Museum Geologi Bandung, Wisata Edukatif Di Bandung

Museum Geologi Bandung adalah tempat wisata di Bandung yang menyimpan banyak sekali peninggalan bersejarah yang bernilai tinggi. Jika sedang libur akhir pekan, tidak ada salahnya mengajak anak dan keluarga untuk mengunjungi museum ini. Karena mengunjungi museum bisa menjadi kegiatan wisata yang bernilai edukatif bagi anak-anak.

Advertisements

Karena sisi edukatif yang sangat tinggi pada Museum Geologi Bandung, maka banyak juga yang menjadikan museum ini sebagai tujuan destinasi study tour di Bandung seperti halnya Observatorium Bosscha yang ada di Lembang.

Ada banyak sekali koleksi menarik museum ini yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Bagi para pelajar berbagai koleksi ini bisa memberikan banyak sekali wawasan tambahan dalam ilmu pengetahuan, khususnya pada bidang ilmu Geologi.

Dari sisi wisatanya pun tempat ini tidak kalah dengan tempat wisata menarik di Bandung lainnya. Kamu seolah di ajak melintasi ruang dan waktu melihat berbagai koleksi benda-benda yang berasal dari zaman prasejarah dan berbagai objek geowisata lainnya.

Kamu pasti tau Tyrannosaurus rex atau yang lebih sering disebut T-rex, salah satu spesies dinosaurus karnivora terbesar di darat, yang sering digambarkan dalam film-film sebagai karnivora terganas. Disini kamu bisa melihat replika fosilnya.

Disini kamu juga dapat melihat secara langsung fosil manusia purba Homo erectus dan fosil gajah purba Stegodon trigonocephalus yang sering muncul di buku pelajaran anak sekolah itu.

museum geologi bandung, makalah museum geologi bandung, museum geologi bandung tiket, alamat museum geologi bandung, koleksi museum geologi bandung,fasilitas museum geologi bandung, fungsi museum geologi bandung, foto museum geologi bandung, museum geologi bandung tiket, isi museum geologi bandung, foto gajah purba

Fosil gajah purba Stegodon trigonocephalus di Museum Geologi Bandung

Mengunjungi museum ini rasanya seperti mengulang kembali pelajaran sejarah waktu sekolah dulu. Bagi yang masih duduk di bangku sekolah, mengunjungi Museum Geologi Bandung bisa menjadi kegiatan wisata sambil belajar yang menyenangkan.

Sejarah Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung di bangun pada tahun 1928 oleh pemerintah Hindia Belanda. Bangunan museum dirancang oleh seorang arsitek terkenal asal Belanda bernama Ir. H. M. Van Schouwenburg. Rancangan yang diterapkannya pada bangunan museum disebut Art Deco, yang merupakan gaya bangunan modern pada masa itu.

Museum Geologi Bandung telah diresmikan pada tanggal 16 Mei 1929. Pada saat diresmikan museum ini diberi nama Geologische Laboratorium.

museum geologi bandung, makalah museum geologi bandung, museum geologi bandung tiket, alamat museum geologi bandung, koleksi museum geologi bandung,fasilitas museum geologi bandung, fungsi museum geologi bandung, foto museum geologi bandung, museum geologi bandung tiket, isi museum geologi bandung, foto museum geologi bandung tempo dulu, foto museum geologi bandung zaman belanda, foto museum geologi bandung zaman dulu

Pada awalnya, museum ini di bangun oleh Pemerintah Hindia Belanda dengan tujuan untuk mengumpulkan dan mendokumentasikan sampel batuan, fosil, dan mineral dari para ahli geologi yang ada di berbagai daerah di Hindia Belanda.

Berbagai sampel batuan, fosil, dan mineral yang berhasil di kumpulkan masih ada sampai sekarang dan kini menjadi koleksi yang menghiasi museum.

Saat ini Museum Geologi Bandung sudah ditetapkan menjadi bagian dari Departemen Engergi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

Lokasi Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung terletak di alamat Jl. Diponegoro No. 57 Bandung, Jawa Barat.

Cara Menuju Ke Museum Geologi Bandung

Lokasi Museum Geologi Bandung berada di tengah kota sehingga sangat mudah di akses. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk menuju lokasi.

Jika kamu menggunakan kendaraan umum, maka bisa dengan menaiki angkutan kota (angkot) jurusan Stasiun Hall – Sadang Serang. Angkot ini memiliki warna hijau dengan nomor 10.

Selanjutnya kamu turun di pertigaan Masjid Pusdai, kemudian sambung lagi naik angkot yang berwarna hijau hitam yang bernomor 5. Angkot ini adalah angkot jurusan Cicaheum – Ledeng sehingga rutenya melewati Museum Geologi Bandung dan kamu bisa langsung turun di lokasi.

