Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Jogjakarta

Wisata Alam Kalibiru adalah salah satu objek wisata yang patut kamu masukkan ke dalam daftar kunjungan saat jalan-jalan ke Jogja. Tempat ini memiliki pesona yang bakal bikin kamu fresh lagi. Objek wisata alam di Jogja ini sebenarnya adalah sebuah Hutan yang dikelola oleh masyarakat setempat sehingga di sebut juga dengan Hutan Kemasyarakatan Kalibiru.

Advertisements

Desa Wisata Kalibiru

Desa Wisata Kalibiru terbentuk dari perpaduan antara wisata alam dengan budaya lokal yang terkenal sangat menarik. Baik dari segi pertanian, kesenian, peternakan, dan berbagai atraksi budaya.

Masyarakat setempat juga di kenal dengan keramahan dan kesantunannya. Sehingga tak heran bila para pengunjung akan merasa sangat nyaman bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.

Perpaduan keindahan alam dan budaya inilah yang pada akhirnya membentuk sebuah destinasi wisata yang mulai menarik banyak wisatawan dari berbagai penjuru, yang dinamakan Desa Wisata Kalibiru

Keindahan dan Pesona Alam di Kalibiru

wisata kalibiru, menara pohon kalibiru, pemandangan dari atas puncak menara pandang kalibiru, wisata alam kalibiru

Keindahan pemandangan wisata alam kalibiru

Jika Anda ingin melepas penat di akhir pekan dan Anda berencana untuk liburan ke Jogja, mungkin tempat ini tidak salah jika menjadi salah satu rekomendasi destinasi liburan Anda. Panorama alam dan udaranya yang segar dijamin akan memberikan nuansa baru yang membuat Anda merasa sangat lega.

wisata kalibiru, menara pohon kalibiru, pemandangan dari atas puncak menara pandang kalibiru, wisata alam kalibiru

wisata kalibiru, menara pohon kalibiru, pemandangan dari atas puncak menara pandang kalibiru, wisata alam kalibiru

Lokasi Wisata Alam Kalibiru

Kalibiru terletak di daerah perbukitan Menoreh Kulonprogo pada ketinggian 450 mdpl. Lokasinya berada pada sebuah desa yang asri bernama Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap Kabupaten Kulonprogo.

Lihat lokasi Kalibiru di maps

Tempat ini terletak di atas Waduk Sermo, satu-satunya waduk yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika Anda sudah mencapai puncak, dari atas Anda dapat melihat pemandangan hamparan waduk sermo yang di kelilingi hamparan hijau dan perbukitan.

Cara Menuju Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru beralamat di Jalan Sermo-Kalibiru, Hargowilis, Kokap. Untuk bisa sampai di lokasi ada beberapa rute yang bisa Anda tempuh.

Jika Anda berangkat dari Kota Jogja, maka akan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 Jam dengan jarak tempuh sekitar 45 Km.

Rute Menuju Kalibiru Dari Malioboro

Untuk bisa sampai ke Kalibiru dari Malioboro, Anda bisa menggunakan jalur Malioboro – Purworejo. Anda harus berkendara mengikuti jalur ini hingga sampai di Terminal Wates, Purworejo. Setelah Anda sampai di Terminal Wates, masuk ke jalan ke arah Waduk Sermo. Anda akan menemukan papan petunjuk jalan yang menunjukkan arah ke Waduk Sermo.

Advertisements

Rute Menuju Kalibiru Dari Sermo

Setelah Anda masuk ke jalur menuju Waduk Sermo, teruslah berkendara menuju Sentolo. Setelah Anda melewati Jembatan Bantar yaitu jembatan yang terdiri dari 3 jembatan berjajar, Anda akan sampai di Stasiun Sentolo.

Dari sana Anda akan melihat petunjuk jalan ke arah Pengasih – Wates. Ambil jalan itu untuk menuju ke Kalibiru.

Peta Wisata Kalibiru

Untuk memudahkan Anda menuju tempat ini, berikut ini peta yang bisa Anda jadikan panduan

peta wisata kalibiru

Credit: http://wisata-kulonprogo.blogspot.co.id

Harga Tiket Masuk Kalibiru

Untuk bisa masuk ke tempat wisata kalibiru, Anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp. 5000 dan biaya parkir motor Rp. 2000, mobil Rp. 5000.

Dengan harga yang sangat-sangat murah tersebut Anda sudah bisa menikmati keindahan alam yang di jamin tidak Anda temui di Kota tempat Anda tinggal.

Fasilitias dan Wahana di Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru saat ini telah mendapatkan pengelolaan yang cukup baik. Berbagai fasilitas sudah mulai dilengkapi untuk menunjang kenyamanan para pengunjung yang datang. Di Kalibiru sudah ada tempat parkiran yang luas, kedai makanan dan minuman, fasilitas toilet yang sudah cukup baik, dan beberapa gazebo untuk bersantai.

Tak kalah menarik: The Lodge Maribaya Lembang

Selain itu di tempat ini juga ada beberapa fasilitas wahana outbond, camping ground dan homestay yang juga bisa Anda pakai. Salah satu wahana terbaik menurut saya ada di atas menara pandang yang terletak di atas pohon. Dari sini Anda bisa melihat pemandangan luar biasa memukau. Pemandangan seluruh hutan yang hijau dengan waduk sermo berada di tengahnya terlihat sangat indah dari tempat ini.

wisata kalibiru, menara pohon kalibiru, pemandangan dari atas puncak menara pandang kalibiru, wisata alam kalibiru

Keindahan pemandangan wisata alam Kalibiru

Inilah salah satu spot paling favorit bagi pengunjung untuk berfoto. Jika Anda datang ke tempat ini, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mengabadikan beberapa foto dari atas sini. Untuk bisa naik ke atas menara pohon ini, Anda akan di kenakan biaya tambahan sebesar Rp. 10.000

Selamat berlibur dan salam wisata !

Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Jogjakarta
4.5 (90%) 4 votes
Tags: kalibiru, kali biru, wisata alam jogja kalibiru, wisata pemandangan alam, wisata alam jogja

Leave a Reply

Creampie