Serunya Berwisata Aneka Satwa dan Tanaman Hias di Pasty Jogja

Wisata Aneka Satwa dan Tanaman Hias Pasty Jogja – Pasty jogja yang merupakan Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta ini, disingkat pasty yang awalnya adalah satu nama tempat di sudut kota Jogja. Tempat penjualan satwa dan tanaman ini pasti seru untuk dikunjungi. Apa saja keistimewaan dari tempat ini? Sesuai namanya, tempat inilah di mana kita bisa membeli atau sekedar melihat-lihat berbagai aneka satwa, flora dan fauna. Saking istimewanya tempat wisata jogja ini, seringkali turis asal mancanegara menyempatkan jalan-jalan ke pasty jogja ini di sela-sela wisatanya di kota gudeg tercinta ini.

Advertisements

Tips Berkunjung Ke Pasty Jogja

pasty jogja

Pasty Jogja yang terkenal sebagai Pasar Burung di daerah Dongkelan, Jalan Bantul Km 1 Yogyakarta sebenarnya pindahan dari pasar Ngasem. Berkaitan relokasi lahan pasar untuk penataan kota, sehingga pasar hewan ngasem yang sudah cukup terkenal berada di daerah ngasem dekat Tamansari, Yogyakarta mesti dipindahkan ke Dongkelan.

Lokasi baru ini lebih tertata dengan baik, dan dengan banyak pepohonan di sekeliling area pasty jogja, menjadikan tempat ini juga lebih adem dan lebih enak buat jalan-jalan.

Pasar burung Pasty Yogyakarta terbagi menjadi dua zona yaitu zona satwa yang berada di sebelah timur jalan Bantul dan zona tanaman hias di sebelah barat jalan. Area pasar satwa serta tanaman hias ini juga sudah dilengkapi gazebo-gazebo yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang istirahat. Juga terdapat food court yang bisa dikunjungi untuk memesan aneka menu makanan jika perut kita sudah terasa lapar.

Penataan ruang pasar Pasty juga sudah sangat bagus dan modern. Pasar ini bukan seperti pasar kebanyakan yang kumuh, kotor dan becek saat hujan. Jika mengunjungi pasar ini maka kita akan mendapatkan kenyamanan saat berjalan menyusuri kios-kios para penjual. Pasar Pasty ini cukup bersih dan indah tertata dengan apik.

Filosofi Pasty Jogja, antara Orang Jogja Dan Burung

Kenapa pasar Pasty Jogja ini begitu terkenalnya? Ini ada berhubungan dengan kesenangan orang Jogja dengan hewan burung. Sampai ada istilah pria Jogja setelah punya rumah, kendaraan, pekerjaan, istri, yang terakhir, agar hidupnya sempurna harus pelihara burung.

Karena itulah setiap harinya ada saja orang Jogja datang ke pasty ini untuk tawar-menawar burung agar menyempurnakan hidupnya.

Melihat Aneka Hewan Di pasty, pasar Hewan jogja

Meski terkenal sebagai pasar burung, pasty jogja bukan melulu tentang burung, banyak hewan lain yang juga ada di pasty jogja. Ikan, aneka warna beserta peralatan aquarium pun banyak dijumpai. Ayam berbagai jenis mulai dari ayam ketawa sampai anak ayam yang dicat juga ada. Bahkan sampai hewan aneh seperti burung hantu atau tokek serta hewan buas juga ada di sini.

Pasty jogja yang terbagi menjadi dua bagian yang terpisah oleh jalan Bantul, yaitu untuk tanaman hias di sisi barat dan pasty jogja pasar satwa di sisi timur. Kita harus menyebrang jalan jika ingin berjalan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Advertisements

Menikmati Jalan-jalan Di pasty Jogja

Pasty jogja sebagai tempat yang menarik untuk dikunjungi para pecinta hewan dan tanaman hias, memiliki banyak koleksi. Dalam lokasi tanaman hias saja, saat ini telah terdapat sekitar 30 stan tanaman. Stan tanaman itu koleksinya lengkap meski tidak di pamerkan semua karena terbatasnya luas lokasi. Mereka juga melayani pemesanan berbagai tanaman hias, baik untuk membuat taman maupun sekedar hobi mengoleksi.

Sedangkan untuk bagian pasar burung bentuknya seperti pemukiman namun dengan rumah-rumahnya yang menjual hewan. Jika bermain seharian di tempat ini kita tidak menjadi bosan karena fasilitas di Pasty yogyakarta yang lumayan lengkap. Tersedia juga sarana toilet dan musholla.

Menikmati Angkringan Di Pasty Jogja

Saat perut kosong setelah lelah berkeliling, kita bisa menikmati menu sederhana khas Jogjakarta di Angkringan pasty yogyakarta. Letaknya di selatan pasar satwa. Menu nasi kucing serta beragam makanan lain siap dinikmati dan disantap. Ditambah juga segelas es teh manis atau minuman lain bisa menjadi pelepas dahaga setelah lelah berjalan mengelilingi wisata tanaman hias jogja ini.

Jangan khawatir meski letaknya dekat pasar satwa, angkringan pasty jogja ini tempatnya bersih dan nyaman. Letaknya pun tak terlalu dekat dengan stan hewan, jadi cukup aman untuk makan. Duduk-duduk di tikar dekat angkringan menikmati makanan, sambil berbincang dengan teman tentu sangat seru dan menyenangkan.

Tips Berkunjung Ke Pasty Jogja

Jika kita datang ke sini sebaiknya siang hari. Karena pasar ini tutup saat malam hari. Maklum hewannya juga butuh tidur dan istirahat. Siapkan juga kamera sebab ada banyak hewan yang bisa difoto di sini. Banyak Bule juga, jika ingin selfie foto dengan bule. Buat pecinta hewan harus banyak bersabar dan kuatkan hati, soalnya biasanya melihat semua yang ada di sini jadi ingin dimiliki. Kucingnya imut-imut dengan beraneka warna, bentuk dan rupa yang lucu. Hari libur biasanya pengunjung lebih ramai, jadi kalau ingin datang ke Pasty pasar hewan Jogja lebih baik pas sepi saat hari kerja, Senin sampai Jumat.

Membeli hewan Di Pasty Jogja

Sebelum pulang, mungkin kita ingin membeli salah satu hewan untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Di sini kita mesti bisa tawar-menawar karena yang namanya pasar, harga relatif juga.

Kesimpulan akhirnya, wisata di Pasty Jogja ibarat miniatur kebun binatang di kota Jogja. Begitu banyak hewan yang ada, dan melihatnya semua gratis. Kalau kita sedang jalan-jalan di kota jogja dan main ke Tugu Jogja, alangkah menyenangkan jika menyempatkan juga untuk mampir ke pasty jogja, siapa tahu bertemu hewan peliharaan impian di sini.

Serunya Berwisata Aneka Satwa dan Tanaman Hias di Pasty Jogja
5 (100%) 1 vote
Tags: hewan hiasan yang ada diselatan, PASTY - Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta Indonesia

Leave a Reply