Wisata Jogja Terdekat dari Malioboro

Wisata Jogja Terdekat dari MalioboroWisataLova, Yogyakarta tak akan kekurangan destinasi wisata untuk dikunjungi. Selain wisata alam, Jogja pun menawarkan wisata kuliner dan belanja hingga wisata sejarah. Paling ikonik tentunya kawasan Malioboro yang wajib dikunjungi pelancong yang datang ke Kota Budaya ini. Bila sudah puas berbelanja di Malioboro, lalu wisata Jogja terdekat mana lagi yang juga harus dikunjungi ?

wisata jogja terdekat dari malioboro

Inilah Objek Wisata Jogja Terdekat dari Malioboro yang Bisa Kamu Kunjungi

Kampung Wisata Sosromenduran

Lokasi wisata Jogja terdekat dengan Malioboro yang pertama yaitu Kampung Wisata Sosromenduran. Tempatnya berada di tengah kota sehingga Sosromenduran ramai dituju para pelancong dari berbagai daerah dan juga mancanegara. Jaraknya dari Malioboro cuma 800an meter saja, dengan begitu dapat dicapai cukup jalan kaki saja.

Kampung wisata Sosromenduran menawarkan fasilitas komplit mulai dari homestay, hotel, warung makan, restoran, kafe, money changer dan juga rental kendaraan. Ingin membeli buah tangan khas Jogja diantaranya kaus oblong pun gampang sebab kawasan ini adalah produsennya.

Tugu Pal Putih

Tempat wisata Jogja terdekat dengan Malioboro lainnya yaitu Monumen Tugu Yogyakarta atau yang beken dengan sebutan Tugu Pal Putih. Posisinya berada di pusat Kota Jogja yang tak pernah sepi dengan lalu lalang kendaraan. Dari Malioboro sekitar 1,5 km yang bisa dijangkau cukup berjalan kaki saja sekitar 15 menit.

Wisatawan yang sampai di sini memanfaatkannya untuk lokasi nongkrong maupun berfoto-foto. Monumen dengan warna putih mendominasi itu punya nilai simbolis menyatukan empat tempat dari berbagai penjuru yaitu Pantai Parangtritis, Panggung Krapyak, Keraton Yogyakarta, serta Gunung Merapi.  Pelancong tak usah khawatir dengan hiburan sebab di dekat situ tersedia beberapa lokasi nongkrong mulai dari kafe hingga restoran.

Titik Nol Kilometer

Di luar dua lokasi tadi, destinasi wisata Jogja terdekat lainnya dengan Malioboro yang dapat diakses cukup jalan kaki yaitu Titik Nol Kilometer. Jauhnya cuma satu kilometer yang dapat dicapai dengan jalan kaki hanya perlu 15 menit. Ketika diselenggarakan event tertentu, lokasi ini biasa dipilih untuk live music, pertunjukan tari, dan hiburan yang lain. Ada pula spot foto dengan background Gedung Bank Indonesia yang merupakan gedung peninggalan Belanda.

Baca: Tempat Wisata Di Jogja Yang Paling Hits

Taman Sari

Taman Sari adalah tujuan wisata populer di Jogja, dekat Malioboro. Liburan ke Jogja tidak lengkap tanpa menikmati keindahan arsitektur Kesultanan Jogja.

Salah satu tempat yang paling tepat untuk menikmati seni arsitektur adalah di Taman Sari. Di tempat wisata populer di Jogja dekat Malioboro, seperti Taman Sari, dikenal sebagai tempat pemandian putri-putri keraton.

Kondisi bangunan-bangunan di tempat wisata Jogja terdekat dari Malioboro ini masih sangat terawat. Tidak heran jika destinasi wisata populer di Jogja dekat Malioboro ini sering digunakan untuk pemotretan foto profesional atau pre-wedding.

Biaya masuknya murah, hanya Rp3000, namun belum termasuk biaya jika pengunjung membawa kamera profesional.

Gembira Loka Zoo

Mencari tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi di Jogja? Tidak perlu mencari tempat lain selain Kebun Binatang Gembira Loka! Kebun raya dan kebun binatang terbesar di Yogyakarta, Kebun Binatang Gembira Loka adalah tempat wisata populer di dekat Malioboro. Selain koleksi satwa konservasi yang beragam, kebun binatang ini memiliki berbagai wahana rekreasi yang menyenangkan.

Wisatawan dapat berinteraksi dengan koleksi satwa, kolam sentuh, kolam pemancingan, terapi ikan, perahu kayuh, skuter air, atv, bumper boat, spedd boat, perahu katamaran, dan masih banyak lagi. Kebun binatang ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan terawat.

Kebun binatang yang beralamat di Jalan Veteran No. 47, Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta ini buka setiap hari Sabtu hingga Kamis pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Harga tiket masuknya mulai dari Rp 75.000 per orang.

Museum Dirgantara

Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, juga dikenal sebagai Museum Dirgantara, adalah tujuan wisata populer untuk keluarga di Jogja dekat Malioboro. Museum ini menyimpan koleksi-koleksi yang berkaitan dengan sejarah Angkatan Udara Indonesia dan berisi pesawat-pesawat yang pernah digunakan oleh Angkatan Udara Indonesia.

Museum yang didirikan pada tahun 1978 ini dulunya merupakan bangunan pabrik gula seluas 4,3 hektar yang berasal dari masa kolonialisme. Museum yang terletak di Jalan Janti, Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00. Harga tiket masuknya adalah Rp 6.000 per orang.

Museum Benteng Vredeburg

Objek wisata berikutnya di dekat Malioboro adalah Museum Benteng Vredeburg. Benteng ini dibangun pada tahun 1767 oleh pemerintah kolonial Belanda. Letaknya tepat di dekat Malioboro, tepat sebelum mendekati titik 0 km dari Yogyakarta.

Benteng Vredeburg merupakan salah satu bangunan yang menjadi saksi peristiwa bersejarah di Yogyakarta sejak pemerintahan kolonial Belanda. Keraton Kasultanan Yogyakarta pertama kali dibangun pada tanggal 9 Oktober 1755. Setelah keraton ditempati, bangunan-bangunan pendukung seperti Pasar Gedhe, Masjid, alun-alun dan bangunan pelengkap lainnya mulai dibangun.

Hal ini membuat kolonial Belanda khawatir dan meminta izin kepada sultan untuk membangun benteng. Meskipun dalih Belanda adalah untuk menjaga keamanan keraton, namun sebenarnya benteng tersebut dibangun untuk memata-matai kegiatan keraton itu sendiri.

Kini benteng tersebut menjadi objek wisata sejarah yang menarik di dekat kawasan Malioboro.

Buruan Flash Sale Gratis Biaya Kirim Shopee
x