Gunung Tangkuban Perahu Wisata Bandung Yang Wajib Di Kunjungi

Advertisements

Gunung Tangkuban Perahu adalah destinasi wisata yang sangat populer di Bandung, Jawa Barat. Orang-orang yang berlibur ke Bandung, terutama yang berasal dari luar daerah pasti akan teringat dengan tempat ini.

Mereka yang datang ke Bandung akan merasa rugi kalau sampai melewatkan tempat wisata yang satu ini. Saat ini Tangkuban Perahu sudah menjadi salah satu andalan pariwisata Bandung.

Keindahan objek wisata yang ada di Gunung Tangkuban Perahu seperti magnet yang selalu berhasil mendatangkan banyak pengunjung, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Mereka yang datang ke tempat ini akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat indah yang jarang ditemukan di tempat lain.

Nama Tangkuban Parahu yang artinya perahu terbalik, adalah sebuah nama yang diberikan karena bentuknya yang mirip dengan perahu yang terbalik. Ada sebuah legenda yang sangat menarik mengenai asal-usul gunung ini.

Sebuah cerita rakyat Jawa Barat yang sangat terkenal, bahkan dulu waktu kita duduk di bangku sekolah dasar pun cerita ini seringkali muncul dalam pelajaran.

Masih ingat?

Begini ceritanya: Legenda Sangkuriang Dan Dayang Sumbi

Fakta Menarik Seputar Gunung Tangkuban Perahu

gunung tangkuban perahu

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik mengenai objek wisata Gunung Tangkuban Perahu di Bandung Jawa Barat yang perlu kamu ketahui:

1. Gunung Tangkuban Perahu memiliki kawah berstatus aktif yang selalu mengeluarkan uap sulfur (belerang). Pada orang dengan sensitifitas tinggi uap sulfur ini dapat menyebabkan gangguan pernafasan, oleh karena itu sangat dianjurkan untuk menggunakan masker.

2. Letusan terakhir gunung ini terjadi pada tahun 2013.

3. Letusan Gunung Tangkuban Perahu menyebabkan terbentuknya kawah-kawah. Terhitung ada 10 kawah yang terdapat di sini.

4. Kawah Ratu adalah kawah terbesar di Gunung Tangkuban Perahu.

5. Suhu yang ada di sini sangatlah dingin, pada malam hari suhu bisa turun drastis hingga mencapai 2 derajat celcius, sedangkan pada siang hari suhunya hanya 17 derajat celcius.

6. Di sekitar kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu ditumbuhi oleh pohon bernama Pohon Manarasa. Konon menurut kepercayaan masyarakat setempat, Dayang Sumbi selalu memakan daun pohon ini sehingga ia awet muda. Masyarakat pun percaya bahwa memakan daun pohon ini dapat membuat awet muda.

Objek Wisata Paling Menarik Di Gunung Tangkuban Perahu

Di kompleks wisata Gunung Tangkuban Perahu terdapat beberapa objek wisata yang bisa kamu kunjungi. Berikut ini adalah beberapa objek wisata yang paling populer:

Kawah Ratu

gunung tangkuban perahu, kawah ratu

Sesuai dengan namanya, Kawah Ratu adalah kawah utama yang ada di Gunung Tangkuban Perahu dengan ukuran yang paling besar. Untuk bisa sampai ke Kawah Ratu bisa menggunakan kendaraan pribadi dan langsung memarkirnya di dekat kawah, tidak perlu jalan kaki terlalu jauh.

Di sekitar lokasi kawah terdapat banyak warung-warung kopi yang bisa kamu jadikan tempat duduk bersantai. Dikarenakan suhu cuaca yang sangat dingin di sekitar kawah ini, maka rasa kopi hangat yang diminum akan terasa sangat nikmat sekali.

Kawah Upas

kawah upas, gunung tangkuban perahu

Advertisements

Kawah Upas terletak di seberang Kawah Ratu. Dari Kawah Ratu kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu selama 25 menit untuk bisa sampai ke Kawah Upas. Jaraknya memang lumayan jauh dan menguras tenaga. Namun semua itu rasanya setimpal dengan apa yang akan didapatkan selama perjalanan.

Di sepanjang jalan menuju Kawah Upas terdapat pemandangan yang sangat bagus, banyak pepohonan rindang yang tumbuh di sisi kiri dan kanan jalan sehingga menjadi sangat teduh. Dan jika sedang beruntung kamu bisa melihat lutung melintas diatas pohon-pohon ini.

Namun karena aktivitas kawah ini yang dirasa membahayakan, maka tempat ini untuk sementara masih ditutup. Pemandangan Kawah Upas bisa dilihat dari atas Tebing Upas Hill

Kawah Domas

gunung tangkuban perahu, kawah domas

Kawah Domas juga merupakan salah satu kawah yang paling populer di Tangkuban Perahu. Di tempat ini pengunjung bisa mandi lumpur belerang jika mau. Letak Kawah Domas berada di dataran yang lebih rendah jika dibandingkan dengan kawah lainnya, jadi trek menuju kawah ini cenderung menurun.

Di Kawah Domas pengunjung juga bisa membeli telur yang dijajakan oleh pedagang. Telur-telur itu nanti bisa di rebus di kawah, namun yang harus diperhatikan adalah harganya, karena harganya bisa jadi jauh lebih mahal dari harga telur pada umumnya. Selain itu juga harus hati-hati dengan orang yang maksa ingin jadi guide, karena harga tarifnya bisa bikin kantong bolong.

Lokasi Gunung Tangkuban Perahu

Lokasi wisata Gunung Tangkuban Perahu terletak di sebelah utara Kota Bandung, tepatnya di daerah Cikole, Lembang. Kompleks wisata Tangkuban Perahu terletak pada perbatasan Bandung Barat dengan Subang. Jaraknya dari kota Bandung sekitar 20 KM.

Transportasi

Untuk transportasi ke tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Setiap kendaraan diperbolehkan untuk naik hingga ke objek wisatanya, di tempat ini juga disediakan lahan parkir yang luas jadi kamu tidak perlu khawatir.

Rute Menuju Gunung Tangkuban Perahu

Ada beberapa alternatif pilihan rute yang bisa ditempuh untuk sampai ke Tangkuban Perahu,

Jika menggunakan kendaraan umum, kamu bisa berangkat dari Stasiun Hall di Bandung kemudian naik angkot jurusan Lembang berhenti di terminal Lembang. Kemudian naik lagi angkot jurusan Cikole sampai ke lokasi.

Bisa juga dengan naik bus dari Terminal Leuwi Panjang di Bandung dengan jurusan Indramayu dan turun di simpang tiga gerbang Tangkuban Perahu.

Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Bandung kamu tinggal mengikuti jalan Setiabudhi kearah Lembang, ikuti saja petunjuk dan rambu jalan yang ada hingga sampai ke lokasi.

Beri nilai artikel ini

Gunung Tangkuban Perahu Wisata Bandung Yang Wajib Di Kunjungi
4.8 (96.67%) 6 votes
Advertisements
Tags: tangkuban perahu, apa saja yang bisa ditemui di tangkuban perahu, apa yang anda ketahui tentang gunung tangkuban prahu, apa yang kamu ketahui tentang gunung tangkuban perahu, tangkuban perahu bandung

Leave a Reply