Inilah Pulau Semiun Yang Hanya Di Huni Oleh 2 Kepala Keluarga

Ada banyak sekali pulau-pulau kecil milik Indonesia yang berada pada garis terluar. Letaknya yang sangat jauh dan sulit di jangkau membuat kebanyakan pulau ini tak berpenghuni.

Advertisements

Di batas paling utara NKRI, tepatnya pada wilayah gugusan Kepulauan Natuna terdapat sebuah pulau kecil nan indah yang mungkin tak banyak orang tau.

Seperti yang sudah di bahas pada tulisan sebelumnya mengenai Keindahan Pulau Natuna, gugusan pulau-pulau di wilayah Natuna ini memang memiliki keindahan yang patut di perhitungkan.

Pulau yang kecil nan indah yang dimaksud tadi bernama Pulau Semiun. Pulau Semiun merupakan sebuah pulau kecil yang hanya memiliki luas tidak lebih dari 18 KM.

Pulau ini terletak di bagian barat laut dan berbatasan dengan Pulau Anambas. Jika dilihat secara adminstrasinya, Pulau Semiun masih termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Pulau Laut, Natuna.

Penghuni Pulau Semiun

Pada awalnya Pulau Semiun adalah sebuah pulau kecil tak berpenghuni. Hal ini dikarenakan letak pulau ini yang sangat jauh dan juga akses keluar yang sangat sulit di dapat. Dahulu pulau ini sempat di gunakan sebagai tempat berlabuhnya kapal-kapal dagang milik asing.

Kurangnya perhatian dari pemerintah setempat membuat pulau ini terabaikan. Tidak ada warga yang mau menempati pulau tersebut karena memang fasilitas yang di bangun di tempat itu belum ada sama sekali. Ini lah yang membuat warga sekitar enggan untuk tinggal di sana.

Namun saat ini ternyata sudah ada warga yang menempati pulau tersebut. Menurut sumber disebutkan bahwa ada 2 kepala keluarga yang saat ini mendiami Pulau Semiun, total ada 5 orang.

Dua kepala keluarga tersebut telah cukup lama tinggal di Pulau Semiun. Karena kondisi pulau yang terabaikan dan belum adanya pembangunan, maka mereka harus bertahan hidup dengan keadaan seadanya.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka harus membelinya dari Pulau Laut. Bahkan seringkali mereka melakukan transaksi dengan barter dari hasil alam yang mereka dapat di Pulau Semiun seperti ikan, kelapa, dan cengkeh.

Advertisements

Potensi Pulau Semiun

pulau semiun, pulau semiun natuna, pulau tak berpenghuni, pulau terkecil di natuna. pulau natuna

Jika berbicara tentang potensi yang ada di Pulau Semiun, sebenarnya pulau ini memiliki potensi yang cukup bagus. Pulau Semiun merupakan salah satu pulau yang menjadi habitat alami dan tempat bertelur bagi penyu hijau. Penyu-penyu akan berkumpul di tepian pantai pulau pada saat musim tertentu untuk mengeluarkan telur-telurnya.

Pulau Semiun merupakan pulau salah satu pulau penghasil telur penyu terbesar setelah Pulau Sekatung. Selain itu kondisi pantai di pulau ini juga masih cukup bagus dan asri.

Jika di lirik dari segi wisata, maka pulau ini sangat memungkinkan untuk bisa di kembangkan untuk memperkaya wisata bahari nusantara. Dan yang pasti akan memberikan dampak positif bagi kemajuan perekonomian masyarakat setempat.

Tapi sekali lagi kita hanya bisa berharap, bahwa suatu hari nanti Pulau Semiun akan di “perhatikan”.

Semoga bermanfaat.

Inilah Pulau Semiun Yang Hanya Di Huni Oleh 2 Kepala Keluarga
5 (100%) 3 votes
Tags: pulau apa yg paling terpencil di natuna, bentuk perhatian pulau semiun, kurma di pulau semiun, pulao yang berpenghuni satu keluarga, Pulau kecil indonesia yg cocok di huni

Leave a Reply

Creampie