Tebing Keraton Dago Bandung Katanya Punya Sunrise Tercantik

Tebing Karaton atau ada juga yang menyebutnya dengan Tebing Keraton adalah salah satu objek wisata yang terbilang unik di Bandung. Sesuai dengan namanya, Tebing Keraton Dago adalah sebuah tebing yang ada di daerah Bandung Utara. Berkat sosial media maka tempat wisata yang terbilang masih baru ini dengan sangat cepat menjadi populer.

Advertisements

Asal Usul Tebing Keraton

Setiap destinasi pasti memiliki sejarah, begitu juga dengan Tebing Keraton. Walaupun tidak dramatis seperti Legenda Sangkuriang, namun Tebing Keraton juga memiliki cerita asal usul yang unik.

Nama Tebing Keraton sendiri sebenarnya adalah nama baru yang diberikan oleh seorang pria yang akrab disapa dengan panggilan Pak Asep.

Pada awalnya nama tebing ini adalah Tebing Jontor, karena bentuknya yang memang lebih condong atau menonjol kedepan. Kemudian sekitar awal tahun 2014 Pak Asep mengganti namanya menjadi Tebing Karaton atau yang biasa di eja dengan Tebing Keraton.

tebing keraton bandung, tebing keraton dago, tebing keraton dago bandung, foto paling indah tebing keraton, foto terbaru tebing keraton, foto tebing keraton

Tebing Keraton Bandung

Tebing dalam bahasa sunda disebut Gawir, yang bisa diartikan sebagai sebuah tempat yang tinggi di tepi jurang. Sedangkan Keraton artinya kemegahan dan kemewahan. Tapi sang penemu tidak menuliskan Keraton, melainkan Karaton dengan alasan supaya ke-Sunda-annya lebih kental. Begitu.

Untuk lebih jelasnya, lihat foto tulisan singkat yang dibuat oleh Pak Asep tentang asal-usul pemberian nama Tebing Keraton berikut ini:

tebing keraton bandung, tebing keraton dago, tebing keraton dago bandung, foto paling indah tebing keraton, foto terbaru tebing keraton, foto tebing keraton

Asal Usul Tebing Keraton Bandung

Apa Yang Menarik Dari Tebing Keraton?

Banyak yang bilang kalau Tebing Keraton adalah tempat terbaik untuk mendapatkan foto-foto sunrise di Bandung. Indahnya pemandangan alam saat sunrise yang terlihat dari ketinggian adalah favorit mereka yang datang ke Tebing Keraton.

tebing keraton bandung, tebing keraton dago, tebing keraton dago bandung, foto paling indah tebing keraton, foto terbaru tebing keraton, foto tebing keraton

Hunting sunrise di Tebing Keraton Bandung (foto dari: @ikhsaneffendi)

Tebing keraton berada pada ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut, sehingga pemandangan hutan yang terbentang luas dengan pepohonan yang hijau, lembah-lembah, dan gunung berpadu menjadi view terbaik di tempat ini.

Pemandangan alam yang tidak kalah dengan Upas Hill yang ada di sekitar kompleks Wisata Gunung Tangkuban Perahu

tebing keraton bandung, tebing keraton dago, tebing keraton dago bandung, foto paling indah tebing keraton, foto terbaru tebing keraton, foto tebing keraton

Spot berfoto favorit di Tebing Keraton

Pada pagi hari saat matahari terbit adalah waktu yang paling tepat untuk mendapatkan foto-foto yang sangat bagus. Pemandangan matahari yang baru muncul berpadu dengan hijaunya hutan yang masih di tutupi kabut putih akan memberikan kamu foto-foto yang sangat cantik di Tebing Keraton.

Jika di Farmhouse Lembang kamu bisa selfie di rumah Bilbo dan Frodo si Hobbit, maka di Tebing Keraton Kamu bisa berfoto dengan latar belakang kanvas raksasa lukisan alam mahakarya Tuhan.

Advertisements

Spot paling favorit untuk berfoto di Tebing Keraton terletak di sebuah batu yang terletak di tepi jurang.

tebing keraton bandung, tebing keraton dago, tebing keraton dago bandung, foto paling indah tebing keraton, foto terbaru tebing keraton, foto tebing keraton

Keindahan Tebing Keraton (foto dari: @dany_ramdany)

Catatan: Karena Tebing Keraton saat ini sudah di beri pagar pembatas, maka sebenarnya tempat ini menjadi spot ilegal karena kita harus keluar pagar pembatas untuk bisa berfoto diatas batu ini. Tanggung resiko masing-masing jika kamu tetap ingin berfoto di tempat ini.

Lokasi Wisata Tebing Keraton Dago

Tebing Keraton Dago terletak di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H Djuanda, wilayah Dago atas tepatnya di Desa Ciburial sekitar 13KM dari Stasiun Bandung.

Lokasi Tebing Keraton sudah mengalami banyak perubahan sejak pertama kali di buka.

Pada bulan Oktober 2015 lalu tempat wisata yang sedang hits di Bandung ini sempat di tutup oleh pihak Balai Pengelolaan Tahura. Penutupun Tebing Keraton dilakukan dengan alasan revitalisasi kawasan hutan dan vegetasi. Selain itu juga pihak pengelola menuturkan jika penutupan Tebing Keraton bertujuan untuk pemulihan flora dan fauna yang ada di Taman Hutan Raya.

Cara Menuju Tebing Keraton Dago

Untuk bisa sampai di lokasi wisata Tebing Keraton kamu bisa mengikuti rute berikut ini. Yang paling mudah kamu bisa berangkat dari Stasiun Bandung kemudian menuju ke Jalan Ir H Juanda terus saja ke arah ITB. Setelah melewati Jalan Layang Pasopati kamu akan sampai di Terminal Dago.

Dari Terminal Dago lurus saja kemudian akan bertemu dengan jalan yang bercabang dua, jalan sebelah kiri menuju Dago Giri, sedangkan yang kanan menuju Bukit Dago Pakar, masuk ke jalan yang sebelah kanan.

Terus saja nanti akan ada Indomaret disebelah kiri jalan. Tidak jauh dari Indomaret itu kamu akan ketemu dengan simpang tiga, nah ambil jalan sebelah kiri ke arah Taman Hutan Raya Ir. Juanda.

Ikuti saja jalan menuju Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda, nanti setelah melewati THR Ir H Djuanda akan ada simpang tiga lagi, ambil jalan sebelah kanan ke arah Bukit Pakar Utara

Terus saja ikuti jalan, nanti tidak begitu jauh akan bertemu lagi dengan jalan cabang dua, ambil jalan sebelah kanan. Jalan disini sedikit menanjak dan kondisi jalan juga masih dalam perbaikan, masih banyak bagian jalan yang rusak dan berlubang.

Setelah beberapa ratus meter nanti akan bertemu dengan Warung Bandrek, tidak jauh dari warung itu ada jalan yang bercabang dua lagi, ambil jalan yang sebelah kiri.

Jika sudah sampai di jalan ini maka kamu sudah tidak jauh dari Tebing Keraton, setelah melewati pemukiman warga ikuti terus jalan tersebut sampai mentok. Tidak jauh akan ada belokan ke kiri, ambil jalan tersebut terus saja hingga bertemu gapura pintu masuk ke Tebing Keraton.

Tips Berkunjung Ke Tebing Keraton Dago

Bawalah jaket dan sepatu, karena trek lumayan terjal dan banyak bebatuan jika berjalan kaki, selain itu juga hawa di atas tebing juga lumayan dingin. Jaket juga mencegah agar kulit tidak gosong karena hawa yang dingin menyebabkan sinar matahari tidak begitu terasa tapi tetap saja bisa menghitamkan kulit.

Jika harus naik ojek sampai ke lokasi tarifnya lumayan mahal, sekitar 50 – 100 ribu per orang, pandai-pandai saja menawar jika memang harus naik ojek.

Tetap berhati-hati saat asik selfie, karena tebing ini sangat curam. Terutama saat kamu ngotot untuk berfoto di batu yang jadi spot favorit di Tebing Keraton karena tempatnya memang lumayan ekstrim.

Di Tebing Keraton belum ada disediakan tempat menginap, jadi sebaiknya reservasi penginapan dahulu di daerah Dago yang terdekat.

Tebing Keraton buka dari jam 05.00 – 18.00, sebaiknya datang sebelum matahari terbit saja untuk melihat sunrise. Karena kalau datang sore hari pemandangan kurang bagus karena sunset tidak begitu terlihat dari sini.

Harga Tiket Masuk Tebing Keraton

Tiket masuk 10 ribu plus seribu rupiah untuk asuransi. Biaya parkir motor 5 ribu dan mobil 10 ribu.

Jam buka 08.00 – 18.00

Tertarik untuk kesini?

Beri nilai artikel ini

Tebing Keraton Dago Bandung Katanya Punya Sunrise Tercantik
4.3 (86.9%) 29 votes
Tags: tebing keraton, tebing keraton bandung, tebing keraton sunrise, tebing kraton, tebing

Leave a Reply