10 Tips Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi Dengan Aman

Mudik adalah dambaan setiap orang yang tinggal jauh dari kampung halamannya. Di Indonesia, mudik pada saat hari raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi yang dilakukan setiap tahunnya.

Advertisements

Bagi mereka yang bekerja atau kuliah di tempat yang jauh dari kampung halamannya, mudik adalah suatu kebahagiaan tersendiri karena bisa berjumpa dengan sanak saudara setelah sekian lama berjauhan.

tips mudik aman, jalur mudik aman, foto mudik, foto mobil mudik, ,mobil untuk mudik

Khusus untuk kamu yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, simak beberapa tips mudik aman menggunakan kendaraan pribadi berikut ini:

1. Istirahat Yang Cukup Sebelum Berangkat

Ini adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Seperti yang kita ketahui jika berkendara dengan jarak tempuh yang jauh membutuhkan energi yang ekstra. Oleh karena itu istirahat yang cukup wajib kamu lakukan sebelum melakukan perjalanan mudik.

Pastikan kamu tidur dengan nyenyak minimal 6-8 jam. Kualitas tidur yang baik akan memberikan efek pada kebugaran keesokan harinya. Hal ini sangat berguna untuk menjaga kamu agar tetap fokus saat berkendara.

2. Pastikan Rumah Dalam Keadaan Aman

Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada rumah dan properti yang ditinggalkan pada saat mudik pastikan rumah terkunci dengan baik. Cek dua kali tiap-tiap pintu dan jendela yang ada di rumah.

Begitu pula dengan kendaraan seperti sepeda motor yang ditinggalkan, gunakanlah kunci pengaman ganda agar kendaraan aman pada saat kamu mudik. Selain itu juga mintalah pertolongan kepada tetangga di sekitar rumah, mintalah bantuan untuk sesekali mengawasi rumah kamu.

3. Cek Kondisi dan Kelengkapan Kendaraan

Sangat penting sekali untuk memastikan kendaraan yang kamu gunakan berada pada performa terbaiknya. Lakukan servis kendaraan yang akan digunakan untuk memastikan semua bagian-bagian penting kendaraan berfungsi dengan baik.

Bagi yang menggunakan sepeda motor, pastikan tekanan angin pada ban motor tidak kurang karena hal ini dapat mengganggu keseimbangan dan menjadikan ban mudah bocor. Selain itu periksalah oli mesin, bagian gir, rantai, dan rem motor kamu, pastikan semua dalam kondisi yang ok.

Untuk yang mudik menggunakan mobil hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah kondisi bagian kontrol utama mobil kamu seperti stir, tuas persneling, pedal rem, kopling, dan gas. Pastikan semua bagian tersebut dalam kondisi yang ok. Selain itu juga periksalah tekanan angin pada ban, bawalah ban serep untuk mengantisipasi terjadinya bocor ban dalam perjalanan.

Persiapkan juga alat-alat perbengkelan ringan seperti dongkrak, floor pump, kunci inggris atau kunci pas, obeng, dan tang. Surat-surat kelengkapan kendaraan dan surat izin mengemudi juga jangan lupa untuk dibawa.

4. Tentukan Rute Mudik Terbaik

Sebelum memulai perjalanan mudik ada baiknya kamu mengikuti update berita yang mengulas seputar informasi arus mudik baik di Televisi ataupun portal berita lainnya. Hal ini akan membantu kamu untuk menentukan pilihan jalur mudik terbaik gara mudik menjadi aman dan lancar.

5. Persiapkan Obat-obatan & P3K Box

Pastikan obat-obatan dan kotak P3K selalu tersedia. Seperti yang kita ketahui bahwa ada beberapa orang yang memiliki gangguan kesehatan pada saat melakukan perjalanan darat dengan mobil yang biasa kita kenal dengan mabuk darat.

Orang yang mabuk darat biasanya akan mengalami gejala seperti pusing, mual dan muntah-muntah. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan kamu saat mudik, oleh karena itu antisipasi terjadinya hal ini dengan mengkonsumsi obat anti mabuk terlebih dahulu sebelum mudik.

Advertisements

6. Bawa Uang Tunai

Bawalah uang tunai dalam jumlah yang cukup. Kamu bisa melakukan perhitungan perkiraan berapa uang tunai yang kira-kira dibutuhkan selama perjalanan. Seperti yang kita ketahui arus mudik terutama di kota-kota besar sering mengalami kemacetan panjang yang bisa memakan waktu sangat lama.

Hal ini menyebabkan uang tunai menjadi sangat penting, sebagai contoh ketika kamu terjebak macet dan bekal makanan yang dibawa habis sementara tempat makan yang bisa kamu jangkau hanyalah pedagang keliling maka uang tunailah satu-satunya pilihan pembayaran yang bisa kamu andalkan. Lain ceritanya jika ada pedagang keliling yang menyediakan pilihan pembayaran lewat internet banking atau mesin debit.

Sediakan juga uang tunai pecahan kecil dalam jumlah yang cukup untuk membayar tol atau wc umum. Pembayaran uang dalam pecahan besar di pintu tol hanya akan memperlambat transaksi dan dapat menyebabkan kemacetan. Pertimbangkanlah hal ini.

7. Smartphone & Powerbank

Smartphone adalah teknologi dalam genggaman yang memiliki banyak sekali kegunaan. Pada saat mudik berbagai aplikasi pada smartphone seperti maps dan aplikasi navigasi lain akan sangat berguna. Bawalah juga powerbank yang sudah terisi penuh untuk menjaga smartphone agar tetap hidup.

8. Paket Internet Dengan Provider Tangguh

Untuk menunjang performa smartphone kamu, gunakanlah provider telekomunikasi yang tangguh. Karena pada tempat-tempat yang jauh dari kota biasanya provider yang tidak tangguh akan kehilangan sinyal. Hal ini akan menyulitkan kamu untuk berkomunikasi terutama saat terjadi hal tidak terduga dan kamu membutuhkan bantuan. Jika kehilangan sinyal, smartphone bisa apa?

9. Patuhi Aturan Lalu Lintas & Utamakan Keselamatan

Agar mudik tetap nyaman dan aman selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada. Jangan sekali-sekali melanggar rambu yang ada. Kelalaian semacam inilah yang seringkali menyebabkan terjadinya kecelakaan saat mudik.

Jaga juga jarak aman pada saat berkendara. Selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan lain yang ada di depan menjadi sangat penting saat kamu mudik, seperti yang ktia ketahui bahwa respon manusia dan reaksi mekanik pengereman memiliki selisih waktu yang jauh. Respon manusia lebih lambat daripada reaksi mekanik pengereman.

Dengan adanya jarak aman, kamu memiliki waktu untuk merespon pengereman mendadak kendaraan yang ada di depan kamu untuk menghindari terjadinya tabrakan.

10. Istirahat Saat Lelah Atau Mengantuk

Dalam menyetir atau mengendarai sepeda motor, biasanya tiap-tiap orang memiliki batasan daya tahan yang berbeda-beda. Umumnya setelah berkendara selama sekitar 4-6 jam tubuh akan merasa letih dan mata mulai mengantuk. Sangat disarankan untuk beristirahat sejenak dan jika memungkinkan tidurlah paling tidak 30 menit.

10 Tips Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi Dengan Aman
4.5 (90%) 4 votes
Tags: content, pintu masuk cikole pandeglang

Leave a Reply

Creampie