Pantai Kondang Merak

Tempat Wisata Pantai Kondang Merak MalangWisataLova.com, Pantai indah ini terletak di kecamatan Donomulyo, Malang Selatan atau kabupaten Bantur, Malang, Jawa Timur, yang berjarak sekitar 68 kilometer dari kota Malang. Pantai ini merupakan salah satu pantai di pesisir selatan Jawa Timur, selain Pantai Balekambang.

Dibalik Nama Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak Malang

Bedanya, pantai Kondang Merak terlihat lebih alami dan tidak terlalu ramai. Pantai juga merupakan salah satu penghasil ikan hias. Konon dulu, masyarakat sekitar sering melihat burung merak datang ke pantai ini untuk minum air tawar di sekitar pantai. Sejak burung merak sering singgah di tempat ini, pantai ini menjadi terkenal. Itulah yang membuat pantai ini dikenal dengan nama Pantai Merak (Merak) Kondang.

Pemandangan di sekitar pantai ini cukup indah dengan hembusan angin sepoi-sepoi dengan pasir putihnya yang cukup lembut terasa di kaki. Di pantai ini juga terdapat terumbu karang berukuran besar. Bebatuan karang besar itu akan menarik untuk dilihat saat air laut sedang surut. Hal ini karena karang yang sebelumnya tertutup air laut akan naik ke permukaan.

Seperti sudah kita singgung tadi, pantai ini dulunya merupakan habitat beberapa burung merak. Namun, sudah tidak ada lagi sejak tahun 1980-an.Yang bisa ditemukan wisatawan sekarang adalah garis pantai yang panjang dengan pasir coklat mudanya yang eksotis. Pantai ini juga terkenal dengan ombaknya yang besar. Itu sebabnya pengunjung tidak diperbolehkan masuk ke dalam air atau berenang di dalamnya. Sebaliknya, mereka bisa menikmati berjalan-jalan di pantai sambil jalan-jalan.

Trending:   Wisata Bukit Bulu Batu Flower Garden Malang

Suara ombak pantai yang keras terlihat luar biasa, terutama saat cuaca berangin. Tidak hanya santai, tetapi juga bagus untuk fotografi. Artinya, wisatawan cukup mengambil foto ombak laut dari jauh. Sekali lagi, tidak disarankan untuk masuk ke air laut atau berenang di sana.

Selain ombak pantai ini yang besar, Pantai Kondang Merak menawarkan atraksi lain, termasuk formasi terumbu karang yang terletak di lepas pantai. Pemandangan alam terbaik ini memang layak untuk difoto. Wisatawan juga dapat menemukan tebing di mana mereka dapat menikmati jalan-jalan dengan lebih baik. Namun, butuh perjuangan untuk sampai ke puncak tebing itu. Bagi yang tidak ingin mengeluarkan banyak tenaga, cukup berdiam diri di bibir pantai dan mengambil foto tebing dari jauh. Lagipula, sudah terlihat bagus dari kejauhan juga.

Cek: Tempat Wisata di Malang yang Wajib Dikunjungi

Pantai Kondang Merak juga menawarkan area tertentu di mana wisatawan dapat membangun tenda dan berkemah. Ini bukan perkemahan resmi, tetapi orang-orang masih datang ke tempat itu untuk kamp dan beberapa ritual tradisional. Biasanya penduduk setempat datang pada sore hari dan mandi di pantai (yang merupakan bagian dari ritual).

Fasilitas pantai

Tidak perlu khawatir karena di sini juga tersedia beberapa penginapan, restoran, masjid bahkan camping ground. Untuk restoran tentu saja menu yang ditawarkan kebanyakan seafood.

Pilihan Transportasi ke Pantai Kondang Merak

Dari pusat kota Malang, ikuti jalan menuju Kepanjen untuk mencapai pantai Balekambang. Untuk sampai ke pantai Kondang Merak, akan ada banyak papan informasi di sepanjang jalan yang menunjukkan jalan mana yang harus diambil.

Perjalanan akan memakan waktu sekitar tiga jam dengan mobil. Namun, mereka yang bepergian dengan sepeda motor harus lebih berhati-hati karena kondisi jalan yang tidak ideal.

Trending:   11 Lokasi Syuting Sinetron Orang Orang Kampung Duku SCTV Terbaru

Tiket Masuk

Biaya masuk ke Pantai Kondang Merak terjangkau hanya Rp10.000 per orang, sehingga wisatawan dapat menikmati liburan mereka di sini sebanyak yang mereka inginkan.Pantai Kondang Merak buka dari pukul 07.00-00.00 WIB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.