Pesona Curug Cilember Cisarua Bogor

Curug Cilember merupakan salah satu destinasi wisata alam di Bogor yang sangat menarik untuk dikunjungi. Memang Bogor terkenal memiliki banyak curug, terhitung ada sekitar 15 wisata curug ada di Bogor yang saat ini mulai populer di kunjungi oleh para wisatawan terutama dari kalangan anak muda.

Advertisements

Banyak pengunjung yang datang sekedar untuk menikmati keindahan alamnya sambil berburu foto seflie untuk di upload ke media sosial. Akhir-akhir ini saya banyak sekali menemukan foto-foto Curug Cilember ini di timeline, dan semuanya sangat menggoda sekali. Semua curug-curug yang ada di Bogor ini memang memiliki keunikan dan pesona yang sangat menarik dan unik satu sama lainnya.

Pada postingan sebelumnya wisatalova.com telah membahas beberapa destinasi wisata curug yang ada di Jawa Barat. Anda bisa membacanya disini:

Di kesempatan kali ini kita akan mengulas salah satu dari sekian banyak curug yang ada di Bogor yaitu Curug Cilember. Spot utama dari kawasan wisata ini adalah sebuah air terjun alami yang sudah ada sejak zaman dulu.

curug cilember, lokasi curug cilember, curug cilember bogor

Curug Cilember, Cisarua Bogor

Lokasi dan Alamat Curug Cilember

Curug Cilember beralamat di Jl. Raya Puncak, Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16750, Indonesia. Lokasinya berada di Desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Lihat maps

Cara Menuju Curug Cilember

Dari kota Bogor ke lokasi berjarak kurang lebih 24 Km. Waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk bisa sampai ke lokasi adalah 1jam lebih. Jika sedang beruntung mungkin Anda bisa sampai dengan lebih cepat.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi Anda bisa memaki jalur yang mengarah ke Puncak. Anda bisa melewati Tol Jagorawi atau Tol Tajur dan Ciawi.

Ketika Anda bertemu dengan simpang Gadog, teruskan perjalanan hingga sampai di daerah Mega Mendung, setelah Anda melewati papan bertuliskan Unilever Learning Center Anda akan bertemu dengan belokan ke arah kiri. Ambil jalan itu, sekitar 4 Km lagi Anda akan sampai di pintu masuk Curug Cilember.

Cara Menuju Curug Cilember Dari Stasiun Bogor

Jika menggunakan kendaraan umum dan Anda dari Stasiun Bogor Anda bisa menaiki angkot bernomor 02 dengan warna merah. Angkot ini berangkat dari depan Stasiun Bogor dengan tujuan Sukasari. Anda bisa berhenti di Jl Sukasari atau Pasar Gembong.

Setelah itu Anda naik angkot lagi dengan jurusan Cisarua, kemudian berhenti di simpang yang mengarah ke Curug Cilember. Setelah itu Anda bisa menyambung perjalanan dengan menyewa ojek hingga sampai di lokasi.

Sisi Unik Dan Menarik Curug Cilember

curug cilember, foto curug cilember hd, foto air terjun curug cilember

Air terjun yang dalam bahasa sunda di sebut sebagai curug yang menjadi inti dari destinasi yang satu ini masih terlihat tetap asri dengan airnya yang mengalir jernih, tidak banyak yang berubah.

Hutan-hutan pinus dan pepohonan serta bunga-bunga yang tumbuh menghiasi sekitar curug juga terlihat masih sangat terawat. Anda akan sangat rugi jika melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Curug Cilember Cisarua ini.

Berikut ini adalah beberapa sisi menarik dari Curug Cilember yang bisa Anda temui:

Ada 7 Air Terjun di Curug Cilember

curug 7 cilember, curug cilember

Air terjun yang ada di kawasan Wana Wisata Curug Cilember jumlahnya tidak hanya ada satu. Ada sebanyak 7 air terjun yang letaknya terpisah. 7 curug ini sebenarnya berasal dari aliran air sungai yang sama kemudian terpecah menjadi 7.

Jika Anda kunjungi ke 7 curug ini, Anda akan melihat bahwa setiap curug memiliki ketinggian dan deras air terjun yang berbeda-beda. Yang paling tinggi dan deras airnya ada pada curug ke 7.

Curug 7 letaknya tidak begitu jauh dari gerbang, sehingga pada saat berkunjung kesini mungkin saja curug ini yang bisa pertama kali anda lihat. Sedangkan curug-curug yang lainnya berada diatasnya. Curug yang letaknya paling tinggi adalah curug ke 1, Anda harus melewati jalan yang mendaki jika ingin mengunjungi curug ke 1 ini.

Curug 7 akan jadi favorit Anda dari kesemua curug yang ada. Karena memiliki pemandangan air terjun yang paling indah. Selain itu di bawah curug ini juga terdapat sebuah cekungan yang membentuk kolam dengan air yang sangat jernih dan sejuk. Para pengunjung biasanya banyak yang berenang di bawah air terjun curug ini.

Taman Kupu-kupu

curug cilember, taman kupu-kupu curug cilember

Advertisements

Disini selain Anda akan disuguhkan dengan pesona keindahan alam yang asri, Anda juga bisa mengunjungi sebuah taman konservasi kupu-kupu. Taman ini berada dalam sebuah rumah kaca (green house). Didalamnya Anda bisa melihat ratusan jenis kupu-kupu dengan warna-warni yang indah. Semua kupu-kupu ini masih dalam keadaan hidup, Anda serasa berada di taman yang di penuhi dengan kupu-kupu yang indah.

