Rekomendasi Tempat Wisata di Purwakarta yang Harus Dikunjungi

Rekomendasi Tempat Wisata di Purwakarta – Purwakarta adalah sebuah kota kecil di Jawa Barat yang dihimpit oleh kota besar di Indonesia yakni Jakarta dan Bandung. Meskipun termasuk kota kecil, namun pertumbuhan ekonomi dan wisata di kota ini cukup pesat sehingga membuat Purwakarta menjadi cukup populer di kalangan masyarakat. Selain terdapat banyak industri yang berdiri di kota ini, Purwakarta juga memiliki berbagai tempat wisata yang terkenal dan hits di kalangan anak gaul Purwakarta dan sekitarnya. Nah, apabila anda sedang mencari tempat berlibur di Purwakarta yang kekinian, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Purwakarta yang harus anda kunjungi.

Advertisements

Tempat Wisata di Purwakarta yang Hits

Air Mancur Taman Sri Baduga

air mancur taman sri baduga tempat wisata di purwakarta yang lagi hits

Tempat wisata di purwakarta yang lagi hits pertama yang bisa anda kunjungi ketika berada di Purwakarta adalah air mancur Taman Sri Baduga. Air mancur ini sudah sangat terkenal baik oleh masyarakat Purwakarta maupun di wilayah lainnya. Ini dikarenakan air mancur ini merupakan air mancur yang sangat indah dengan lampu yang berwarna-warni. Air mancur Taman Sri Baduga sekaligus menjadi air mancur terbesar di Indonesia, bahkan se Asia Tenggara. Selain air mancurnya yang besar, pertunjukan tarian air mancur juga menjadi pemandangan yang sangat indah di tempat ini. Setiap malam minggu, air mancur akan melakukan pertunjukan air mancur disertai dengan gemerlap lampu yakni pada jam 7 malam sampai jam 9 malam. Sangat wajar jika pada malam minggu, tempat wisata yang satu ini akan sangat ramai dikunjungi oleh pengunjung yang ingin melihat pertunjukan air mancur Taman Sri Baduga. Apabila anda datang pada malam hari, sebaiknya siapkan kamera dengan kualitas foto yang baik pada malam hari agar hasil foto selfie anda lebih bagus.

Curug Cipurut

tempat wisata purwakarta curug cipurut

Bagi anda yang bosan dengan suasana kota yang bising, mungkin anda membutuhkan liburan ke tempat yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Salah satu tempat wisata di Purwakarta yang bisa anda kunjungi untuk menghilangkan kejenuhan adalah curug Cipurut yang berada di kaki Gunung Burangrang. Di air terjun yang satu ini, anda bisa bersantai menikmati sejuknya suasana pegunungan sambil mendengarkan gemercik suara air terjun yang asri. Semua itu semakin sempurna dengan segarnya air terjun yang memanjakan mata. Anda bisa melepas lelah setelah perjalanan dengan mencuci muka di air terjun ini. Bagi anda yang ingin mengunjungi air terjun Cipurut, anda bisa melakukan perjalanan menuju ke terminal Wanayasa, kemudian dilanjutkan perjalanan ke arah Pasar Wanayasa dan dilanjut dengan berjalan kaki menuju ke Curug. Untuk anda yang suka berada di alam bebas, anda bisa menginap di sekitar air terjun dengan mendirikan tenda dan membawa perbekalan yang cukup. Tentu dengan camping di sekitar air terjun akan memberikan pengalaman yang berbeda.

Gunung Cupu

tempat wisata di purwakarta gunung cupu

Menikmati suasana Purwakarta dari ketinggian memang memiliki keindahan tersendiri. Anda bisa melihat indahnya pemandangan dari atas sekaligus menikmati udara yang bersih. Di Purwakarta, ada salah satu tempat untuk melihat pemandangan Purwakarta dari ketinggian yaitu Gunung Cupu yang berada di daerah Plered. Sebenarnya Gunung Cupu merupakan sebuah bukit dengan ketinggian 300 meter diatas permukaan laut. Gunung Cupu sendiri memiliki karakteristik bebatuan yang cukup banyak dan besar. Karena tingginya yang hanya 300 mdpl, anda bisa mencoba trekking atau mendaki gunung ini meskipun anda adalah pemula. Perjalanan yang cukup melelahkan ini akan terbayar saat anda berada di atas puncak karena anda akan menemukan pemandangan yang luar biasa. Jangan lupa untuk membawa kamera agar koleksi fotomu tidak itu-itu saja.

