Indahnya Bukit Pengilon Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Bukit Pengilon ini merupakan salah satu destinasi wisata murah dengan pemandangan yang spektakuler di Jogja. Tidak percaya? Silahkan datang ke sana dan buktikan sendiri. Walaupun masih banyak yang belum tahu dengan keberadaan tempat ini namun akhir-akhir ini namanya mulai populer dan foto-fotonya mulai banyak lalu-lalang di timeline sosmed. Akhirnya kami pun ikut penasaran seperti apa keindahan yang dimiliki bukit yang terletak berdekatan dengan Pantai Siung ini. Jika Anda juga penasaran, mari kita lanjut.

Advertisements

bukit pengilon jogja, bukit pengilon pantai siung, pemandangan bukit pengilon

Pantai Bukit Pengilon punya keunikan di banding bukit-bukit lainnya. Jika Anda sudah berada di puncak, Anda bisa melihat pemandangan laut lepas yang tepat berada di hadapan Anda. Di sekeliling Anda membentang padang rumput hijau yang masih terjaga kealamiannya.

Sesekali Anda akan melihat hewan ternak milik warga yang sedang merumput. Karena belum banyak yang tahu dengan keberadaan Bukit Pengilon Pantai Siung ini, kondisi alamnya pun masih sangat bersih dan belum ada kerusakan disana sini. Rasanya seperti datang ke sebuah bukit yang belum pernah terjamah manusia. Tidak kalah indah dari Puncak Lereng Kelir atau Bukit Bulu Batu yang sekarang sedang hits sekalipun, di jamin !

Lokasi Bukit Pengilon Pantai Siung Jogja

Bukit Pengilon terletak di Dusun Wates, salah satu dusun yang ada di Desa Purwodadi, Kec. Tepus Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Siung bagian timur. Jadi sebelum naik ke bukit, Anda bisa mampir sebentar untuk menikmati keindahan pantai yang ada di kaki bukit ini.

Cara Menuju Ke Bukit Pantai Pengilon

Tidak sulit untuk bisa sampai di bukit ini walaupun lokasinya cukup lumayan jauh jika Anda berangkat dari Kota Jogja, sekitar 80 Km. Jika di tempuh dengan kendaraan umum mungkin bisa memakan waktu hingga 2 jam, dan bisa lebih singkat lagi jika Anda menggunakan kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil.

Bagaimana cara ke Bukit Pantai Pengilon ini? Nah, bagi Anda yang masih kesulitan untuk memahami rutenya, mungkin panduan berikut ini bisa membantu.

Jika Anda berangkat dari Jogja dan menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menaiki Bus yang berangkat dengan jurusan Jogja-Wonosari. Setelah berhenti di terminal, Anda masih harus menyambung perjalanan dengan naik angkot jurusan Wonosari – Tepus. Setelah sampai di daerah Tepus sambung lagi perjalanan Anda dengan menyewa ojek sampai ke Pantai Siung. Tawar menawar harga dulu supaya bisa lebih hemat.

bukit pengilon pantai siung, bukit pantai pengilon, bukit pengilon jogjakarta

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, langsung saja mengambil rute ke arah Pantai Wediombo. Setelah melewati portal retribusi Anda belok ke kanan menuju Pantai Lumbung, ikuti jalan hingga Anda sampai di parkiran Pantai Watu Lumbung. Nah perjalanan Anda dengan kendaraan hanya bisa sampai di sana. Karena untuk naik ke atas Bukit Pengilon kendaraan Anda harus di tinggal dan hanya bis di tempuh dengan berjalan kaki.

Indahnya Pemandangan di Bukit Pengilon Pantai Siung

Dalam perjalanan mendaki ke puncak bukit, Anda akan melihat pemandangan yang menakjubkan di sisi kiri dan kanan. Hamparan padang rumput yang hijau dan bersih menghiasi bukit-bukit kecil yang ada di sepanjang kaki gunung purba Batur.

bukit pengilon jogja, bukit pengilon pantai siung, pemandangan bukit pengilon

Advertisements

Jika memandang ke sebelah barat, Anda akan melihat pemandangan hamparan Pantai Banyu Nibo dan Pantai Siung. Hamparan pasir pantai yang putih terlihat jelas di sepanjang pantai. Di sebelah barat ada Pantai Wediombo dan juga Pantai Watu Lumbung.

bukit pengilon jogja, bukit pengilon pantai siung, pemandangan bukit pengilon

Di hadapan Anda terhampar pemandangan lautan lepas Samudra Hindia, sesekali Anda akan melihat kapal-kapal melintas. Semua keindahan itu akan menghilangkan semua lelah Anda selama mendaki. Banyak para pengunjung yang berburu spot-spot untuk berfoto. Anda juga tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mengeskplore berbagai sudut yang paling cantik untuk mengabadikan kunjungan Anda ke bukit ini.

bukit pengilon dari drone, camping bukit pengilon, bukit pantai pengilon

Satu hal penting yang tidak boleh Anda lupa yaitu untuk membawa perbekalan makanan dan minuman, apalagi jika Anda berminat untuk berlama-lama di puncak bukit. Disini belum ada fasilitas apapun, jadi tidak ada penjual makanan dan minuman. Anda harus membawa sendiri perbekalan Anda. Mungkin saja Anda akan bertemu dengan warga, namun biasanya mereka hanya warga lokal yang mencari rumput untuk pakan ternak mereka yang tinggal di bawah kaki Gunung Kidul ini.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Bukit Pantai Pengilon adalah pada saat pagi atau sore hari. Jangan naik pada saat matahari sedang tinggi. Karena cuacanya bisa sangat terik dan melelahkan. Jika pun Anda harus naik pada siang hari sebaiknya pakailah jaket dan lindungi kulit Anda dengan sunblock. Kecuali jika Anda memang ingin menghitamkan kulit, hehe.

camping bukit pengilon, bukit pantai pengilon

Puncak Bukit Pengilon juga sering dijadikan area camping ground. Jika Anda punya waktu yang cukup tidak ada salahnya untuk mencoba berkemah di bukit ini. Bonus yang bisa Anda dapatkan adalah pemandangan sunrise dan sunset yang cantik dan pengalaman berkemah yang menyenangkan.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk datang ke bukit ini?

Semoga bermanfaat.

Indahnya Bukit Pengilon Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta
4.6 (91.43%) 7 votes
Tags: pantai siung, bukit pantai siung, bukit pengilon jogja, cara naik bukit oengilon daei pantai siung, sunrise bukit pengilon pantai siung

Leave a Reply