Wisata Alam Curug Nangka Di Bogor Jawa Barat

Curug Nangka atau ada juga yang menyebutnya dengan nama Curug Cinangka adalah salah satu dari sekian banyak curug yang ada di Bogor. Beberapa ada yang mudah di akses namun tidak sedikit juga yang butuh perjuangan ekstra untuk bisa mencapainya. Salah satu curug di Bogor yang butuh perjuangan ekstra dengan medan yang tidak bisa di bilang ringan untuk di tempuh adalah Curug Nangka.

Advertisements

Untuk bisa sampai ke sini sebenarnya tidaklah sulit, Anda bisa menaiki kendaraan umum seperti angkot atau membawa kendaraan sendiri. Dengan mudah Anda bisa sampai di pintu masuk menuju Curug, namun untuk bisa sampai di lokasi curugnya, perjalanan masih harus dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Nah, disinilah letak keseruannya. Untuk mempermudah Anda memahami lokasi dan bagaimana cara menuju ke Curug nangka Bogor, simak penjelasan berikut ini,

Lokasi Curug Nangka

lokasi curug nangka, curug nangka, alamat curug nangka

Lokasi Curug Nangka

Curug nangka berlokasi di Kecamatan Tamansari, Ds Warung Loa Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Lihat lokasi Curug nangka pada maps berikut

Cara Menuju Curug nangka

Jika menggunakan kendaraan umum atau angkot, Anda naiklah angkot dari Bogor Trade Mall dengan jurusanĀ  Ramayana – Ciapus. Jaraknya sekitar 25 KM dengan perkiraan waktu perjalanan sekitar 45 menit. Setelah itu Anda berhentilah di pertigaan dekat pintu masuk ke Curug nangka.

Dari pertigaan ambil jalan ke kiri menuju ke pintu masuk. Jaraknya lumayan jauh dari pertigaan menuju ke pintu masuk, sekitar 1 Km. Jika Anda tidak ingin capek berjalan kaki Anda bisa menyewa ojek yang ada di pangkalan dekat pertigaan tadi.

Dari pintu masuk ini Anda masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki lagi sejauh kurang lebih 1,5 Km.

Jika Anda datang dari pusat Kota Bogor dan menggunakan kendaraan pribadi, Anda mungkin bisa sampai dengan lebih cepat. Dengan menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Bogor hanya memakan waktu 30 menit saja.

Namun walaupun menggunakan kendaraan pribadi, Anda hanya bisa sampai di pintu gerbang saja karena untuk bisa sampai di lokasi Curug nangka memang harus di tempuh dengan berjalan kaki.

Perjalanan Menuju Curug nangka

Setelah Anda sampai di pintu masuk, perjalanan masih harus di lanjutkan. Trek yang harus dilalui untuk bisa sampai di lokasi terbilang cukup menguras tenaga. Dan ini adalah bagian yang cukup seru.

Di sepanjang perjalanan menuju curug yang berjarak kurang lebih 1-2 Km dari pintu masuk ini Anda akan cukup terhibur dengan pemandangan alam sekitar yang Ada. Sesekali Anda akan melihat monyet-monyet melintas dari atas pohon.

Karena udara Bogor yang cukup dingin, mungkin perjalanan menjadi tidak begitu melelahkan. Anda hanya perlu berhati-hati di sepanjang perjalanan terutama saat melewati daerah yang mendaki dan dekat dengan tebing.

Advertisements

Sampai di Lokasi Curug Nangka

 

curug nangka, foto air terjun curug nangka, foto curung nangka bogor

Pemandangan air terjun di Curug Nangka

 

Setelah sampai di spot curug, semua rasa lelah Anda selama perjalanan akan terbayar lunas. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan curug yang indah dengan udara yang super sejuk. Air yang jatuh tak henti-hentinya dari atas terlihat putih, bergelombang seperti sutra yang terurai.

Curug Nangka berada pada ketinggian 750 mdpl, daerah yang cukup tinggi dengan suhu yang lumayan dingin. Pada siang hari suhu bisa mencapai 22 derajat dan menjadi lebih dingin lagi pada malam hari.

Aliran air pada curug ini berasal dari kaki Gunung Salak. Uniknya, air yang jatuh terbagi menjadi tiga bagian. Masing-masing bagian memiliki ketinggian mencapai 20 meter.

Setelah sampai, jangan siakan-siakan waktu sedetikpun untuk mengeksplore semua sudut untuk mendapatkan foto yang paling bagus !

Harga Tiket Masuk Curug nangka

Harga tiket masuk ke tempat wisata di Bogor yang satu ini terbilang cukup murah. Anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp. 4000/orang. Jika Anda membawa kendaraan pribadi, maka Anda harus membayar biaya tambahan (biaya parkir) sebesar Rp. 2000/kendaraan.

Dengan harga tiket yang terbilang sangat murah itu Anda akan mendapatkan pengalaman yang jauh lebih bernilai. Anda bisa menikmati indahnya salah satu curug yang paling terkenal di Bogor.

Fasilitas Di Curug Nangka

Tempat wisata Curug Nangka ini dikelola oleh pemerintah Bogor, oleh karena itu Anda tidak perlu khawatirkan masalah fasilitas. Bisa di bilang cukup lengkap untuk ukuran wisata curug.

Disini sudah ada berbagai fasilitas yang bisa Anda gunakan seperti pondok, gardu pandang, toilet, ruang informasi, dan beberapa tempat makan. Untuk masalah keamanan di tempat ini juga sudah terdapat pos penjagaan.

Berkemah Di Curug Nangka

curug nangka, tempat kemah curug nangka, foto pemandangan curug nangka

Camping Ground Curung Nangka

Selain sebagi destinasi wisata di Bogor, wilayah di sekitar curug ini juga sering dijadikan bumi perkemahan. Lokasinya yang memang sangat cocok untuk berkemah. Di Curug Nangka tersedia Camping Ground dengan lokasi yang cukup strategis dan sangat alami. Selain berkemah Anda juga bisa melakukan kegiatan hiking untuk bisa mengenal lebih dekat keindahan alam yang ada di sekitar Curung Nangka.

Oke sekian dulu tentang Curug Nangka pada kesempatan kali ini, jika Anda punya pengalaman yang menarik untuk diceritakan silahkan berbagi dengan kami semua di kolom komentar.

Semoga bermanfaat ! – wisatalova.com

Wisata Alam Curug Nangka Di Bogor Jawa Barat
4.8 (96%) 10 votes
Tags: curug nangka, curug nangka camping ground, Air Terjun Curug Nangka Bogor Jawa Barat, Air Terjun Curug Nangka Bogor Jawa Barat 16370, curug cinangka

Leave a Reply