5 Tempat Wisata di Pulau Palau Yang Wajib di Kunjungi

pulau palau, lokasi syuting film the legend of the blue sea

Advertisements

Plesiran ke luar negeri sudah sejak beberapa tahun terakhir ini menjadi tren yang digemari banyak orang. Tidak tanggung-tanggung, mereka bahkan rela merogoh kocek yang tidak sedikit untuk membiayai perjalanan mereka traveling ke Negara-negara yang memiliki destinasi wisata paling populer.

Jika ditanya tentang destinasi wisata di luar negeri yang ingin di kunjungi, pasti kebanyakan akan menjawab Paris, Turki, atau Jepang, dan Negara-negara populer lainnya. Memang tidak bisa disangkal jika kesemua Negara-negara tersebut memang memiliki destinasi wisata yang paling terkenal di dunia. Tapi satu yang menjadi masalah, budget yang harus disiapkan juga tidak sedikit ! itu dia.

Apakah benar hanya Negara-negara tersebut diatas yang ingin Anda kunjungi jika nanti jalan-jalan keluar negeri? Letaknya jauh dan budgetnya tidak sedikit. Lalu apakah ada destinasi yang dekat dengan Indonesia dan budgetnya bisa lebih murah?

Jawabannya: Ada !

Yaitu Negara Kepulauan Palau atau yang lebih dikenal dengan nama Republik Palau. Sebagian orang juga menyebutnya dengan nama Republik Belau. Mungkin hanya sebagian kecil masyarakat kita yang pernah mendengar nama negara ini.

Dari segi pariwisatanya, Palau ternyata punya keindahan yang tak kalah dengan tempat-tempat terindah di dunia yang sudah lazim diinginkan banyak orang. Namun karena kurang populer di Indonesia Palau menjadi kurang diminati.

Lihat lokasi Pulau Palau di sini

Pada tulisan ini wisatalova.com akan coba membahas 5 Tempat Wisata di Pulau Palau Yang Wajib di Kunjungi. Mari kita bahas satu persatu:

1. Milky Way Lagoon

 

wisata-pulau-palau-milky-way-lagoon_2
wisata-pulau-palau-milky-way-lagoon_5
wisata-pulau-palau-milky-way-lagoon_1
palau-fish
palau-fish-2
wisata-pulau-palau-milky-way-lagoon_3

Laguna Milky Way ini adalah salah satu destinasi wisata paling populer di Pulau Palau. Laguna ini masih terletak di wilayah perairan gugusan Rock Island. Banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di Milky Way seperti berenang, snorkeling, atau bersantai menikmati pemandangan alamnya yang masih sangat alami.

Karena keindahannya, laguna ini dijadikan Lokasi Syuting Film The Legend Of The Blue Sea yang baru-baru ini dirilis. Film yang dimainkan oleh aktor kenamaan korea Lee Min Ho itu saat ini sedang populer di Indonesia.

Perairan dangkal di sekitar laguna dengan air yang sangat biru dan jernih adalah lokasi terbaik untuk melakukan snorkeling. Salah satu hal yang paling atraktif di tempat ini adalah adanya lumpur putih yang di percaya memiliki kekuatan untuk menyembuhkan penyakit.

Lumpur putih yang jika sekilas terlihat seperti cream susu ini sebenarnya adalah lumpur yang ada di dasar perairan Milky Way Lagoon. Lumpur inilah yang digunakan untuk spa. Para pengunjung mengoleskan lumpur putih ini di sekujur badan layaknya sedang melakukan spa. Belum ada pembuktian secara ilmiah apakah kandungan lumpur ini memang mengandung zat-zat tertentu yang dapat menyembuhkan penyakit. Jadi sebenarnya spa yang dilakukan hanya untuk seru-seruan saja.

 

2. Air Terjun Ngardmau

air terjun ngardmau, pulau palau, wisata pulau palau

Air terjun Ngardmau terletak di pulau bernama Babeldaob, salah satu pulau dalam gugusan Pulau Palau. Air terjun ini mengalir dari puncak tertinggi di Gunung Ngerchelchuus, kurang lebih setinggi 217 meter.

Para wisatawan tidak akan melewatkan penjelajahan mereka di Palau dengan mengunjungi air terjun yang menakjubkan ini. Walaupun letaknya yang cukup jauh di dalam pulau, tapi selama perjalanan terasa cukup menyenangkan. Anda akan melewati hutan dan trek yang cukup menguras energi untuk bisa sampai di Ngardmau Waterfall.

Namun semua terbayar begitu Anda berhasil sampai di lokasi. Pemandangan air terjun yang menakjubkan, udara yang segar, dan suasana alam yang tenang. Jangan lewatkan juga untuk berenang di kolam yang ada di bawah air terjun ini. Airnya sangat sejuk dan jernih.

3. Danau Ubur-ubur

danau ubur-ubur, pulau palau, wisata pulau palau, ubur-ubur tidak menyengat

Nah ini dia tempat terbaik untuk melakukan snorkeling di Pulau Palau. Sesuai dengan namanya di Danau Ubur-ubur (jelly fish) ini Anda bisa menikmati keindahan bawah air paling menakjubkan di Palau.

Di danau ini Anda bisa menyelam bersama ribuan ubur-ubur tanpa takut akan tersengat. Karena ubur-ubur yang ada disini jinak semua, Anda bisa berenang layaknya Spongebob yang sedang bermain bersama ribuan teman ubur-uburnya.

