Wisata Batu Kuda Bandung, Nikmati Pemandangan Hutan Pinus Nan Menawan

Objek Wisata Wisata Batu Kuda Manglayang adalah pilihan destinasi liburan di Bandung. Tempat ini menawarkan asrinya hutan pinus sebagai daya tarik pelancong yang berlibur. Batu Kuda berada tepatnya di wilayah Kampung Cikoneng, Kabupaten Bandung. Kebanyakan wisatawan berkunjung mulai siang sampai sore agar dapat menyaksikan matahari terbenam.

Apa Saja Fasilitas di Wisata Batu Kuda Bandung?

wisata batu kuda

Tentu bukan itu saja, banyak kegiatan yang dapat dinikmati traveler mulai dari berfoto selfie, bersantap bareng keluarga atau teman, hiking sampai hammocking. Wisata Batu Kuda yang dibuka dari 1982 silam ini menghadirkan panorama hutan pinus dengan hawanya yang adem khas daerah dataran tinggi.

Memiliki area yang luasnya hingga 20 hektar lebih sebagai hutan yang dikelola Perhutani Unit III Jawa Barat. Berada pada ketinggian 1818 meter dari permukaan laut akan membuat wisatawan kedinginan, karena itu disarankan untuk mengenakan baju hangat.

Cek: Rekomendasi Tempat Wisata di Lembang Bandung

Pengunjung hanya membayar Rp.7.500 sebagai tiket masuk per orang bila di hari biasa atau Rp.10.000 per orang khusus untuk akhir pekan. Karena masih dalam masa pandemi maka setiap pengunjung diwajibkan mengenakan masker sekaligus menerapkan protokol kesehatan agar dapat masuk wisata Batu Kuda.

Untuk kenyamanan setiap wisatawan yang berkunjung, berbagai fasilitas disediakan mulai dari area parkir, warung dengan tampilan layaknya kantin, kamar mandi, mushola, menara pandang dengan ratusan anak tangga, wahana bermain anak serta kawasan untuk berkemah yang bersih dan tertata dengan apik. Hanya saja, selama masa pandemi, pelancong belum diijinkan untuk berkemah. Jam buka wisata Batu Kuda ini dibatasi dari jam 5 pagi hingga 5 sore.

Dinamakan dengan Batu Kuda konon didasari dengan adanya sebongkah batu besar dengan bentuk seperti kepala kuda yang berada di gunung Manglayang. Tak cuma batu kuda, tapi ditemukan pula batu dengan bentuk-bentuk lain sehingga memiliki namanya sendiri misalnya batu semar, batu kursi hingga batu lawang. Posisi batu kuda sendiri ada 700 meter dari kawasan hutan pinus sebagai lokasi utama wisata.

Trending:   Curug Cilengkrang Ujung Berung Bandung

Jalur jalan ke wisata Batu Kuda ini cukup mudah diakses. Hanya perlu waktu kira-kira setengah jam dari Bundaran Cibiru menggunakan motor maupun mobil. Lokasinya pun tak begitu jauh dari jalan raya. Ingin menikmati liburan bernuansa alam yang murah namun berkesan, wisata Batu Kuda cocok untuk dipilih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.