5 Tempat Wisata Kaliurang Yang Wajib Di Kunjungi

Tempat wisata Kaliurang adalah salah satu daerah tujuan wisata yang cukup terkenal di Jogja. Kaliurang merupakan sebuah desa wisata kecil yang berada di kawasan Desa Hargobinangun di Kecamatan Pakem, Sleman Jogja. Jika Anda berangkat dari kota maka jaraknya kurang lebih sekitar 25 km. Desa ini dulunya di kenal sebagai desa tempat peristirahatan para meneer Belanda pada masa penjajahan.

Advertisements

Tempat wisata Kaliurang

Karena lokasinya yang berada pada dataran tinggi di kaki Gunung Merapi maka suasana alamnya sangat asri dan udaranya sangat sejuk. Nah jika Anda berencana untuk mengunjungi Kaliurang, berikut ini kami berikan 5 rekomendasi tempat wisata Kaliurang yang paling menarik untuk di kunjungi.

Gua Jepang

Tempat wisata Kaliurang

Tempat wisata Kaliurang yang pertama yaitu Gua Jepang. Gua ini merupakan salah satu peninggalan paling bersejarah yang ada di Kaliurang. Dulu gua ini di jadikan sebagai tempat berlindung tentara dari serangan sekutu juga sebagai tempat transit sementara pada saat mereka melakukan perjalanan jauh. Gua Jepang memiliki rancang bangunan yang cukup unik dan menarik, di dalamnya terdapat 25 pintu yang saling berhubungan satu sama lain. Saat ini Gua Jepang sudah menjadi objek wisata sejarah yang ada di Kaliurang. Untuk bisa mencapai lokasi Anda harus melakukan sedikit perjuangan dengan berjalan kaki kurang lebih selama 45 menit.

Taman Wisata Plawangan Turgo

Tempat wisata Kaliurang

Advertisements

Tempat wisata Kaliurang yang selanjutnya yaitu Taman Wisata Plawangan Turgo. Tempat ini merupakan objek wisata alam yang cukup populer di Kaliurang. Di Plawangan Turgo ini Anda akan di suguhkan pemandangan alam hutan tropis yang di dominasi oleh warna hijau dan deretan bebatuan hasil dari erupsi Gunung Merapi yang usianya sudah mencapai 40 ribu tahun. Anda juga sesekali akan melihat spesies monyet melewati wilayah pepohonan. Di tempat ini juga Anda bisa menyaksikan secara langsung sisa-sisa semburan abu vulkanik pada erupsi Merapi yang terjadi pada tahun 1994 yang lalu.

Tlogo Putri

Jika Anda ingin mengunjungi objek wisata alam di Kaliurang yang pas untuk rekreasi bersama anak-anak maka Tlogo Putri ini bisa menjadi pilihan yang tepat.Tlogo Putri ini merupakan tempat wisata Kaliurang yang di lengkapi dengan berbagai wahana permainan air yang sangat menyenangkan seperti kano, becak air, dan perahu. Pemandangan alam dan udaranya yang sejuk juga di jamin tidak akan membuat Anda bosan. Di Tlogo Putri juga ada beberapa wahana permainan outbond, flying fox, dan masih banyak lagi. Jika telah puas bermain Anda bisa bersantai sambil menyaksikan pertunjukan seni yang sering di adakan di sini.

Museum Vulkanik Merapi

Tempat wisata Kaliurang yang selanjutnya yaitu Museum Vulkanik Merapi. Nah di sinilah Anda bisa melihat berbagai replika awan panas dari 3 letusan yang pernah terjadi pada Gunung Merapi sejak tahun 1969, 1994, dan 2004. Tempat ini merupakan tujuan destinasi wisata edukatif yang ada di Kaliurang.

Air Terjun Tlogomuncar

Tempat wisata Kaliurang yang terakhir yaitu Air Terjun Tlogomuncar. Ini merupakan salah satu air terjun paling terkenal yang ada di Kaliurang. Keindahannya selalu berhasil mengundang banyak pengunjung meski bukan di hari libur sekalipun. Air terjun Tlogomuncar ini memiliki tinggi kurang lebih sekitar 45 meter dengan pancuran air terjun yang sangat deras. Lokasinya berada pada ketinggian 878 meter di atas permukaan laut sehingga suhu udara di sekitar lokasi akan sangat dingin. Jadi jangan lupakan untuk membawa jaket Anda.

Itulah 5 rekomendasi tempat wisata Kaliurang yang paling menarik untuk di kunjungi. Selamat berlibur !

5 Tempat Wisata Kaliurang Yang Wajib Di Kunjungi
Beri rating
Tags: tempat wisata kaliurang, kaliurang, air mancur yg ada di kaliurang, curug kaliurang, Curug Lawe Ngresepbalong Kabupaten Kendal Jawa Tengah 51383

Leave a Reply

Creampie