Simak 13 Fakta Unik Dan Menarik Negara Jepang Ini Sebelum Traveling Ke Sana

Advertisements

Punya rencana traveling ke Jepang bro? Berikut ini 13 Fakta Unik dan Menarik Negara Jepang yang mungkin bisa jadi bahan bacaan renyah buat kamu.

1. Table Manner (Tata Krama Di Meja Makan) Yang Unik

fakta unik tentang jepang, fakta menarik tentang jepang, fakta unik dan menarik negara jepang, cara makan orang jepang

Cara makan orang jepang (foto via tsunagujapan.com)

Ada beberapa kebiasaan unik orang Jepang saat di meja makan yang mungkin tidak kita temui di Indonesia.

  • Saat makan dengan menggunakan mangkuk, mereka akan mengangkat mangkuk di dekat mulut. Jika tidak, maka akan dianggap makan seperti anjing dan ini tidak sopan bagi orang Jepang.
  • Menancapkan sumpit di atas mangkuk nasi (secara vertikal/ tegak) adalah hal yang tabu. Dalam kepercayaan mereka hal ini adalah melambangkan bahwa makanan tersebut di persembahkan bagi orang yang sudah meninggal.
  • Cara untuk menghargai dan memberikan pujian pada masakan orang jepang adalah dengan menyeruput kuah makanan tersebut hingga bunyinya terdengar slurrpppp !
  • Cara makan sushi yang benar adalah dengan mencelupkan bagian yang terbuat dari berasnya terlebih dahulu ke dalam saus.

2. Melon Legendaris, Buah Paling Mewah Di Jepang

fakta unik tentang jepang, fakta menarik tentang jepang, fakta unik dan menarik negara jepang, buah melon termahal di jepang

Muskmelon termahal di Jepang (foto via foodsaketokyo.com)

Sudah tahu Muskmelon Jepang yang terkenal itu kan? – terkenal mahalnya !
Satu buah melon di Jepang bisa di bandrol harga lebih dari 10.000 Yen, satu juta lebih kalo di rupiahkan. Gila ! Di Indonesia bisa beli satu gerobak dengan uang segitu.

Di Jepang biasanya melon di berikan sebagai hadiah kepada atasan atau orang-orang yang di anggap penting, sebab itulah harganya mahal. Menarik sekali ya kalau Indonesia bisa export melon ke Jepang.

3. Jalur Cepat Di Eskalator

fakta unik tentang jepang, fakta menarik tentang jepang, fakta unik dan menarik negara jepang, kebiasaan disiplin orang jepang

Selalu berdiri di sisi kiri eskalator (foto via theodysseyonline.com)

Sudah menjadi kebiasaan orang Jepang saat menaiki eskalator mereka akan berdiri di sebelah kiri. Hal ini bertujuan untuk memberikan ruang bagi mereka yang sedang terburu-buru agar bisa melewati bagian sebelah kanan eskalator.

Di Jepang memang ada banyak sekali aturan umum yang sangat unik dan menarik, hebatnya mereka semua patuh dan disiplin dengan aturan-aturan tersebut.

4. Aturan Melepas dan Memasang Alas Kaki Di Jepang

fakta unik tentang jepang, fakta menarik tentang jepang, fakta unik dan menarik negara jepang, sandal orang jepang

Hebayaki atau Surippa, sandal dalam rumah yang dipakai orang Jepang (foto via www5.synapse.ne.jp)

Di Indonesia umumnya kita akan melepas alas kaki baik itu sandal ataupun sepatu ketika hendak masuk ke dalam rumah, kemudian di dalam rumah biasanya kita tidak memakai alas kaki. Ini adalah hal yang biasa.

Berbeda dengan di Jepang, ketika orang Jepang hendak masuk ke rumah mereka akan melepas sepatu di dalam rumah (bagian dalam rumah/pintu), kemudian meletakkannya dengan rapi di rak sepatu. Setelah itu berganti alas kaki memakai Heyabaki atau Surippa (dari bahasa Inggris: Slipper). Heyabaki adalah sejenis sandal berbahan lembut dan biasanya berbulu yang digunakan orang Jepang di dalam rumah.

