Tempat Wisata Gunung Bromo yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Gunung Bromo yang Wajib DikunjungiWisataLova.com, Wisata gunung Bromo menjadi destinasi banyak pelancong berkat suguhan panorama bentangan memanjang pegunungan yang sangat cantik. Gunung Bromo faktanya masih menyandang status gunung aktif dimana gunung ini pernah meletus hebat 1974 lampau. Saat ini wisata gunung Bromo menjadi daerah tujuan wisata alam kebanggaan propinsi Jawa Timur.

Tempat Wisata Gunung Bromo yang Wajib Dikunjungi

wisata gunung bromo

Penanjakan 1

Area Penanjakan 1 gunung Bromo terletak dengan ketinggian 2.770 meter dpl. Karenanya spot ini adalah tempat favorit pengunjung  menikmati kemunculan sang surya di pagi hari atau istilahnya Bromo Golden Sunrise. Para pengunjung mesti mengendarai jeep sebagai angkutan umum ke sana. Karena hawanya yang dingin, pengunjung disarankan mengenakan jaket tebal untuk melawan udara pagi yang menusuk tulang.

Penanjakan 2

Ada tempat bagus lainnya untuk menyaksikan matahari terbit, yang lebih mudah diakses daripada penanjakan 1, dengan tantangan yang lebih sedikit. Untuk menuju ke penanjakan 2, Anda bisa mulai dari Kabupaten Probolinggo. Meskipun mungkin menjadi pilihan kedua Anda, tempat ini menawarkan keindahan yang sama bagusnya dengan lokasi pendakian 1 Bromo.

Gunung Widodaren

Spot wisata gunung Bromo ini dekat lokasinya. Berdampingan dengan Gunung Batok dalam satu kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung Widodaren ketinggiannya mencapai 2.614 meter dpl. Puncak Gunung Widodaren kerap digunakan bertapa sejumlah masyarakat suku Tengger demi meraih kesempurnaan atau istilahnya Moksa.

Kawah Utama Bromo

Wisata Gunung Bromo menawarkan kawah berukuran diameter sekitar 800 meter. Ditemukan pula lingkaran raksasa yang jari-jarinya mencapai 4 km diukur dari tengah kawah Bromo atau kawah utama. Para pengunjung bisa melihat kecantikan fenomena alam tersebut dari dekat.

Cek juga: Kawah Wurung Wisata Alam Bondowoso

Bukit Cinta

Tidak cuma kawah yang istimewa, wisata gunung Bromo pun memiliki Bukit Cinta alias Love Hill. Ini adalah destinasi yang termasuk baru yang dikenalkan guna menyempurnakan aktifitas berlibur para pelancong. Karena itu bila dirasa Penanjakan 1 cukup ramai disesaki para wisatawan, alihkan saja tujuan ke Bukit Cinta ini.

Pasir Berbisik

Destinasi wisata gunung Bromo ini adalah hamparan pasir membentang dengan luas sekitar 5.920 hektar. Keunikannya ini bahkan tak dapat dijumpai di tempat manapun wisata pegunungan. Lautan pasir itu dari sejarahnya merupakan hasil muntahan dua letusan gunung yang saling berhimpitan. Material vulkanik yang keluar kemudian meluncur ke arah tenggara membentuk lembah dan kaldera. Kejadian yang berlangsung terus menerus akhirnya menciptakan hamparan pasir yang kini dinamakan wisata Pasir Berbisik.

Wisata Bukit Teletubies

Bukit Teletubies Gunung Bromo merupakan lokasi yang tidak asing lagi bagi Anda yang melewati masa kecil di era tahun 1997 hingga 2001. Film cerita anak-anak dengan tokoh yang dikenal dengan nama Tinky Winky, Dipsy, Laa Laa, dan Po ini terkenal dengan kalimat “berpelukaaan”. Dalam cerita, mereka tinggal di sebuah bukit indah yang dibalut dengan tanaman hijau di seluruh permukaannya.

Perbandingan bukit hijau seperti ini bisa Anda temukan di kawasan Gunung Bromo, bukan hanya dalam cerita atau dongeng. Pemandangan indah di Bukit Teletubies dan padang savana yang ada di kaki bukit, menjadi salah satu tempat favorit bagi para wisatawan yang tertarik dengan fotografi. Bahkan, tidak jarang lokasi Bukit Teletubies di Bromo dijadikan sebagai tempat untuk melakukan foto pre-wedding.

Wisata Pura Luhur Poten

Pura Luhur Poten Bromo merupakan pura bagi masyarakat Hindu Tengger yang tinggal di kawasan Bromo-Tengger. Masyarakat Tengger berperan penting dalam menjaga adat istiadat dan kesucian kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru.

Bangunan Pura Luhur Poten yang dibangun pada tahun 2000 ini memiliki beberapa bangunan yang terdiri dari tiga bagian. Masing-masing Mandala Utama, yang merupakan tempat untuk sembahyang.
Padma (tempat pemujaan), Mandala Madya (tengah) sebagai tempat persiapan dan pengiring upacara persembahyangan, Mandala Nista (depan) merupakan tempat peralihan dari bagian luar ke bagian dalam pura.

Arsitektur pura dan upacara keagamaan yang dilakukan di sana menjadi daya tarik tersendiri di kawasan wisata Gunung Bromo.

Bukit Kingkong

Jika Anda ingin melihat matahari terbit di Bukit Kingkong di Bromo, Anda harus berdesak-desakan dengan wisatawan lain yang berduyun-duyun ke tempat populer ini. Bukit ini hanya berjarak 2,5 km dari Penanjakan 1, menjadikannya tempat yang nyaman untuk menyaksikan matahari terbit. Meskipun ada tempat lain di mana Anda dapat melihat matahari terbit, Bukit Kingkong adalah salah satu pilihan paling populer di kalangan wisatawan.

Desa Ngedas

Setelah melihat keindahan Gunung Bromo dengan matahari terbitnya yang khas, tidak ada salahnya pergi ke Desa Ngedas. Desa ini merupakan rumah bagi suku asli Tengger. Lokasinya masuk dalam wilayah Kecamatan Puncokusumo. Meskipun terlihat seperti desa pada umumnya, namun ketika Anda datang dan berbaur dengan masyarakat sekitar, Anda akan merasakan tradisi suku Tengger yang masih terjaga.

Tidak hanya wisatawan lokal, tetapi banyak juga wisatawan dari mancanegara yang menyempatkan diri untuk mampir ke desa ini. Kebanyakan dari mereka ingin mengenal lebih dekat kebiasaan suku asli Tengger yang masih lekat dengan tradisinya. Selain itu, desa ini juga sering mengadakan acara-acara tradisional yang bisa Anda saksikan secara langsung, seperti kuda kencak, atraksi kuda lumping, bentengan, dan masih banyak lagi.

Desa Ngadisari

Desa Ngedas bukan satu-satunya yang layak dijelajahi – Desa Ngadisari juga sama menariknya. Kedua desa ini cukup mirip: keduanya merupakan rumah bagi suku Tengger asli, dan menawarkan kesempatan untuk mengenal dan berbaur dengan penduduk setempat yang ramah. Selain itu, Anda dapat mengagumi keindahan alam Desa Ngadisari dan memanfaatkan fasilitasnya seperti penginapan, restoran, dan toilet umum.

Saat ini, daya tarik Bromo tidak berhenti pada matahari terbit. Ada banyak pemandangan hebat lainnya yang patut dilihat.

Buruan Flash Sale Gratis Biaya Kirim Shopee
x