Stone Garden Bandung Spot Keren Para Instagramers

Stone Garden adalah nama keren dari sebuah kawasan wisata di daerah Padalarang, Bandung. Meskipun terdapat kata “garden” dari nama tempat ini yang artinya taman tapi jangan harap kamu akan menemui bunga-bunga atau pepohonan rindang nan teduh di sini. Yang ada di sini cuma batu (Stone) !

Advertisements

Tapi jangan salah. Meskipun cuma berisi batu-batuan, taman batu ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga sempat menjadi trend para wisatawan kekinian yang senantiasa update dengan munculnya tempat-tempat unik seperti ini.

Pada awalnya tempat ini dulu di sebut dengan nama Pasir pawon karena letaknya yang berada di wilayah Gunung Pawon. Namun saat ini lebih populer dengan nama Stone Garden. Ada juga yang menyebutnya dengan sebutan Stone Garden Bandung atau Stone Garden Citatah. Semua nama itu merujuk pada satu tempat yang sama.

stone garden, stone garden padalarang, stone garden bandung, stone garden citatah, stone garden geopark, stone garden geopark bandung, alamat stone garden bandung

Pemandangan dari puncak terlihat seperti taman bebatuan karang

Lokasi Stone Garden Bandung

Stone Garden terletak di daerah Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit Kecamatan Cipatat.

Letaknya sekitar 28 KM dari Kota Bandung dan 30 KM dari Lembang.

Secara geografisnya spot keren ini terletak di puncak Gunung Pawon yang berada pada ketinggian 709 mdpl.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa perhatikan peta berikut ini:

Cara Menuju Ke Stone Garden

Untuk bisa sampai di lokasi sebenarnya tidaklah sulit. Untuk itu kami akan coba berikan beberapa petunjuk yang mungkin bisa kamu jadikan acuan.

Jika kamu dari Jakarta, kamu bisa melewati Tol Cipularang menuju Padalarang. Setelah keluar dari pintu tol Padalarang teruskan perjalanan menuju ke Cipatat – Gunung Masigit. Jarak tempuh dari Padalarang ke lokasi sekitar 6 KM. Alternatif lain juga bisa melalui rute Cimahi – Padalarang – Cipatat.

Jika kamu dari Bandung, kamu bisa menuju ke lokasi Stone Garden dengan melewati Tol Cipularang dari arah Buah Batu, Pasteur, Kopo, atau Pasir. Kemudian keluar lewat pintu tol Padalarang. Teruskan perjalanan menuju Cipatat – Gunung Masigit.

Untuk lebih gampangnya, set saja GPS di smartphone kamu agar tidak tersesat. Lokasi Stone Garden sudah di flag di Google Maps dan sangat mudah untuk di temukan.

Apa Yang Menarik Dari Stone Garden Ini?

 

stone garden, stone garden padalarang, stone garden bandung, stone garden citatah, stone garden geopark, stone garden geopark bandung, alamat stone garden bandung

Keindahan Puncak Stone Garden Padalarang, Bandung

Ketika sampai di puncak kamu akan di suguhkan pemandangan bentang alam yang indah. Batuan kapur terhampar di sepanjang kawasan Citatah ini. Ada sebuah fakta menarik tentang asal usul batuan kapur yang ada di Stone Garden. Batu-batuan yang ada di sini terbentuk akibat aktifitas geologi alam yang terjadi pada zaman purbakala.

Advertisements

Hal ini sekaligus memperkuat fakta bahwa Bandung dahulunnya adalah sebuah danau besar. Mungkin kamu perlu membaca artikel Museum Geologi Bandung untuk mengetahui penjelasan lebih jelasnya tentang bukti-bukti Geologis bahwa Bandung dahulunya adalah sebuah Danau.

Oke kita kembali ke Stone Garden. Untuk bisa sampai di Puncak kamu harus mendaki dengan berjalan kaki dengan jarak tempuh yang lumayan, kurang lebih memakan waktu sekitar 30 menit.

Namun setelah sampai di spot semua letih akan terbayar dengan pemandangan lanscape yang sangat indah. Keindahan pemandangan di sini sempat menjadi trend di kalangan netizen terutama para instagramers.

Banyak mereka yang datang kemari karena tergoda dengan foto-foto cantik yang banyak di unggah.
Bahkan spot cantik di Bandung yang satu ini sempat di gadang-gadang sebagai salah tempat wisata di Indonesia yang mirip dengan wisata di luar Negeri. Banyak yang bilang kalau Stone Garden mirip dengan Christmas Island yang ada di Australia.

 

stone garden, stone garden padalarang, stone garden bandung, stone garden citatah, stone garden geopark, stone garden geopark bandung, alamat stone garden bandung

Chirstmas Island di Australia yang katanya mirip dengan Stone Garden. Mungkin mirip di beberapa spot, mungkin

Stone Garden juga sering di gunakan sebagai tempat sesi pemotretan prewedding, ada banyak sekali angle cantik yang bisa di eksplore. Para pecinta fotografi pasti paham. Oleh karena itu kamu yang suka hunting foto harus menjadikan tempat ini salah satu list spot hunting yang wajib dikunjungi.

Waktu terbaik untuk berkunjung kemari adalah pada pagi atau sore hari saat sunset. Pemandangan pada pagi hari sedikit berkabut namun udaranya masih sangat segar.

Jika datang di siang hari, tempat ini bisa sangat panas karena terik matahari langsung jatuh ke kepala kamu dan juga di sini hanya terdapat pondokan kecil tempat berteduh, tidak ada pepohonan melainkan hanya batu-batu yang menjulang. Jadi tidak di sarankan datang pada siang hari kecuali kamu memang berniat untuk berjemur.

Jika kamu datang pada sore hari dan sedang beruntung, kamu bisa mendapatkan bonus pemandangan sunset yang cantik. Tidak kalah dengan cantiknya sunset di Tebing Keraton.

Harga Tiket Masuk Ke Stone Garden

Harga tiket masuk: Rp. 10.000/orang

Jam Buka: Mulai dari 06.00-17.00

Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk share dan berkomentar ya. Salam wisata !

Stone Garden Bandung Spot Keren Para Instagramers
5 (100%) 3 votes
Tags: stone garden, stone garden bandung, stone garden citatah, d stone garden, sunset di stone garden

Leave a Reply

Creampie