Taman Cinta

ucapan cinta curug cilember, taman cinta curug cilember

Ada sebuah tempat yang cukup unik di dalam kawasan wisata curug cilember ini. Yaitu taman-taman kecil di sepanjang jalan menuju jembatan cinta yang di penuhi dengan bunga warna warni dan papan ucapan dengan tulisan I love you dan I love you forever. Taman ini menjadi favorit oleh para pengunjung yang datang bersama pasangannya

Bumi Perkemahan

curug cilember, bumi perkemahan curug cilember

Beberapa wisata curug lainnya di Bogor seperti Curug Nangka memang sering di jadikan sebagai bumi perkemahan. Begitu pula dengan Curug Cilember yang juga sering digunakan sebagai tempat untuk mengadakan kegiatan kemah. Para pecinta alam dan penggiat pramuka sering menjadikan tempat ini sebagai tempat mereka mengadakan berbagai kegiatan, terutama kegiatan yang berhubungan dengan alam seperti kemping, trekking, dan hiking.

Pihak pengelola juga sudah menyediakan fasilitas-fasilitas yang di butuhkan, Anda tidak perlu khawatir dan repot membawa perlengkapan sendiri jika ingin berkemah. Anda bisa menyewa berbagai perlengkapan yang dibutuhkan kepada pihak pengelola.

Hutan Pinus

Ketika masuk kedalam hutan pinus di Curug Cilember Anda akan merasakan suasana sejuk dan tenang. Pohon-pohon pinus yang tinggi berada disekeliling Anda, sinar matahari masuk dari sela-sela pohon memberikan sentuhan pemandangan yang sangat indah untuk dinikmati. Anda bisa mendapatkan banyak foto-foto yang bagus di tempat ini.

Pondok

Jika Anda tidak ingin tidur di dalam tenda, Anda bisa menyewa pondokan yang ada di dalam kawasan wisata curug cilember. Anda bisa menjadikan pondok tersebut sebagai tempat penginapan Anda selama semalam dua malam. Letaknya yang menyatu dengan alam tetap akan memberikan sensasi yang tidak jauh berbedah dengan tidur di dalam tenda.

Mitos Curug Cilember

curug cilember, mitos curug cilember, curug cilember angker

Tempat-tempat wisata di Indonesia memang sangat terkenal memiliki banyak mitos. Sepertinya istilah ini sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Setiap tempat pasti selalu dikait-kaitkan dengan mitos-mitos atau kepercayaan tertentu. Biasanya berhubungan dengan hal-hal ghaib, angker, dan sebagainya.

Nah di Curug Cilember ini juga terdapat beberapa mitos yang beredar di kalangan masyarakat Bogor khususnya. Konon pada zaman Kerajaan Pajajaran, kolam yang ada di bawah Curug 7 adalah tempat mandinya para putri kerajaan. Sehingga masyarakat percaya dengan mandi di kolam tersebut dapat membuat awet muda dan selalu cantik.

Ada juga yang menyebut bahwa dengan mandi di Curug Cilember dapat menghilangkan berbagai penyakit dan memudahkan jodoh. Bahkan ada yang percaya dengan mandi pada malam-malam tertentu dapat membuat awet muda dan menambah kekuatan.

Namun semua itu tetaplah hanyalah mitos. Masalah ingin percaya atau tidak itu adalah hak Anda. Tapi alangkah baiknya jika Anda hanya meminta dan berharap kepada-Nya saja.

Fasilitas Di Curug Cilember

Tempat dikelola dengan cukup baik, berbagai fasilitas yang di butuhkan pengunjung sudah tersedia cukup lengkap dan tertata rapi. Fasilitas yang terdapat di Curug Cilember diantaranya:

  • Lapangan parkir yang cukup luas
  • Mushola
  • Petunjuk jalan dan papan informasi yang akan memudahkan Anda menjelajah
  • Jalan-jalan setapak yang bagus
  • Bangku-bangku taman tempat beristirahat
  • Kantin / kedai makanan dan minuman
  • Fasilitas toilet yang bersih

Harga Tiket Masuk (HTM) Curug Cilember

HTM Curug Cilember terbilang cukup murah dan terjangkau, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 6000 untuk tiket masuk, RP. 4000 untuk parkir motor dan Rp. 8000 untuk parkir mobil. Jika Anda menginap maka dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 20000/malam untuk biaya parkir mobil.

Jika ingin masuk ke taman kupu-kupu Anda perlu membeli tiket masuk lagi seharga Rp. 5000/orang.

Jika Anda ingin melakukan camping, Anda harus membayar biaya sewa lokasi camping sebesar Rp 30.000. Untuk biaya sewa tenda terdapat beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan. Harga sewa tenda di patok berdasarkan ukuran dan kapasitasnya.

Untuk tenda kecil dengan kapasitas dua orang, Anda perlu membayar biaya sewa sebesar Rp. 125.000/malam.

Untuk tenda ukuran sedang dengan kapasitas 6 orang, harga sewa menjadi lebih mahal yaitu Rp. 250.000/malam.

Sedangkan tenda berukuran besar dengan kapasitas 10 orang biaya sewanya adalah Rp. 350.000/malam.

Semoga bermanfaat.

Pesona Curug Cilember Cisarua Bogor
4.5 (90%) 8 votes
Tags: Curug 7 Cilember Bogor Jawa Barat 16750, Curug 7 Cilember Bogor Jawa Barat, curug cilember, harga tiket masuk curug cilember, Curug Cilember Bogor Jawa Barat 16750 Indonesia

Leave a Reply

Creampie