Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung

Advertisements

Kawah Putih Ciwidey adalah salah satu wisata alam Bandung yang ramai dikunjungi. Sesuai dengan namanya, Kawah Putih merupakan sebuah kawah yang terletak di atas gunung. Ketinggian lokasi Wisata Kawah Putih Bandung ini mencapai 2,4 KM diatas permukaan laut.

Jika mengunjugi Kawah Putih Bandung ini kamu sebaiknya menggunakan jaket yang tebal, karena suhu di tempat ini sangat dingin. Suhu rata-rata di kawah putih mencapai 8 derajat celcius.

Yang Menarik Dari Kawah Putih Ciwidey Bandung

Hal paling menarik di tempat wisata alam Kawah Putih ini adalah pemandangannya yang sangat indah. Tiap pengunjung yang datang tidak lain dan tidak bukan pasti akan mengabadikan momen mereka di tempat ini dengan berfoto ria.

kawah putih ciwidey, kawah putih bandung, foto kawah putih bandung, foto terbaik kawah putih ciwidey, foto terbaru kawah putih bandung, foto terbaru kawah putih ciwidey

Lihat keseruan para instagramers berfoto ria di sini

Memang benar jika Kawah Putih memiliki pesona pemandangan alam yang sangat apik. Sesuai dengan namanya, kondisi tanah yang ada di Kawah Putih memang berwarna keputih-putihan. Hal ini disebabkan karena pengaruh kandungan unsur belerang yang cukup tinggi.

Air danau Kawah Putih juga berwarna putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan tinggi rendahnya suhu, kadar belerang dan cuaca.

Tak heran jika keindahan tempat wisata ini banyak dimanfaatkan oleh pengunjung untuk melakukan sesi foto praweding dan aktivitas fotografi lainnya.

Namun hal ini perlu kamu perhatikan ketika berkunjung ke Kawah Putih Bandung. Seperti halnya kawah yang ada di Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih Ciwidey juga mengandung kadar belerang yang cukup tinggi. Oleh karena itu, pengunjung diharapkan untuk berhati-hati dan mematuhi setiap rambu peringatan yang telah di buat.

Lokasi Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah Putih Ciwidey terletak di KM 25 Jl. Raya Soerang – Ciwidey, tidak jauh dari Kota Bandung. Jaraknya sekitar 50 KM ke arah selatan Kota Bandung.

Untuk bisa mencapai lokasi Kawah Putih Ciwidey Bandung, kamu bisa mengambil rute via Jl. Raya Soerang – Ciwidey.

Jika menggunakan kendaraan umum, kamu bisa menaiki angkot dari terminal Leuwi Panjang dan berhenti di Terminal Ciwidey. Setelah itu kamu harus menyambung perjalanan dengan menaiki angkot yang menuju Situ Patenggang dan berhenti di gerbang Kawah Putih

Lihat maps:

Sejarah Kawah Putih Ciwidey Bandung

Setiap destinasi wisata pasti memiliki sejarah, demikian pula dengan Kawah Putih Ciwidey Bandung ini.

Kawah Putih Ciwidey Bandung sebenarnya adalah sebuah danau hasil letusan Gunung Patuha. Proses alam kemudian membentuknya menjadi sebuah danau kawah. Jika dilihat dari proses terbentuknya Kawah Putih ini mirip dengan Danau Kelimutu dan danau kawah yang ada di Gunung Kelud atu danau kawah di Oregon.

kawah putih bandung, kawah putih ciwidey, foto terbaik kawah putih bandung, foto kawah putih ciwidey, foto kawah putih bandung

Beberapa sumber menyebutkan letusan Gunung Patuha terjadi pada abad ke- 10. Menurut kisahnya, kawah yang terbentuk pasca letusan hebat ini terkesan angker bagi masyarakat sekitar. Masyarakat menganggap angker kawah putih karena pada masa itu tidak ada satupun hewan yang hidup di kawasan kawah putih itu, bahkan burung yang lewat di atasnya pun akan mati.