Sudah menjadi tradisi di Jepang untuk memaki Heyabaki di dalam rumah. Yang perlu di perhatikan adalah pada beberapa ruangan yang lantainya sedikit di tinggikan 1-2 inchi artinya Heyabaki harus di lepas.

5. Pasar Ikan Terbesar Di Dunia Ternyata Ada di Jepang

Tempat Pelelangan Ikan Tuna di Pasar Tsukiji, Tokyo (foto via ninonshun.com)

Tempat Pelelangan Ikan Tuna di Pasar Tsukiji, Tokyo (foto via ninonshun.com)

Pasar ikan terbesar di dunia ada di Jepang, tepatnya di Tsukiji, Tokyo. Hampir 2.000 ton produk laut di distribusikan di pasar ini setiap harinya.

Yang unik dari pasar ikan Tsujiki ini adalah adanya tempat pelelangan ikan tuna, beberapa waktu yang lalu seekor ikan tuna sirip biru laku seharga $117.000 atau sekitar 1,62 Milyar rupiah di pasar ini. Gila!

 6. Kereta Super Cepat

fakta unik tentang jepang, fakta menarik tentang jepang, fakta unik dan menarik negara jepang, kereta api super cepat di jepang, kereta shinkansen jepang, kereta peluru jepang

Shinkansen, Kereta Peluru Super Cepat di Jepang (foto via pixabay.com)

Jepang adalah negara yang sangat maju sistem transportasinya, bisa dikatakan salah satu yang paling maju di dunia. Transportasi yang paling banyak dipakai di Jepang adalah kereta api.

Shinkansen (kereta peluru) adalah kereta super cepat yang bisa di pakai untuk pergi ke hampir semua daerah di Jepang.

Berapa kecepatannya? Pada percobaan terakhir pada tahun 2015 lalu Shinkansen mampu menembus kecepatan hingga 603Km/Jam !

Selain kecepatannya yang gila, kereta Shinkansen juga terkenal sangat tepat waktu. Selisih waktu dari jadwal hanya dalam hitungan detik saja.

7. Antri !

fakta unik tentang jepang, fakta menarik tentang jepang, fakta unik dan menarik negara jepang, kebiasaan disiplin orang jepang, kebiasaan antri orang jepang

Dimana-mana mereka selalu antri dengan rapih! (foto via chemieingenieur.wordpress.com)

Jepang terkenal dengan budaya disiplin. Di Jepang kamu akan menemui hampir di semua tempat pelayanan umum orang Jepang akan mengantri dengan sangat tertib. Melanggar antrian adalah hal yang sangat memalukan bagi mereka.

Advertisements

Uniknya, tidak ada garis pengatur untuk antrian orang-orang Jepang ini. Sepanjang apapun antriannya mereka dapat mengaturnya sendiri sehingga tetap tertib dan rapi. Inilah yang harus kita tiru, bagaimanapun ini adalah cerminan moral suatu bangsa. Setuju?

8. Bukan Cuma Sipit, Orang Jepang Juga Irit-irit.

fakta unik tentang jepang, fakta menarik tentang jepang, fakta unik dan menarik negara jepang, budaya hemat orang jepang

Pusat perbelanjaan di Jepang (foto via gaijinpot.com)

Orang Jepang tidak suka dengan gaya hidup konsumtif. Walaupun negara mereka adalah negara yang unggul di banyak bidang, tapi tetap saja mereka selalu mengutamakan budaya hemat dalam gaya hidup mereka.

Salah fakta menarik yang bisa ditemui di Jepang adalah kebanyakan supermarket akan ramai di kunjungi menjelang jam tutup, karena mereka memberikan diskon pada jam ini. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa orang Jepang suka berhemat.

9. Surga Bagi Pecinta Kucing

fakta unik tentang jepang, fakta menarik tentang jepang, fakta unik dan menarik negara jepang, kafe kucing di jepang

Salah satu kafe kucing di Jepang (foto via wasa-bi.com)

Uniknya orang Jepang memang tak ada habisnya. Selain kafe jomblo, di Tokyo juga ada kafe khusus bagi para pecinta kucing. Di kafe tersebut terdapat banyak kucing berbagai jenis yang mengisi setiap ruangan kafe. Pengunjung kafe bisa bermain-main dengan kucing yang lucu-lucu tersebut, memeluk dan foto-foto.