Danau yang memiliki nama lokal Danau Eil Malk terletak dalam wilayah gugus Kepulauan Rock. Untuk bisa sampai ke lokasi Anda juga harus menempuh perjalanan melewati hutan dan trek mendaki. Tapi semua akan terbayar lunas ketika Anda sampai dan bertemu dengan ubur-ubur langka yang diperkirakan usianya mencapai 12.000 tahun !

danau ubur-ubur pulau palau, wisata pulau palau, ubur-ubur tertua di dunia

Advertisements

Sedikit unik jika kita berbicara tentang ubur-ubur jinak yang tidak menyengat. Namun penelitian ilmiah telah menemukan jawabannya. Ubur-ubur yang ada di danau ini adalah spesies ubur-ubur emas (Mastigas sp) dan ubur-ubur bulan (Aurelia sp). Menurut penelitian yang kami baca, ubur-ubur ini telah berevolusi sehingga kehilangan senjatanya (sengat) karena mereka telah hidup ribuan tahun dengan aman tanpa adanya predator.

Bisa dikatakan kalau danau ini adalah surga bagi para ubur-ubur. Jangan lewatkan kesempatan Anda untuk mengunjungi danau ini untuk bertemu mereka.

3. Blue Hole (Rock Island)

blue hole, pulau palau, wisata pulau palau

Blue Hole adalah surga bagi para penyelam Professional dengan peralatan canggih dan skill yang mumpuni. Gua karang yang merupakan pintu masuk menuju Blue Corner di perairan Palau ini sudah sangat terkenal namanya di dunia, khususnya para pecinta diving.

Ketika Anda masuk ke dalam Blue Hole, Anda harus berenang sedalam 50 meter untuk bisa keluar di Blue Corner. Walaupun tempat ini memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan, namun sangat tidak semua wisatawan di bolehkan menyelam. Hanya mereka yang telah memiliki sertifikat dan skill yang mumpuni saja yang diperbolehkan.

blue hole, pulau palau

Didalam Blue Holes terdapat berbagai biota laut dari spesies nudibranch, kerang, ikan barakuda, kakap hingga berbagai jenis ikan tuna. Pada dinding-dinding gua yang dangkal hidup berbagai jenis ikan tropis dan terumbu karang yang masih sangat terjaga kealamiannya. Anda akan mendapat sebuah pemandangan yang sangat menakjubkan ketika turun menyelam ke dalam Blue Holes ini.

4. Palau Aquarium

 

palau-fish-3
palau-aquarium_3
kayangel-island_3
palau-aquarium
palau-aquarium_2

Palau Aquarium merupakan salah satu bagian dari Pacific International Coral Reef Center, sebuah badan penelitian terumbu karang internasional. Kegiatan penelitian yang diadakan di Pulau Palau mendapat pendanaan penuh dari Jepang.

Aquarium raksasa yang ada di sini merupakan wahana yang paling atraktif untuk melihat dan mengenal lebih dekat berbagai jenis hewan laut yang ada di perairan Pulau Palau. Wahana aquarium ini memiliki nilai edukatif yang sangat bagus untuk anak-anak, selain bisa memperkenalkan kehidupan laut dengan cara yang menyenangkan disini juga ada sesi pertunjukan memberi makan ikan yang cukup menarik untuk menjadi tontonan bersama anak-anak. Momen paling di tunggu-tunggu adalah pada saat pertunjukan menyelam bersama hiu.

Palau Aquarium ini letaknya sekitar 2 KM dari Korror, Ibukota Republik Palau. Jadi tempat ini bisa diakses dengan berjalan kaki karena jaraknya cukup dekat. Selain aquarium raksasa yang menampilkan kekayaan bawah laut di Palau, di Palau Aquarium ini juga terdapat berbagai wahana yang menampilkan berbagai organisme dari ekosistem lainnya yang ada di Kepulauan Palau. Seperti ikan pemanah (uloi), ikan jarum, dan kepiting fiddler yang berasal dari ekosistem mangrove.

Jika Anda berkesempatan traveling ke Republik Belau, maka tempat ini wajib kamu masukkan ke dalam daftar kunjungan.

5. Kayangel Island

kayangel island, atoll kayangel, pulau palau

Kayangel Island terletak pada bagian paling utara pada gugusan Kepulauan Palau, jaraknya sekitar 103 Km dari Jembatan Koror. Untuk bisa sampai di Kayangel Island ini Anda harus menempuh perjalanan dengan menaiki speedboat selama 2 sampai 3 jam. Namun jika cuaca sedang tidak bersahabat perjalanan akan menjadi lebih lama.

Pulau ini merupakan salah satu pulau terindah yang ada di Palau. Perairan yang ada di Kayangel merupakan tempat yang sangat sempurna untuk menyelam. Disini hidup berbagai spesies bawah laut berukuran besar yang menakjubkan seperti ikan lumba-lumba, hiu karang, dan ikan pari perak,

Di bawah laut Kayangel juga hidup berbagai jenis ikan-ikan kecil berwarna-warni seperti jenis snappers, tigerfish, butterflyfish, dan sweetlips yang hidup di sekitar terumbu karang Kayangel. Pulau ini juga merupakan habitat bagi ribuan spesies burung laut.

Itulah 5 Tempat Wisata di Pulau Palau Yang Wajib di Kunjungi. Semoga artikel ini bisa memberi inspirasi bagi Anda yang sedang mengidam-idamkan bisa liburan ke luar Negeri tapi masih bingung akan kemana. Mungkin jalan-jalan ke Pulau Palau cukup menarik untuk jadi pertimbangan. Well, sampai disini dulu. Jangan lupa untuk berkomentar dan share tulisan ini jika Anda suka. Salam wisata !

5 Tempat Wisata di Pulau Palau Yang Wajib di Kunjungi
4.5 (90%) 8 votes
Tags: republik palau, pulau palau, negara palau, wisata palau, kepulauan palau

Leave a Reply

Creampie