Wisata Kuburan Toraja

Tradisi kuno adalah bagian dari pesona saat berkunjung ke Tana Toraja Sulawesi Selatan. Selain melihat rumah adat Tongkonan, pelancong pun dapat mengunjungi wisata kuburan Toraja berupa tebing dan lingkaran batu megalitikum. Berikut beberapa destinasi wisata kuburan Toraja yang bisa dikunjungi pelancong :

Inilah Destinasi Wisata Kuburan Toraja

wisata kuburan toraja

Lemo

Pekuburan Lemo berada sekitar 9 km sebelah utara Kota Makale. Adalah kuburan batu pahat yang menjadi situs pemakaman purba untuk para kepala suku Toraja dahulu kala. Ada berbagai patung yang menjadi simbol orang yang dikuburkan itu. Wisatawan sebaiknya mengunjungi wisata kuburan Toraja ini pagi hari ketika matahari menerangi tebing.

Cek: Wisata Pulau Samalona Di Makassar

Tampang Allo

Berjarak kurang lebih 12 km dari Makale. Destinasi wisata ini berupa gua alam dimana terdapat peti mati kuno dan beberapa patung. Di tempat ini pun dijumpai makam bayi pada pohon hidup.

Suaya

Wisata kuburan Toraja ini berlokasi 9 km sebelah timur Makale. Di tempat ini ditemukan kuburan raja di tebing baru. Juga dijumpai sejumlah patung, batu megalitikum dan peti kayu purba yang dinamakan erong. Kuburan batu tersebut dipersembahkan bagi Puang Tamboro Langi’ serta anak turunnya. Pekuburan Suaya ini adalah kepunyaan raja Sangalla.

Sirope

Berada di Makale Utara, Sirope adalah pekuburan batu pahat pada tebing batu kapur. Dihiasi sejumlah patung batu dengan berbagai penampilan. Area pekuburan ini merupakan kepunyaan bangsawan Lion dan Tondok Iring. Wisatawan bisa menggunakan jalan untuk naik hingga puncak melihat panorama indah di sekelilingnya.

Landan Tondok Iring

Destinasi wisata kuburan Toraja ini berupa makam batu di pohon hidup dengan umur ratusan tahun. Penduduk asli sana dulunya menggunakan pohon lamba untuk menguburkan bayi yang belum memiliki gigi sebab dianggap masih suci.

Trending:   Observatorium Bosscha, Wisata Edukatif Di Lembang Bandung

Londa

Wisata kuburan Toraja lainnya berada di desa Sandai Uai Toraja Utara. Londa merupakan penampakan alam berupa tebing bebatuan curam yang kemudian digunakan untuk makam. Di sana dijumpai peti mati, tulang maupun tengkorak manusia, dan juga sesajen yang dipersembahkan untuk orang mati di situ. Wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata kuburan ini pun bisa menjumpai beberapa patung yang merupakan simbol orang yang dikuburkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.