Advertisements

Secara ilmiah, hal ini mungkin saja disebabkan oleh masih tingginya kadar belerang dan zat beracun lainnya pada masa itu. Sehingga menyebabkan burung yang lewat diatasnya terkena uap belerang dan mati. Tapi ini hanya spekulasi penulis saja.

Setelah sekian lama dianggap angker, barulah pada tahun 1837 seorang ahli botani asal Jerman bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn melakukan penelitian untuk membuktikan hal tersebut. Ia mendaki ke atas Gunung Patuha untuk melakukan penelitiannya.

kawah putih bandung, kawah putih ciwidey bandung, kawah putih ciwidey, foto terbaru kawah putih ciwidey bandung

Namun ketika sampai di puncak gunung, ia malah menemui sebuah Danau Kawah yang indah. Sejak saat itu kesan angker yang disematkan pada Kawah Putih perlahan mulai terlupakan dan tempat ini mulai dikenal sebagai tempat wiasta dengan pesona alam yang memukau.

Kemudian pada tahun 1987 pemerintah mulai memperkenalkan Kawah Putih Ciwidey sebagai salah satu objek wisata alam yang hingga sekarang masih menjadi destinasi favorit di Bandung.

Saat ini Kawah Putih Ciwidey Bandung telah menjadi objek wisata yang telah dikelola secara serius oleh pemerintah, hal ini dapat dilihat dari fasilitasnya yang lumayan lengkap mulai dari area parkir yang luas, pusat informasi, tempat ibadah, restoran hingga toilet.

Harga Tiket dan Jam Buka Kawah Putih Ciwidey Bandung

Tiket
Hari Biasa: Rp. 15.000 (WNI) dan Rp. 50.000 (WNA)
Hari Libur: Rp. 18.000 (WNI) dan Rp. 50.000 (WNA)
Prewed : Rp. 500.000

Ontang-anting: Rp. 15.000 – Ini adalah kendaraan yang digunakan untuk mengangkut pengunjung ke lokasi kawah, bagi mereka yang datang menggunakan motor atau bis maka harus menaiki ontang -anting untuk menuju lokasi kawah.

Parkir
Atas : Rp. 150.000 (roda 4)
Bawah: Rp. 3.000 untuk kendaraan roda 2
Rp. 6.000 untuk kendaraan roda 4, dan Rp. 25.000 untuk bis.

Jam buka
Buka setiap hari mulai jam 7 pagi hingga 5 sore

Tips Berkunjung Ke Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung

  1. Selalu utamakan keselamatan dimanapun kamu berwisata, mematuhi peraturan dan rambu-rambu peringatan yang ada di lokasi Kawah Putih adalah tindakan yang sangat bijak mengingat pada beberapa titik di lokasi Kawah Putih merupakan tempat yang berbahaya.
  2. Gunakan jaket yang tebal karena suhu udara di Kawah Putih sangat dingin. Ada baiknya dilengkapi dengan sarung tangan dan syal.
  3. Jika tidak ingin wajah anda menjadi hitam, gunakanlah krim sunblock. Karena biasanya sengatan matahari tidak begitu terasa pada tempat wisata yang dingin seperti kawah putih ini namun efeknya tetap dapat membuat kulit menghitam.
  4. Gunakanlah masker untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh uap belerang di lokasi kawah putih. Selain itu kamu tidak disarankan terlalu lama berada di kawah putih karena di khawatirkan uap belerang dapat menyebabkan gangguan pernafasan.
Itulah dia ulasan tentang Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung, tertarik untuk berkunjung?

Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung
4.7 (93.33%) 3 votes
Advertisements
Tags: kawah putih, Kawah Putih Bandung Jawa Barat 40972, kawah, apa itu kawah putih bandung, ciwidey kawah putih

Leave a Reply