Beberapa Objek Wisata Ambarawa Yang Sangat Menarik Untuk Di Eksplore

Sobat traveler punya rencana mau jalan ke Semarang? Jangan lewatin untuk eksplore tempat-tempat wisata terbaik yang ada di ambarawa. Pokoknya sempetin deh buat mampir kesini. Wisata ambarawa ini terkenal dengan sejarah dan keindahan alamnya. Ditambah lagi dengan suasana pedesaan, pemandangan alam yang indah dan udara yang masih segar, wah bisa nggak mau pulang kalo sudah main kesini!

Advertisements

Berikut ini beberapa tempat wisata di ambarawa yang recommended buat kamu.

Rawa Pening, Hunting Foto Terbaikmu Disini

wisata ambarawa, danau rawa pening, kampung rawa, rawa pening ambarawa

Danau Rawa Pening Ambarawa

Apa yang unik dari rawa pening?

Rawa Pening adalah nama sebuah danau. Pening artinya bening, berasal dari salah satu bahasa Jawa. Dinamai demikian karena danau ini memang memiliki air yang bening. Di rawa pening kamu bisa menikmati pemandangan asri dengan latar belakang pegunungan.

Baca juga: Danau Kelimutu Ende, Mitos Dan Kenunikan Wisata Pulau Flores Yang Menakjubkan

Rawa pening di kelilingi oleh tiga gunung yaitu Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, dan Gunung Telomoyo. Tiga gunung ini menambah indah pemandangan di rawa pening. Membuat wisata ambarawa yang satu ini cocok banget buat kamu yang hobi hunting foto atau sekedar berselfie ria, karena ada banyak spot bagus yang bisa kamu eksplore.

Rawa pening menjadi tempat mencari ikan bagi warga sekitar, selain itu enceng gondok yang saat ini mendominasi sebagian besar permukaan rawa pening juga di manfaatkan warga setempat untuk membuat kerajinan tangan. Jika inign menelusuri rawa pening untuk memancing, kamu bisa menyewa perahu yang sudah disediakan.

Kampung Rawa, Sensasi Wisata Kuliner Di Rumah Makan Apung

wisata ambarawa, kampoeng rawa, kampung rawa, rumah apung kampoeng rawa

Rumah Apung Kampoeng Rawa

Ini dia objek wisata yang cukup favorit di ambarawa, kalau kamu berkunjung kesini jangan lupa untuk mampir ke rumah makan apung kampoeng rawa. Kamu bisa menikmati berbagai hidangan khas dengan bahan lokal yang berasal dari rawa pening seperti ikan gurame dan lele.
Sensasi makan di atas air didukung pemandangan yang indah, ditambah angin sejuk yang bertiup dijamin bakal membuat kamu betah berlama-lama di rumah makan kampoeng rawa ini. Cocok deh untuk dijadikan tempat makan romantis atau makan bersama keluarga.

Museum Kereta Ambarawa, Kereta Api Uap Tua Yang Langka

wisata ambarawa, museum kereta ambarawa, museum kereta api ambarawa

Kereta Api Uap Ambarawa

Pada awalnya museum kereta ambarawa ini adalah stasiun kereta api. Pada masanya stasiun kereta api ambarawa ini sempat berjaya, namun sekarang sudah tidak difungsikan lagi dan diubah menjadi museum. Sekarang museum ini menjadi wisata ambarawa favorit yang selalu ramai dikunjungi.

Advertisements

Di museum kereta ambarawa ini kamu bisa menemukan berbagai koleksi mulai dari perlengkapan kereta api, telepon dan bel antik, telegraf morse, dan barang-barang antik lainnya, yang merupakan peninggalan dari zaman penjajahan belanda.

Setelah puas melihat isi museum, kamu juga bisa merasakan sensasi naik kereta api ambarawa yang konon katanya hanya tersisa 3 buah di dunia ini. Museum kereta ambarawa melayani tour wisata dengan rute Ambarawa-Bendono dan Ambarawa-Tuntang, yang biasa disebut dengan Ambarawa railway mountain tour. Siapkan saja kocek tambahan untuk bisa merasakan tour wisata kereta api ambarawa ini.

Monumen Palagan Ambarawa, Wisata Ambarawa Penuh Sejarah

wisata ambarawa, monumen palagan ambara, museum palagan ambarawa

Monumen Palagan Ambarawa

Berkunjung ke wisata ambarawa yang satu ini bisa mengingatkan kita akan sejarah. Monumen Palagan Ambarawa didirikan untuk mengenang pertempuran palagan ambarawa, sebuah pertempuran melawan pasukan sekutu yang di pimpin oleh Jendral Sudirman pada tahun 1945 silam.

Selain monumen palagan ambarawa, di sini juga terdapat museum palagan ambarawa yang menyimpan berbagai peninggalan bersejarah dari zaman penjajahan Belanda dan Jepang. Di museum ini kamu bisa melihat langsung berbagai peralatan perang yang digunakan oleh tentara belanda dan jepang seperti seragam, senapan, dan helm baja.

Museum palagan ambarawa juga menyimpan peninggalan seragam tentara indonesia, bambu runcing dan bom molotov yang dipakai dalam pertempuran. Bahkan pesawat Mustang P-51 buatan Amerika yang ditembak jatuh di Rawa Pening pun ada tersimpan di museum ini. Hm menarik bukan?

Benteng Willem I, Benteng Perang Yang Unik

wisata ambarawa, benteng willem I, benteng pendhem, benteng willem ambarawa, benteng pendhem ambarawa

Benteng Willem I Ambarawa

Tempat wisata di ambarawa lainnya yang juga sangat terkenal adalah Benteng Willem I. Apa yang unik dari benteng ini? Benteng peninggalan Belanda ini memiliki keunikan dari segi desainnya.

Berbeda dari benteng perang pada umumnya, benteng Willem I di desain memiliki banyak jendela di sepanjang bangunannya, yang kurang defensif jika dinilai dari segi pertahanan perang.

Benteng yang dikenal dengan sebutan Benteng Pendhem ini sekarang sudah di alih-fungsikan menjadi lembaga pemasyarakatan, namun tetap bisa dikunjungi untuk sekedar berkeliling dan mengambil foto.

Oh ya, Benteng Wllem I ini sering dijadikan lokasi syuting film bertema perjuangan dan kemerdekaan lho. Seperti film Sang Kyai (2013) dan film Soekarno (2013). Keren kan?

Itulah beberapa tempat wisata ambarawa paling menarik yang bisa sobat kunjungi, so.. kapan mau kesana?

Beberapa Objek Wisata Ambarawa Yang Sangat Menarik Untuk Di Eksplore
4.6 (92%) 5 votes
Tags: wisata ambarawa terbaru, eksplore ambarawa, tempat wisata ambarawa, eksplore amb, apa yang ada di ambarawa

Leave a Reply

Creampie