Sendang Geulis Kahuripan Wisata Anti Mainstream Di Bandung

Sendang Geulis Kahuripan adalah sebuah nama mata air yang saat ini mulai populer. Banyak yang bilang spot wisata cantik yang tersembunyi ini adalah tempat wisata yang anti mainstream.

Advertisements

Mata air ini menjadi salah satu dari sekian banyak tempat wisata alam di Bandung yang menawarkan keindahan dan keasrian alam yang sangat menggoda mata. Apalagi jika kamu melihat foto-foto yang di upload para netizen di instagram, pasti akan tergoda untuk datang kemari.

Nama tempat wisata di Bandung yang satu ini sebenarnya sering juga disebutkan berbeda-beda. Ada yang menyebutnya sebagai Talaga Ckahuripan, Sendang Geulis Kahuripan, dan ada pula yang menyebutnya dengan sebutan Sirah Cai Kahuripan.

Namun jika kamu bertanya kepada warga sekitar maka mereka biasa menyebutnya dengan Cikahuripan. Berbeda-beda namanya namun yang dimaksud adalah tempat yang sama.

sendang geulis kahuripan, sendang geulis cikahuripan, cikahuripan bandung, talaga kahuripan bandung, foto sendang geulis cikahuripan bandung, mata air indah di bandung

Sendang Geulis Cikahuripan – Jika diartikan “Sendang” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti, kolam di pegunungan dan sebagainya yang airnya berasal dari mata air yang ada di dalamnya, biasanya dipakai untuk mandi dan mencuci, airnya jernih karena mengalir terus.

Geulis” dalam bahasa sunda berarti cantik. Sedangkan “Kahuripan” dapat diartikan sebagai kehidupan.

Jadi bila diartikan secara keseluruhan “Sedang Geulis Kahuripan” memiliki arti kolam di pegunungan yang berasal dari mata air dengan pemandangan yang cantik dan mampu memberi kehidupan bagi orang disekitar.

Seperti Apa Bentuknya Sendang Geulis Kahuripan Ini?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Sendang Geulis ini adalah mata air alami yang membentuk sebuah kolam. Ukurannya tidak terlalu besar, namun yang paling menarik adalah airnya yang sangat jernih.

Jika kamu menyelam maka akan terlihat dari atas. Bahkan banyak para pengunjung yang datang untuk selfie di dalam air.

sendang geulis kahuripan, sendang geulis cikahuripan, cikahuripan bandung, talaga kahuripan bandung, foto sendang geulis cikahuripan bandung, mata air indah di bandung

Sendang Geulis Kahuripan ini memang terkenal sangat cantik untuk di jadikan tempat berfoto, kalau bahasa gaulnya instagramable banget !

Selain jernih airnya juga sangat segar dan bersih, karena berasal dari mata air alami yang belum terkontaminasi oleh polusi. Suasana sekitar mata air juga sangat asri.

Pohon-pohon hijau yang rindang membuat udara di sendang ini sangat enak untuk di hirup. Pokoknya tempat ini sangat cocok untuk kamu yang inginkan sebuah liburan anti mainstream untuk menghilangkan stress.

Advertisements

Lokasi Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan terletak di Kecamatan Cikalong Wetan, Bandung Utara. Sendang Geulis ini dikelola oleh pihak Perum Perhutani Regional Jawa Barat & Banten.

Fasilitas Di Sendang Geulis Kahuripan

Walaupun yang letaknya cukup tersembunyi di pelosok Bandung, fasilitas yang ada di Cikahuripan ini lumayan lengkap. Kamu tidak perlu khawatir jika setelah puas berendam dan selfi perut terasa lapar di tempat ini terdapat warung yang menyediakan makanan dan minuman.

Jika ingin berganti baju juga ada toilet dan tempat untuk berganti pakaian yang juga sudah disediakan oleh pihak pengelola. Dan jika kamu merasa letih setelah main basah-basahan sehingga ingin istirahat dan leyeh-leyeh sebentar, maka di tempat ini juga terdapat saung yang cukup nyaman digunakan untuk bersantai sebelum pulang. Kamu bisa bersantai sembari menikmati segaranya udara dan indahnya pemandangan di sekitar.

Rute Menuju Sendang Geulis Kahuripan

Untuk menuju lokasi Talaga Cikahuripan sebenarnya tidak terlalu sulit. Sebagian orang mengeluhkan bahwa lokasi tempat wisata yang satu ini agak sulit ditemukan, mungkin yang terjadi sebenarnya adalah karena kurangnya informasi yang jelas bagaimana caranya bisa sampai ke lokasi Cikahuripan.

Untuk bisa sampai di Sendang Geulis Cikahuripan kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun empat.

Caranya kamu bisa berkendara meuju kawasan Cikalong Wetan hingga melewati perbatasan. Nah setelah melewati perbatasan Cikalong Wetan, perhatikan jalan sebelah kanan. Sekitar 3 KM dari batas kecamatan kamu akan menemui sebuah pertigaan yang terdapat gapura berbentuk nanas.

Setelah sampai di Gapura Nanas singgahlah di pos ojek yang ada di dekatnya, bertanyalah kepada tukang ojek yang ada di sana jalan menuju Sendang Geulis Cikahuripan nanti kamu akan di beritahu jalan menuju lokasi, ikuti saja. Jaraknya juga sudah tidak terlalu jauh.

Jika takut tersasar maka kamu aktifkan saja GPS di smartphone kamu, Sendang Geulis Cikahuripan berlokasi pada koordinat berikut: 6°44’57″S 107°28’46″E

Harga Tiket Masuk Sendang Geulis Cikahuripan

Harga tiket masuk Sendang Geulis Cikahuripan terbilang cukup murah, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 10.000 saja untuk bisa menikmati semua keindahan yang ada di tempat ini.

Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk berikan like, share dan berkomentar.

Salam wisata !

Sendang Geulis Kahuripan Wisata Anti Mainstream Di Bandung
5 (100%) 4 votes
Tags: cikahuripan, review sendang geulis kahuripan, talaga cikahuripan padalarang

2 Comments

  1. indosat 10 digit October 4, 2016
  2. maison April 22, 2017

Leave a Reply