10. Orang Jepang Itu Super Ramah

fakta unik tentang jepang, fakta menarik tentang jepang, fakta unik dan menarik negara jepang, budaya disiplin orang jepang, keramahan orang jepang

Cara orang jepang memberikan barang (foto via aromegane.com)

Irasshaimase! – kalimat ini akan anda dengar setiap kali berkunjung ke toko-toko yang ada di Jepang, artinya selamat datang. Ya jepang memang terkenal dengan keramahannya. Tak terhitung dalam sehari berapa kali orang Jepang menganggukkan kepala dan tersenyum.

Uniknya, di Jepang ada kebiasaan untuk memberikan sesuatu barang kepada orang lain dengan kedua tangan, sebagai tanda penghormatan.

Mungkin sudah sering kita lihat di film-film Jepang bagaimana gaya mereka menyerahkan suatu barang dengan kedua tangan sambil menundukkan kepala, memang seperti itulah mereka. Kebiasaan menarik ini cuma ada di Jepang loh !

11. Mesin Penjual Otomatis Dimana-mana

fakta unik tentang jepang, fakta menarik tentang jepang, fakta unik dan menarik negara jepang, mesin penjual otomatis di jepang

Mesin penjual otomatis ada dimana-mana (foto via ozphotos.wordpress.com)

Hal yang unik dan menarik di Negara Jepang yaitu kamu akan menemui banyak sekali mesin penjual otomatis. Hampir di setiap sudut kota terdapat mesin penjual otomatis yang berisi bir dan sake, kondom, softdrink, kopi, jus, mie, telur, dan sandwich.

Bahkan ada mesin penjual otomatis yang berisi buku komik dan mainan. Uniknya, tidak seperti mesin-mesin penjual otomatis di tempat lain, di Jepang akan sulit ditemukan mesin penjual otomatis yang menjual snack atau permen.

 12. Tidak Ada Larangan Untuk Mabuk

fakta unik tentang jepang, fakta menarik tentang jepang, fakta unik dan menarik negara jepang, minum sake jepang

Pesta sake di Jepang (foto via japanbullet.com)

Jika di banyak negara minum-minuman keras di tempat umum adalah hal yang dilarang, maka di Jepang lain ceritanya. Minum bir dan mabuk di jalan adalah hal yang legal di Jepang. Bahkan bir dan sake dapat di beli dengan mudah di mesin-mesin penjual otomatis yang tersebar di seluruh kota.

Akan tetapi orang Jepang memiliki kebiasaan untuk tidak menarik perhatian atau membuat ulah saat mabuk, mungkin karena mabuk adalah hal yang sudah biasa bagi mereka.

13. Kecepatan Dalam Berjalan Kaki

fakta unik tentang jepang, fakta menarik tentang jepang, fakta unik dan menarik negara jepang, kebiasaan disiplin orang jepang, kebudayaan orang jepang

Semua orang berjalan cepat di Jepang (foto via pixabay.com)

Ini adalah aturan umum unik dan menarik lainnya di Jepang. Di kota-kota super sibuk seperti Tokyo, semua orang berjalan dengan cepat. Jadi jangan pernah berjalan lambat apalagi sampai memenuhi badan jalan. Hal ini sangat di benci orang Jepang.

Itulah 13 Fakta Unik dan Menarik Negara Jepang yang bisa kamu temui saat jalan-jalan kesana.

Arigatou Gozaimasu !

Simak 13 Fakta Unik Dan Menarik Negara Jepang Ini Sebelum Traveling Ke Sana
4.6 (91.11%) 18 votes
Advertisements
Tags: 13 Fakta Unik Dan Menarik Negara Jepang Yang Wajib Kamu Tahu, tentang jepang yang menarik, 10 hal tentang jepang, negara jepang, hal menarik tentang jepang

6 Comments

  1. Randy May 7, 2016
  2. Wanda May 18, 2016
  3. Sai May 20, 2016

Leave a Reply