Koleksi Museum Geologi Bandung

Secara garis besar koleksi Museum Geologi terbagi dalam 3 kategori yang meliputi

  • Sejarah Kehidupan

Koleksi Sejarah Kehidupan ini meupakan kumpulan koleksi fosil berdasarkan masa atau era kehidupannya yang terbagi menjadi Prakambrium-Paleozoikum, Mesozoikum, dan Kenzoikum.

Salah satu galeri yang paling mencolok dan selalu ramai menjadi pusat perhatian adalah Galeri Mesozoikum dimana terdapat replika fosil T-rex.

Advertisements
museum geologi bandung, makalah museum geologi bandung, museum geologi bandung tiket, alamat museum geologi bandung, koleksi museum geologi bandung,fasilitas museum geologi bandung, fungsi museum geologi bandung, foto museum geologi bandung, museum geologi bandung tiket, isi museum geologi bandung, fosil t-rex museum geologi bandung

Fosil T-rex, dinosaourus karnivora terganas di Museum Geologi Bandung

Tidak hanya replika fosilnya, disini juga terdapat cetakan kaki asli dinosaurus karnivora rakasasa yang memiliki tangan mungil itu. Cetakan kaki T-rex ini ditemukan di Hell Creek Formation, Montana oleh seorang ahli Paleontologi asal Inggris bernama Phil Manning tahun 2007 lalu.

Selain koleksi fosil T-rex, ada lagi satu galeri yang menarik yaitu Galeri Bandung. Di galeri ini kamu bisa melihat berbagai bukti yang menjelaskan bahwa Bandung dulunya merupakan sebuah danau yang luas.

Pada tempat lain kamu juga bisa melihat Galeri Manusia Purba. Di galeri ini kamu bisa melihat berbagai koleksi fosil manusia purba yang ditemukan di Indonesia.

museum geologi bandung, makalah museum geologi bandung, museum geologi bandung tiket, alamat museum geologi bandung, koleksi museum geologi bandung,fasilitas museum geologi bandung, fungsi museum geologi bandung, foto museum geologi bandung, museum geologi bandung tiket, isi museum geologi bandung, fosil manusia purba homo erectus museum geologi bandung

Fosil manusia purba Homo erectus di Museum Geologi Bandung

Koleksi fosil yang berhasil di kumpulkan oleh Museum Geologi adalah fosil manusia purba yang ditemukan di Pulau Jawa terutama di sepanjang daerah aliran sungai Bengawan Solo. Salah satu fosil manusia purba yang terkenal dalah fosil Homo erectus yang ditemukan di Sangiran.

  • Geologi Indonesia

Koleksi Geologi Indonesia berisi berbagai galeri yang menjelaskan mulai dari asal mula bumi hingga gunung api yang ada di Indonesia.

Di Galeri Asal Mula Bumi kamu dapat melihat gambaran bagaimana sistem tatasurya terbentuk pada 4,6 milyar tahun yang lalu dan berbagai koleksi meteorit yang jatuh di Bandung, Banten, Prambangan, Madiun dan Pasuruan.

Jika ingin tahu bagaimana sebuah pulau terbentuk kamu bisa mendatangi Galeri Sulawesi. Galeri ini menjelaskan bagaimana Pulau Sulawesi terbentuk, bagaimana bentuknya yang menyerupai huruf K ternyata disebabkan karena pergerakan lempeng pulau kalimantan yang terbelah.

Galeri-galeri yang lain yaitu Galeri Jawa dan Nusa Tenggara, Galeri Papua, Galeri Gunung Api Indonesia, Galeri Survei Geologi, dan Galeri Batuan dan Mineral.

museum geologi bandung, makalah museum geologi bandung, museum geologi bandung tiket, alamat museum geologi bandung, koleksi museum geologi bandung,fasilitas museum geologi bandung, fungsi museum geologi bandung, foto museum geologi bandung, museum geologi bandung tiket, isi museum geologi bandung, koleksi batuan mineral museum geologi bandung

Koleksi batuan dan mineral Museum Geologi Bandung

  • Geologi Untuk Kehidupan Manusia

Koleksi yang termasuk dalam Geologi Untuk Kehidupan Manusia terletak di lantai dua Museum Geologi. Di sini kamu bisa menemukan Galeri yang menyajikan informasi manfaat mineral dan bebatuan bagi manusia, cara pengolahan komoditi mineral dan energi, hingga penjelasan mengenai berbagai bencana akibat aktifitas geologi seperti tanah longsor dan gunung meletus.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Museum Geologi Bandung

Jam buka:
Senin – Kamis: 08.00-16.00
Jumat- Sabtu: 08.00-14.00
Tutup pada hari libur nasional.

Harga Tiket: Rp. 3000/pengunjung

Museum Geologi Bandung, Wisata Edukatif Di Bandung
5 (100%) 5 votes
Tags: fosil fosil peninggalan zaman mesozoikum yang ada di museum geologi, foto benda-benda bersejarah di museum geologi bandung, isi dari museum geologi bandung, isi museum geologi, makalah tentang museum geologi di bandung

Leave a Reply

Creampie