Rekomendasi 9 Tempat Wisata Purwakarta Bernuansa Alam

Wisata Purwakarta Bernuansa AlamWisataLova.com, Purwakarta adalah nama wilayah kabupaten di bawah Propinsi Jawa Barat. Ditemukan beragam destinasi wisata keren yang dapat disambangi dari wisata pegunungan, perbukitan dan taman yang pas untuk melengkapi feed instagram. Mana saja destinasi wisata Purwakarta yang wajib dikunjungi?

Tempat Wisata Purwakarta Nuansa Alam

Rekomendasi Tempat Wisata Purwakarta Bernuansa Alam

Waduk Jatiluhur

Waduk ini tepatnya berada di Kecamatan Jatiluhur. Adalah waduk serbaguna pertama dan juga yang terluas yang ada di Indonesia dengan membendung Sungai Citarum. Mulai pembangunannya tahun 1957 silam dimana peletakan batu pertama dilakukan Presiden Soekarno namun diresmikan Presiden Soeharto sepuluh tahun kemudian.

Waduk Jatiluhur menghadirkan keindahan yang memukau bagi para wisatawan. Di tempat wisata Purwakarta ini pun menawarkan beragam spot foto keren dan menarik. Bilamana pengunjung ingin menikmati kecantikan Waduk Jatiluhur dengan angle view berbeda berupa panorama perahu-perahu nelayan, mereka dapat memandanginya dari Gunung Lembu.

Bukit Katumbiri

Tempat Wisata di Purwakarta selanjutnya yaitu Bukit Katumbiri. Tempat wisata ini mulai buka dari tahun 2018 silam. Lokasi ini adalah tujuan wisata Purwakarta yang diminati para pelancong. Katumbiri dalam bahasa Sunda artinya pelangi, berlokasi di Kecamatan Kiarapedes.

Bukit Katumbiri menawarkan rangkaian bukit menghijau asri ditambah udaranya yang menyegarkan. Bukit Katumbiri disiapkan pula gardu pandang, rumah pohon, dan jembatan untuk objek spot foto super keren.

Gunung Bongkok

Pelancong yang menghendaki itenary wisata dengan nuansa alam, wisata Purwakarta memiliki Gunung Bongkok. Gunung Bongkok tepatnya berada di Cisarua, Tegal Waru. Gunung Bongkok berupa hamparan luas perbukitan terjal dengan sekeliling yang sejuk berkat pepohonan menghijau yang dapat membuat pengunjung kerasan bercengkerama santai.

Trending:   5 Tempat Wisata Alam Di Jogja Yang Wajib Di Kunjungi

Wisatawan pun dapat melihat artistiknya sunrise dari lokasi ini. Disediakan beberapa titik gardu pandang bagi para pelancong yang hendak berfoto-foto.

Waduk Cirata

Destinasi wisata Purwakarta yang satu ini berupa Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sebagai yang terbesar se Asia Tenggara. Daya stroom yang diproduksi dari Waduk Cirata ini mencapai 1.008 megawatt (MW) untuk kebutuhan penduduk di Jawa Bali.

Kecuali dapat menikmati kecantikan alamnya, pengunjung pun dapat menyantap makanan khas Sunda yang dijual di beberapa kios yang buka di sana. Nuansa wisata Priangan tempo dulu benar-benar terasa saat berkunjung ke Waduk Cirata ini.

Pasir Langlang Panyawangan

Salah satu tempat wisata di Purwakarta yang cukup terkenal adalah Pasir Langlang Panyawangan yang terletak tepatnya di Pusakamulya Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta. Dikenal juga dengan nama Ujung Aspal, tempat wisata ini merupakan wisata hutan pinus yang menawarkan keindahan panorama dan udara yang sejuk.

Wisatawan yang ingin mengunjunginya tidak perlu khawatir karena tempat ini tidak jauh dari pusat kota. Dengan luas sekitar 43 hektar, tempat ini menawarkan beberapa peluang wisata seperti berkemah, jalur olahraga khusus menuruni bukit, Curug Pamoyanan dan Goa Jepang.

Curug Tilu

Air terjun yang terletak di Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke kota ini. Akses menuju tempat wisata ini juga cukup mudah bagi wisatawan.

Penduduk setempat telah menjadikan air terjun ini sebagai salah satu tempat wisata sejak tahun 2016. Disebut “Tilu” karena artinya tiga, dimana dulunya ada tiga air terjun. Namun, lama kelamaan hanya satu air terjun yang tersisa karena dua air terjun lainnya hilang, ditumbuhi tanaman dan tertutup batu.

Trending:   Desa Cibarengkok dan Desa Sumur Batu, Lokasi Baru Syuting Dunia Terbalik RCTI

Curug Cisomang

Air terjun tersembunyi ini terletak di Desa Sepok, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta. Karena tersembunyi, mencari tempat wisata cukup sulit, dan akses jalan juga sulit dan membutuhkan tenaga lebih. Namun, untungnya karena air terjun ini tidak ramai dikunjungi wisatawan, Anda bisa menikmati wisata yang lebih tenang dan nyaman.

Berada tepat di bawah jembatan perbatasan antara Kabupaten Darangdan dan Bandung Barat, air terjun ini akan membayar sulitnya akses jalan yang dilalui pengunjung dengan suasana dan keindahan alamnya yang mampu menyejukkan hati dan pikiran. Diketahui pengunjung juga bebas alias free saat berkunjung ke Curug Cisomang ini.

Taman Batu Purwakarta

Taman Batu Purwakarta merupakan kolam renang alami dengan air yang jernih namun tidak menggunakan bahan kimia agar mata tetap aman dan tidak perih. Destinasi wisata yang terletak di antara persawahan, perbukitan dan sungai ini memiliki bebatuan alam yang besar.

Pemandangan alam taman batu yang indah ini terletak di Cipeundeuy, Bojong, Kabupaten Purwakarta. Pengunjung dapat menikmati udara alam yang menyegarkan karena keindahan dan kesejukannya. Dilengkapi juga dengan air terjun buatan yang menambah suasana alam, harga tiket masuknya adalah Rp 20.000 per orang.

Sungai Cidomas

Sungai Cidomas merupakan sungai yang diapit oleh dua tebing tinggi membentuk cekungan yang sangat dalam. Airnya sangat jernih karena Sungai Cidomas bukan hanya aliran dari gunung tetapi juga mata air. Anda dapat berenang di sungai tetapi Anda harus berhati-hati karena kedalaman sungai adalah 3-4 meter.

Lokasi Sungai Cidomas berada di Kp. Babakan Ds. Garokgek Kec. Kiarapedes Kab. Purwkarta, sekitar 30 km dari pusat kota Purwakarta. Tiket masuk wisata Sungai Cidomas sangat murah, Anda hanya perlu membeli tiket seharga Rp. 5000, tambah parkir Rp 2000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Trending:   Beberapa Objek Wisata Ambarawa Yang Sangat Menarik Untuk Di Eksplore

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.