Tempat Wisata di Medan dan Sekitarnya yang Wajib di Kunjungi

Tempat wisata di medan yang dapat dikunjungi sangat banyak, karena kota medan merupakan kota terbesar keempat di Indonesia. Seperti kota besar lainnya, disamping sebagai pusat perdagangan dan pemerintahan, Medan juga kerap menjadi destinasi wisata bagi wisatawan dalam dan luar negeri.

Kota yang dipadukan dari budaya modern dan kolonial ini mempunyai banyak spot wisata yang sayang untuk di lewatkan. Berikut ini akan admin ulas tempat – tempat wisata di Medan  yang wajib Anda kunjungi, antara lain sebagai berikut.

Tempat Wisata di Medan dan Sekitarnya yang Wajib di Kunjungi

Tempat Wisata di Medan dan Sekitarnya yang Wajib di Kunjungi

  1. Museum Sumatera Utara Tempat Wisata di Medan yang Wajib dikunjungi

Museum Sumatera Utara

 

Museum Sumatera Utara tepatnya berada di Jl. H.M Jhoni No. 51, Medan. Museum yang paling besar di wilayah Sumatera Utara ini mempunyai berbagai macam jenis peninggalan budaya dan sejarah Sumatera Utara. Museum ini berdiri di atas tanah seluas 10.468 meter persegi. Museum ini juga terdiri dari 2 lantai dan dibagi menjadi beberapa ruangan, yaitu ruang pameran temporer, ruangan pameran tetap,  ruang audio visual, dan sebagainya. Museum ini mempunyai 6.799 koleksi yang salah satunya hewan khas Sumatera, diorama zaman pra sejarah, arca, dan beberapa benda bersejarah lainnya.

  1. Danau Siombak

Danau Siombak tempat wisata di medan

Danau Siombak berada di Kel. Paya Pasir, Medan Marelan, Medan. Danau Siombak adalah danau buatan yang luasnya sekitar 40 hektar yang diapit antara Sungai terjun dan Sungai deli. Walaupun danau ini adalah buatan, namun airnya sangat jernih berwarna biru kehijauan. Hal ini karena didasar danau terdapat banyak lumut dan ganggang. Disini anda dapat melakukan kegiatan memancing. Untuk anak-anak dapat berenang di kolam mini ataupun mandi bola. Tiket masuk Wisata air di Medan Danau Siombak ini sebesar 2.000 Rupiah saja.

  1. Taman Bermain Hillpark Sibolangit

tempat wisata di medan Hillpark Sibolangi

Hillpark Sibolangit adalah taman bermain yang paling besar di Medan. Konsep yang diusung mirip dengan konsep dari Trans Studio atau Dufan. Anda dapat menikmati wahana mulai dari ferries wheel, roller coaster, 4D theater, dan amphi theater dengan muatan 1.200 orang untuk konser atau pertunjukan. Disamping itu, suasana taman bermain ini cukup bersih dan mempunyai udara yang sejuk. Sayangnya, tempat wisata ini dibuka pada hari libur nasional, Sabtu, dan Minggu saja. Anda cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp. 45.000,-.

  1. Istana Maimun

wisata medan Istana Maimun

Istana Maimun berada di Jl. Brigjen Katamso, Kel. Sukaraja. Istana ini dibuat oleh Sultan Deli, yaitu Sultan Mahmud Al Rasyid di tahun 1888 dan beres pada tahun 1891. Dibuat dengan desain arsitektur gaya Italia, istana ini memiliki luas 2.777 meter persegi, terdiri dari 2 lantai dan 3 bangunan induk, bangunan sayap kanan, dan sayap kiri. Kurang lebih terdapat 30 ruangan didalam istana yang kental dengan campuran budaya Eropa ini.

  1. Taman Buaya Asam Kumbang

Taman Buaya Asam Kumbang

 

Bila Anda ingin memperoleh pengalaman yang berbeda, cobalah untuk datang ke Taman Buaya Asam Kumbang. Taman ini merupakan taman buaya paling besar di Indonesia dimana terdapat 2.500 buaya dengan bermacam ukuran ada disini. Disamping terbesar di Indonesia, taman ini juga paling besar di Asia Tenggara. Berdasarkan informasi, lokasi penangkaran ini pada awalnya dikelola oleh keluarga yang memiliki buaya di halaman belakang rumahnya. Tanpa diduga buaya ini semakin hari semakin bertambah banyak dan akhirnya dibuatlah tempat penangkaran buaya.

  1. Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan

 

Masjid Raya Al- Mashun atau dikenal dengan Masjid Raya Medan ini beralamat di Jl. Sisingamangaraja No. 718, Medan. Masjid yang ada di jantung kota Medan ini dibuat pada 21 Agustus 1906. Gaya bangunannya merupakan campuran antara timur tengah, Maroko, Eropa, dan Melayu. Masjid ini dibangun cukup unik dengan desain berbentuk bundar segi delapan dan mempunyai 4 serambi utama di area depan,  samping kiri kanan, dan belakang.

  1. Merdeka Walk

Merdeka Walk medan

 

Setelah seharian penuh mengelilingi kota Medan, menjelang sore hari kunjungilah Merdeka Walk. Merdeka Walk atau dikenal dengan MW, adalah salah satu lokasi wisata kuliner, hiburan, dan tempat nongkrong para pemuda Medan. Di sini ada bermacam jenis gerai makanan khas Medan, asian food, dan western food. Salah satu tempat yang paling nyaman di Merdeka Walk yaitu Center Piece, yang banyak memiliki pepohonan rindang. Di Center Piece ini biasanya sering digelar pentas breakers, band, rap, serta hiburan lainnya.

Demikianlah beberapa tempat wisata di medan yang patut untuk dikunjungi saat berada disana. Semoga bermanfaat dan selamat liburan.

5 Tempat Wisata Malang Dekat Stasiun Yang Paling Menarik

Tempat wisata Malang dekat stasiun memang bisa menjadi alternatif tempat nongkrong yang cukup menyenangkan sembari menunggu kereta berangkat. Daripada harus menunggu berjam-jam di stasiun...
Wisatalova
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *