Wisata Sejarah Islam Di Istana Topkapi Istanbul Turki

Advertisements

Wisata Istana Topkapi Istanbul Turki

Seperti yang kita ketahui kalau Turki memiliki banyak tempat wisata yang menyimpan sejarah kejayaan Islam. Sebut saja Hagia Sophia yang melegenda itu, atau Blue Mosque yang keindahannya diakui dunia.

Namun selain dua tempat terkenal tersebut, ada satu lagi tempat wisata yang tak kalah menariknya yaitu Istana Topkapi.

istana topkapi istanbul turki, wisata istana topkapi, topkapi palace, topkapi sarayi

Istana Topkapi Istanbul Turki (foto via tourismturkey.kz)

Istana Topkapi adalah salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di Turki. Karena disini kita bisa melihat secara langsung tongkat Nabi Musa As, dan beberapa barang peninggalan Baginda Rasulullah SAW.

Bagi umat muslim, ini adalah peninggalan sejarah yang sangat berharga. Banyak pelajaran yang bisa di ambil, salah satunya adalah dapat mengingatkan kembali bahwa Islam pernah sangat berjaya.

So jangan sampai lewatkan kesempatan mengunjungi tempat wisata ini ketika kamu sedang jalan-jalan ke Turki bro !

Letak Istana Topkapi Istanbul Turki

Istana Topkapi di kenal juga dengan sebutan Topkapi Sarayi atau Topkapi Palace terletak di Kota Istanbul, Turki. Letaknya tidak jauh dari Hagia Sophia dan Blue Mosque yang merupakan kesatuan dari Old City Istanbul.

wisata istana topkapi istanbul turki, old city istanbul turki, bosphorus, marmara

The Old City Istanbul (foto via pixabay.com)

Komplek bangunan Istana Topkapi dikelilingi oleh benteng sepanjang 5 Kilometer dengan total luas yang luar biasa, 70 Hektar ! Karena luasnya yang luar biasa itu, Istana Topkapi menjadi istana terluas kedua di dunia setelah Istana Versailles di Prancis.

Istana Topkapi terletak diatas bukit, sehingga dari sini wisatawan bisa melihat indahnya pemandangan Selat Bosphorus dan Laut Marmara.

Sejarah Istana Topkapi Istanbul Turki

istana topkapi, topkapi Sarayi, topkapi palace, istana topkapi istanbul turki

Topkapi Sarayi (foto via alaturkaturkey.com)

Istana Topkapi memiliki sejarah panjang yang sangat menarik. Sejarah di bangunnya Istana Topkapi berawal pada saat Sultan Mehmed II (Muhammad Al Fatih) berhasil menakhlukkan Konstantinopel (sekarang Istanbul) pada tahun 1453.

Sultan Mehmed II kemudian memerintahkan untuk membangun sebuah istana yang dapat digunakan sebagai kediaman resmi keluarga kesultanan sekaligus sebagai pusat pemerintahan. Maka pada tahun 1459 pembangunan Istana Topkapi di mulai.

Pada masa Dinasti Utsmaniyah (Turki Ottoman) istana ini berjaya dalam kurun waktu hampir 4 abad (1465–1856 ). Tercatat sebanyak 24 Sultan pernah tinggal disini.

Istana Topkapi menjadi saksi sejarah kejayaan dan kebesaran Islam pada masa Kekhalifahan Utsmaniyah. Bangunan tua ini jadi saksi betapa kuat dan jayanya Kekhalifahan Islam dibawah Dinasti Utsmaniyah yang wilayah kekuasaannya meliputi Eropa Tenggara, Asia Barat, dan Afrika Utara.

Hingga pada masa pemerintahan Sultan Abdul Majid I yang memutuskan untuk meninggalkan Istana Topkapi dan berpindah ke Istana baru yang berarsitektur Eropa bernama Dolmabahçe Palace.

Setelah ditinggalkan istana ini menjadi terbengkalai dan pernah beberapa kali di renovasi. Saat Kekhalifahan Utsmaniyah telah jatuh, Pada tahun 1924 Istana Topkapi kemudian di tetapkan sebagai museum oleh pemerintah Republik Turki.

Gerbang Istana Topkapi Istanbul Turki

Terdapat 3 buah gerbang di Istana Topkapi yaitu Bab-i Humayun, Bab As Salam, dan Bab-i Sadeet

Bab-i Humayun (Imperial Gate)

Setelah masuk ke dalam gerbang ini, kita akan bertemu dengan halaman terdepan istana. Halaman ini berupa taman yang luas dengan pohon yang rindang dan bunga-bunga.

Dulunya halaman ini di gunakan sebagai tempat diselenggarakannya berbagai acara kerajaan.

Disini merupakan tempat yang sangat bagus untuk berfoto dengan latar indahnya Laut Marmara dan Hagia Sophia.

Advertisements

Bab As Salam (Salutation Gate)

istana topkapi, wisata istana topkapi istanbul turki, gerbang istana topkapi, gerbang bab as salam, salutation gate of topkapi palace

Bab As Salam, Gate of Salutation (foto via haqqitours.com)

Gerbang yang kedua merupakan gerbang besar untuk masuk ke dalam istana. Salutation Gate merupakan tembok dengan 2 menara besar disisi kiri dan kanannya.

Desain gerbang ini di pengaruhi oleh arsitektur bergaya Byzantin, jika dilihat bentuknya mirip dengan gerbang istana magic kingdomnya walt disney.

Dibagian istana ini kita akan menemui dapur istana, istana harem (hareem section), dan gudang penyimpanan senjata.

Bab-i Sadeet (Akagalar Gate)

Akagalar Gate atau Felicity Gate ini adalah pintu masuk ke bagian utama istana. Di bagian utama istana inilah letaknya beberapa bangunan-bangunan penting seperti tempat penyimpanan harta kerajaan.

Dapur Istana Topkapi

Ini adalah bangunan yang sangat besar dengan 20 cerobong asap di atasnya. Dapur Istana Topkapi digunakan untuk memasak makanan bagi seluruh penghuni istana yang jumlahnya sangat banyak, konon jumlahnya mencapai 4000 orang bro ! Bisa dibayangkan sendiri bagaimana hebohnya dapur ini dahulu.

Hareem Section (Istana Harem Topkapi)

istana topkapi, wisata istana topkapi istanbul turki, harem istana topkapi, hareem section

Hareem Section, tempat tinggal para istri dan selir Sultan (foto via topkapisarayi.gov.tr)

Hareem Section adalah sebuah bangunan khusus untuk Ibu dan Istri-istri sultan. Bangunan ini terdiri atas banyak kamar. Terhitung ada 300 kamar yang ada di dalam istana harem ini, mirip seperti apartemen.

Di Istana Harem ini kamu bisa melihat sebuah ruangan dengan ornamen keramik yang sangat indah. Di ruangan inilah tempat berkumpulnya selir-serlir sultan.

Selir-selir ini adalah perempuan pilihan dari berbagai bangsa, perempuan-perempuan cantik ini akan diberikan pendidikan selama di harem. Perempuan yang terbaik nantinya akan di pilih menjadi istri sultan.

Disini juga terdapat sebuah ruangan besar dengan ornamen keramik di dinding yang berwarna warni. Ruangan ini bernama Hareem Imperial Hall.

istana topkapi, harem istana topkapi, wisata istana topkapi istanbul turki, istana topkapi istanbul turki, hareem imperial hall

Hareem Imperial Hall (foto via worldwanderista.com)

Sacred Relics Istana Topkapi

Ini adalah tempat yang paling ramai dengan antrian yang panjang. Di dalam ruangan inilah tersimpan benda-benda peninggalan bersejarah yang sangat berharga bagi umat Islam. Disini kita bisa melihat secara langsung barang-barang peninggalan para Nabi.

Kamu akan sangat terharu ketika bisa melihat sendiri tongkat asli Nabi Musa As yang Beliau gunakan untuk membelah laut merah, pedang Nabi Daud, sorban Nabi Yusuf, tempat minum Nabi Ibrahim, pedang para sahabat Rasulullah SAW, kunci Ka’bah, pembungkus Hajar Aswad, pakaian Fatimah Az Zahra dan benda bersejarah lainnya.

Lantunan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh Qori menambah syahdu dan religius suasana ruangan ini. Dan puncak dari semua keharuan dan ketakjuban adalah ketika bisa melihat langsung benda-benda peninggalan (relikui) Baginda Rasulullah SAW.

Relikui Rasulullah SAW di Istana Topkapi

Barang-barang peninggalan Baginda Rasulullah yang bisa kita lihat disini yaitu pedang, jubah (mantel) dan sabuk, janggut beliau, tongkat, sajadah, busur panah, surat dan stempel.

Yang sangat mengagumkan adalah kita bisa melihat cetakan kaki kanan Beliau yang terbentuk saat peristiwa Mi’raj. Sedangkan cetakan kaki sebelah kiri sekarang disimpan di Masjidil Aqsa.

Melihat semua benda peninggalan Beliau ini menghadirkan perasaan seolah-olah sedang berada di sisi Beliau. Masyaallah.

Di tempat ini dilarang untuk mengambil foto, bertujuan untuk menjaga keotentikan barang-barang berharga ini.

Harga Tiket Masuk Ke Tempat Wisata Istana Topkapi

Harga tiket masuk ke dalam Istana adalah 30 TL, dan untuk masuk ke Istana Harem harus membeli tiket lagi seharga 15 TL.

Tips Berkunjung Ke Istana Topkapi Istanbul Turki

Datanglah lebih awal agar punya waktu yang panjang, karena semua objek di Istana tidak akan cukup di jelajahi jika waktu yang kita punya hanya sebentar. Bahkan seharian pun tidak akan cukup.

Istana Topkapi memiliki wilayah yang sangat luas, pakailah sepatu yang nyaman karena kita akan berjalan kaki cukup jauh.

Bawalah bekal air minum selama mengunjungi Istana ini.

Nah itulah dia yang bisa saya tuliskan mengenai Wisata Istana Topkapi Istanbul Turki pada kesempatan kali ini. Jika kamu punya pengalaman berbeda saat berkunjung ke sana, jangan sungkan untuk menuliskannya di komentar bro !

Salam hangat.

Wisata Sejarah Islam Di Istana Topkapi Istanbul Turki
4.6 (92.41%) 29 votes
Advertisements
Tags: gambar istana, Istana Topkapı, museum istan, gambaristana, gambar istana di turki

Leave a Reply