Gunung Bangkok

rekomendasi wisata di purwakarta gunung bangkok

Advertisements

Di dekat Gunung Cupu, ada gunung lainnya yang juga bisa anda naiki yakni Gunung Bangkok dengan ketinggian 975 meter diatas permukaan laut. Karena gunung ini memiliki ketinggian yang lebih tinggi dari Gunung Cupu, tentu anda akan membutuhkan tenaga ekstra untuk bisa sampai ke puncaknya. Perjalanan yang melelahkan tersebut tidak akan sia-sia karena saat anda sampai di puncak, maka anda akan disuguhkan pemandangan gunung yang sangat indah yaitu pemandangan waduk Jatiluhur dan Gunung Parang dari ketinggian. Di Gunung Bangkok, ada 2 alternatif puncak yang bisa anda datangi yakni puncak Batu Tumpuk dan Puncak Datar. Jika anda ingin melihat pemandangan dari atas pohon gardu pandang, pilihlah puncak Batu Tumpuk karena sensasinya lebih terasa. Namun jika anda ingin bersantai sambil tiduran diatas puncak, anda bisa memilih mengunjungi Puncak Datar karena disana terdapat pemandangan yang tak kalah indah.

Kuburan Kereta Api Stasiun Purwakarta

wisata kuburan kereta api purwakarta

Bosan dengan foto instagrammu yang itu-itu saja? Yuk update foto instagrammu dengan hunting foto di Stasiun Purwakarta. Di stasiun Purwakarta terdapat salah satu spot foto yang instagenik dan sering dijadikan latar belakang foto instagram. Lokasi tersebut adalah tumpukan bangkai gerbong kereta api yang ada di dekat stasiun. Nah, anda bisa berfoto di depan tumpukan gerbong kereta tersebut untuk diupload di sosial media. Pasti akan banyak orang yang like fotomu karena pemandangannya yang unik dan jarang ditemukan di wilayah lain. Sekadar info, tumpukan gerbong kereta api tersebut merupakan gerbong kereta yang sudah tidak terpakai baik karena rusak atau karena sudah diganti dengan yang baru. Alhasil, gerbong yang sudah tidak dipakai tersebut ditumpuk di tempat itu dan menghasilkan pemandangan yang unik. Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai list destinasi wisata kamu di Purwakarta.

Mata Air Cisaladah

wisata mata air cisaladah di purwakarta

Tempat wisata di Purwakarta yang satu ini wajib menjadi destinasi liburan saat akhir pekan di Purwakarta. Pasalnya, tempat wisata yang berlokasi di kecamatan Bojong ini masih sangat asri dan memiliki air yang jernih. Letaknya cukup jauh dari kota Purwakarta, jadi bagi anda yang ingin melakukan perjalanan menuju tempat ini sebaiknya siapkan perbekalan dan fisik yang cukup. Dari kecamatan Bojong, anda masih harus melakukan perjalanan 2 kilometer menuju kaki Gunung Burangrang sebelum sampai ke mata air ini. Mata Air Cisaladah termasuk mata air yang masih dikeramatkan oleh masyarakat sekitar, jadi apabila anda datang ke tempat ini sebaiknya ijin dulu ke warga sekitar dan bertanya terlebih dulu kolam sebelah mana yang bisa dipakai untuk mandi / berenang.

Sungai Cidomas

sungai cidomas wisata hits di purwakarta

Ada satu lagi tempat wisata di purwakarta yang lagi hits dan bisa anda kunjungi ketika berada di Purwakarta yaitu Sungai Cidomas yang berlokasi di kampung Babakan, desa Garokgek, kecamatan Kiarapedes. Sungai ini masih sangat asri dan alami sehingga airnya masih jernih dan segar untuk mandi. Di pinggiran sungai terdapat banyak bebatuan yang membuat sungai ini terlihat lebih indah serta terdapat pancuran dari bambu. Di sungai Cidomas, anda bisa melakukan berbagai kegiatan seperti berenang atau menelusuri sungai. Namun anda wajib menjaga keindahan sungai ini dengan tidak membuang sampah sembarangan di aliran sungai.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Purwakarta yang bisa anda kunjungi. Dengan mengetahui beberapa lokasi tempat wisata tersebut, tentu anda akan lebih mudah untuk mencari tempat wisata di Purwakarta yang sedang hits dan ramai di instagram.

Rekomendasi Tempat Wisata di Purwakarta yang Harus Dikunjungi
Beri rating

Leave a Reply

Creampie