Pantai Maluk – Wisata Sumbawa Barat

pantai maluk, wisata pantai maluk, pantai maluk sumbawa, pantai maluk sumbawa barat, foto pantai maluk, keindahan pantai maluk

Pantai Maluk adalah sebuah pantai eksotis yang ada di wilayah Sumbawa Barat. Hamparan pasir putih membentang dari ujung utara sampai ujung selatan, bukit tinggi menjulang dari ujung ke ujung, desiran ombak kecil nampak jelas membasahi bibir pantai menambah keindahan pantai maluk. Kemilauan air laut bewarna biru semakin mempercantik eksotika pantai yang berada di ujung Sumbawa Barat ini.

Bagi yang suka traveling, yang suka dengan keindahan pantai terasa kurang jika belum pernah berkunjung ke Pantai Maluk. Pantai yang memiliki ombak kecil di tepi ini menyimpan keindahan yang luar biasa sebagai wujud karya sang pencipta. Sangat tepat jika Anda memanjakan diri bersama keluarga mendatangi pantai ini di hari libur.

Klik tanda panah untuk melihat serunya foto-foto di Pantai Maluk di bawah ini:

pantai-maluk-sumbawa-09
pantai-maluk-sumbawa-08
pantai-maluk-sumbawa-07
pantai-maluk-sumbawa-06
pantai-maluk-sumbawa-05
pantai-maluk-sumbawa-04
pantai-maluk-sumbawa-02
pantai-maluk-sumbawa-01

Yang Menarik Dari Pantai Maluk

Di akhir tahun 2014 pantai Maluk setiap hari hampir tidak pernah sepi dari para pengunjung yang berlibur, baik pengunjung dari daerah setempat, maupun dari luar daerah bahkan dari manca negara, tetap ramai didatangi.

Sebagai tempat rekreasi yang ramai dikunjungi, di pantai maluk menyediakan tempat tongkrongan yang asik menghadap ke pantai sambil menikmati suguhan seperti jus, pisang goreng, es kelapa, ikan, soto ayam sembari menikmati keindahan pantai. Para pengunjung juga bisa melihat lebih dekat budidaya tukik yang sewaktu-waktu dilepas di pantai jika sudah besar.

 

Di sekitar pantai Anda juga bisa menyewa kano yang banyak di sewakan dengan harga yang relatif murah, hanya Rp. 10.000 saja. Anda bisa berkeliling dengan menggunakan kano sembari menikmati indahnya pemandangan laut di pantai ini.

Surfing

pantai malau, pantai maluk sumbawa barat, surfing pantai maluk, ombak pantai maluk, foto surfing, foto surfing di pantai maluk sumbawa barat
Surfing di Pantai Maluk, Sumbawa Barat

Selain keindahan pasir putih dan keindahan bukit disekelilingnya, pantai maluk terlihat berbeda dan unik dari pantai-pantai di tempat lain. Pasalnya pantai ini berbentuk teluk menghadap laut lepas jalur katulistiwa. Di Tengah-tengah pantai membentuk glombang ombak besar menghempas keras, tetapi tidak sampai pinggir bibir pantai.

Oleh para peselancar, ombak di Pantai Maluk di beri julukan Super Suck karena ombak di tengah bisa mencapai tinggi 2 meter, namun tidak sampai ke tepi karena terpecah oleh sebuah tanjung yang bernama Tanjung Ahmad.

Ombak ganas setinggi 2 meter inilah yang menjadi salah satu ombak terbaik bagi para peselancar. Mereka merasa tertantang untuk menaklukan ombak ganas di pantai maluk ini.

Bagi para peselancar keunikan pantai maluk tentu saja menjadi pengalaman yang berkesan karena jarang terdapat pantai yang memiliki ombak besar di tengah namun tidak sampai dipinggir seperti pantai-pantai yang lain yang ada di Indonesia.

Lokasi Pantai Maluk

Pantai Maluk terletak di sebuah desa di Sumbawa Barat. Tepatnya di Desa Maluk, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat.

Lihat maps berikut untuk mengetahui lokasi persisnya:

Cara Menuju Ke Pantai Maluk

Untuk bisa sampai di Pantai Maluk Anda bisa mengikuti petunjuk berikut. Tidak terlalu sulit untuk bisa sampai di lokasi, jika Anda dari kota Mataram Lombok, Anda bisa naik bus damri jurusan Mataram – Taliwang – Maluk. Kamudian berhenti di Maluk lalu melanjutkan perjalanan dengan menaiki ojek.

Biaya bus dari Mataram ke maluk sekitar Rp. 70.000 dan ongkos ojek Rp. 10.000. Perjalanan darat menggunakan bus ini memakan waktu sekitar kurang lebih 5-6 jam.

Jika Anda dari Pelabuhan Kayangan Lombok, bisa menggunakan kapal feri yang hanya memakan waktu kurang lebihnya sekitar 2 jam.

Fasilitas dan Penginapan

Fasilitas yang di bangun di area wisata pantai maluk ini sudah cukup baik. Disini sudah terdapat arena bermain untuk anak, lapangan voli, dan pancuran. Untuk urusan makan, disini juga sudah ada rumah makan yang menyediakan aneka makanan sea food.

Untuk urusan penginapan, disekitar lokasi wisata juga sudah banyak hotel-hotel murah yang bisa anda pakai dengan tarif berkisar antara 150-500.000 perhari.

Sekian dulu tulisan tentang Pantai Maluk di Sumbawa Barat ini.

Semoga bermanfaat dan salam wisata !

Tags:

PANTAI MALUK

5 Tempat Wisata Baturaden Yang Lagi Ngehits

Tempat wisata Baturaden merupakan tujuan wisata favorit dari Kabupaten Banyumas. Baturaden konon di ambil dari nama sepasang kekasih bernama Batur dengan seorang wanita bangsawan...
Wisatalova
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *