Mengenal Kereta Majapahit, Salah Satu Moda Transportasi Murah, Aman dan Nyaman

Kereta majapahit

Pernahkah kamu mendengar tentang kereta api Majapahit? Bagi kamu yang sering melakukan perjalanan Jakarta – Malang maupun sebaliknya, tentu tidak asing lagi dengan moda transportasi satu ini. Hal ini dikarenakan kereta Majapahit memang memiliki rute perjalanan utama dari kota Malang menuju Jakarta.

Namun, pernahkah kamu menggunakan kereta api ini? Jika pernah, selain memiliki rute utama dari Jakarta ke Malang, stasiun mana saja yang dilewati dan menjadi salah satu rute perjalanan kereta Majapahit, secara tak langsung? Lalu kenapa kereta ini diberi nama Majapahit? Bukankah Majapahit adalah nama sebuah kerajaan Hindu Budha yang terkenal dan pernah berdiri di Pulau Jawa? Untuk menjawab seluruh pertanyaan tersebut, mari simak beberapa ulasan berikut ini.

Sejarah Singkat Tentang Kereta Majapahit

Kereta majapahit

Bagi kamu yang sering berpergian dari Jakarta ke malang pasti kamu sudah pernah coba kereta Majapahit, atau paling tidak sudah familiar dengan nama kereta api Majapahit. Kereta api Majapahit, memanglah salah satu kereta api kelas ekonomi AC yang cukup populer untuk perjalanan dari Jakarta menuju ke Malang, maupun sebaliknya.

Akan tetapi, tahukah kamu? Bahwa nama kereta Majapahit sendiri, sebenarnya adalah nama ketiga untuk kereta api ini. Sebelumnya, kereta ini pernah diberi nama Kereta Api Senja Kediri pada awal beroperasinya kereta, yaitu dari tanggal 5 Desember 2009 sampai dengan tanggal 1 Maret 2012. Kemudian, nama kedua dari kereta api ini adalah Kereta Api Senja Singosari. Barulah mulai tanggal 21 September 2012 nama Kereta Api Singosari resmi berubah nama menjadi Kereta Api Majapahit, bahkan sampai saat ini. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa kereta api Majapahit adalah generasi ketiga dari kereta api ini.

Kepopuleran dari moda transportasi kereta api Majapahit ini, disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor yang paling berpengaruh adalah fasilitas dan layanan yang disediakan oleh kereta api Majapahit. Walaupun memiliki fasilitas yang sedikit terbatas karena hanya merupakan kelas ekonomi AC, namun kereta api Majapahit memiliki pelayanan yang sangat baik. Selain itu,  kereta api Majapahit juga memiliki pemandangan yang sangat indah. Terlebih jika kereta ini melewati daerah pantai utara ( pantura ).

Tak hanya itu, kereta Majapahit juga dikenal dengan nama kereta ekspres. Sebab menurut orang yang pernah menggunakan kereta api ini, kereta api Majapahit memiliki durasi singkat dalam perjalanan. Namun sesingkat-singkatnya durasi waktu perjalanan kereta api Majapahit ini, hanya bisa melakukan perjalanan sebanyak satu kali dalam sehari. Hal ini disebabkan, untuk menempuh perjalanan dari Bandung menuju Jakarta kereta api Majapahit membutuhkan waktu selama 15 jam 38 menit. Masih cukup lama untuk sebuah perjalanan. Namun ini sudah termasuk cepat, apabila dilihat dari segi jarak yang ditempuh.

Rute Perjalanan

Hanya ada dua rute perjalanan utama dari kereta Majapahit. Rute tersebut, yaitu Jakarta – Malang dan Malang – Jakarta. Namun dalam rute utama tersebut, terdapat beberapa rute perjalanan pendek yang dibuat secara tak langsung oleh stasiun-stasiun yang menjadi tempat pemberhentian sementara. Total stasiun yang digunakan untuk pemberhentian ada 18 stasiun. Jadi dalam sekali perjalanan, kereta api Majapahit singgah di 20 stasiun ( jika dihitung dengan stasiun keberangkatan dan stasiun kedatangan ).

Kereta Sponsor Kementerian Perhubungan

Tahukah kamu? Bahwa kereta api Majapahit sebenarnya adalah salah satu kereta api besutan PT KAI ( Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia ) yang disponsori oleh pihak kementerian perhubungan. Hal ini, tentunya bertujuan untuk meningkatkan eksistensi kementerian perhubungan dan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum, khususnya kereta api sebagai moda transportasi pilihan.

Meskipun tercatat sebagai kereta api ketiga yang dipesan oleh PT KAI sebagai kereta api subsidi dari kementerian perhubungan, namun untuk harga tiket tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah. Jadi bukan hal yang aneh bila harga tiket sedikit lebih mahal atau bahkan jauh di atas kereta api dengan tiket subsidi. Akan tetapi, bila kamu ingin mencoba menggunakan kereta api Majapahit dan ingin mendapatkan harga yang sedikit lebih terjangkau maka kamu bisa menggunakan aplikasi traveloka untuk memesan kursi. Dengan aplikasi ini, pastinya kamu bisa mendapatkan kereta dengan harga tiket yang terjangkau. Baik itu kereta Majapahit maupun kereta jenis lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *