbuhan buah dan 100 ribu pohon di atas tanah seluas 264 hektar. Nikmatilah keseruan mencicipi dan memetik buah dari pohonnya secara langsung. Wajar saja, lokasi wisata ini memang memiliki konsep reboisasi, rekreasi, edukasi, dan konservasi. Disamping mencicipi buah dari pohon langsung, Anda juga bisa berkeliling menggunakan kereta untuk melihat-lihat koleksi tanaman buah, atau menikmati asiknya paket family camp, angsa air, mencoba wahana outbond, mencoba banana boat, sampai floating donut.

Advertisements
  1. Penangkaran Rusa Cariu

Wisata Bogor Penangkaran Rusa cariu

 

Bernama asli wana wisata penangkaran rusa giri jaya. Namun, dikenalnya dengan sebutan penangkaran rusa cariu, karena lokasinya berada di Cariu, Bogor. Di wilayah seluas 5 hektare ini, ada bermacam jenis rusa, seperti Rusa Bawean, dan Rusa Jawa. Yang menariknya lagi, Anda dapat berinteraksi secara langsung seperti, memberi makan dengan rumput, ubi, atau wortel.  Selain itu, disini juga menyajikan pemandangan yang segar dan indah, jadi tidak heran bila tempat ini menjadi alternatif tujuan wisata di Bogor saat berakhir pekan.

  1. Situ Gede

Situ Gede wisata alam bogor

Untuk warga setempat, Situ Gede sering dipakai untuk memancing, olahraga sore, berperahu, atau sekadar berjalan-jalan. Tetapi, tidak salah bila Anda berkunjung untuk merefresh pikiran di tempat wisata ini. Berlokasi di pinggiran Hutan Dramaga yang merupakan lokasi penelitian kepunyaan Departemen Kehutanan RI, danau dengan luas 6 hektare ini dipenuhi oleh berbagai jenis tanaman yang teduh. Oleh karena itu, akan sangat menyenangkan bila Anda berkunjung untuk menikmati keindahan danau dengan memakai perahu sambil memancing bersama keluarga.

  1. Gunung Pancar

Wisata Gunung Pancar Bogor

 

Paling tidak ada bermacam jenis tempat wisata yang dapat Anda kunjungi saat berada di Gunung Pancar. Tempat ini kerap dipakai sebagai tempat hiking, camping, jogging, sampai berkuda, kegiatan  ini cocok untuk anda yang hobi berwisata alam. Di area Gunung Pancar, Anda bisa memandangi panorama hutan lindung alami pohon pinus, ditambah lagi banyak terdapat satwa yang hidup liar di area ini. Tak jauh dari sana, ada juga pemandian air panas gunung pancar yang mata airnya mengalir alami.

Demikianlah beberapa tempat wisata di bogor yang bisa anda kunjungi saat liburan akhir pekan. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi Tempat Wisata di Bogor yang Wajib Anda kunjungi
5 (100%) 1 vote

Leave a Reply

Creampie