Keindahan Danau Buyan Di Bedugul Bali

Danau Buyan sebenarnya punya keindahan yang tersembunyi. Walaupun kebanyakan wisatawan hanya mengenal Danau Beratan, sebetulnya kawasan wisata pegunungan Bedugul tidak hanya memiliki satu danau itu saja. Di seputaran kawasan Bedugul ada 3 danau, selain Danau Beratan ada juga Danau Buyan dan Danau Tamblingan.

Advertisements

Meskipun begitu popularitas Danau Beratan dibandingkan kedua danau lainnya juga sangat mudah dimaklumi.

Pertama Danau Beratan berada persis di tepi jalan raya. Kedua Danau Beratan adalah danau yang pertama terlihat saat memasuki kawasan Bedugul. Ketiga hampir semua aktivitas wisata terkonsentrasi di Danau Beratan, dari sekedar berperahu sampai permainan jetski tersedia di danau ini.

Terakhir Pura Ulun Danu yang berdiri di tepi Danau Beratan memang sangat indah dan karena itu sangat populer di kalangan wisatawan.

danau tamblingan bali

Letak Danau Buyan tidak terlalu jauh dari Danau Beratan. Kita hanya perlu berkendara beberapa kilometer lagi ke utara dari Danau Beratan, kemudian berbelok ke kiri melintasi jalan desa sebelum akhirnya sampai di tepi Danau Buyan. Hampir tidak ada aktivitas pariwisata di sekitar danau yang ukurannya paling luas dibandingkan kedua danau lainnya ini.

Meskipun demikian bukan berarti panorama danau ini kalah indah dibandingkan kedua danau lainnya, bahkan jika dibandingkan dengan Danau Beratan yang lebih populer sekalipun. Ada beberapa titik dimana kita bisa menikmati keindahan panorama Danau Buyan, ada yang dekat, tepat di tepi danau, ada juga yang dari kejauhan.

Nah mari kita simak titik-titik itu supaya kita bisa memilih yang mana yang mau dipilih untuk dikunjungi.

1. Kawasan Bumi Perkemahan

danau buyan, buyan lake, danau buyan bedugul

Di sisi selatan Danau Buyan terdapat sebuah kawasan yang disediakan untuk perkemahan. Selain lapangan yang cukup luas di bawah keteduhan pohon-pohon rindang yang menjulang tinggi.

Fasilitas dasar yang tersedia di kawasan ini diantaranya penjagaan keamanan dan MCK, sementara untuk tenda dan peralatan lainnya harus disediakan sendiri. Saat berkemah di kawasan pegunungan, kayu bakar sangat penting, selain untuk memasak juga untuk menghangatkan diri di malam hari.

Nah untuk yang satu ini, alih-alih membawa sendiri atau mencari di hutan sekitar, banyak penduduk setempat menyediakan dan kita tinggal membelinya saja.

Bukit di belakang perkemahan merupakan wahana untuk berbagai aktivitas petualangan, dari penjelajahan dengan berjalan kaki yang dikenal dengan trekking, bisa juga dengan menggunakan sepeda gunung atau motor trail.

Tetapi untuk kendaraan lebih lebar seperti ATV atau mobil berjenis jip sepertinya tidak memungkinkan. Tapi kendaraan yang dipakai untuk aktivitas ini harus dibawa sendiri.

2. Kawasan Pura Ulun Danu

pura ulun danu, pura bali, foto pura ulun danu, foto pura bali hd

Dalam tatanan religi Agama Hindu yang dianut mayoritas masyarakat Bali, tempat air terkumpul seperti danau merupakan tempat yang disucikan dan untuk itu disediakan pura untuk bersembahyang. Karena itu di setiap danau di Bali pasti ada Pura Ulun Danu yang dibangun di tepinya.

Advertisements

Pura Ulun Danu Buyan terdapat di sisi utara danau. Selain pura yang dibangun sedikit agak tinggi, tepat di tepi danau juga terdapat wantilan besar.

Banyak wisatawan memanfaatkan halaman parkir pura dan sekitar wantilan ini untuk berbagai aktivitas, dari sekedar bersantai menikmati udara sejuk dan pemandangan danau yang indah sampai memancing di sepanjang tepi danau.

Untuk memancing pengunjung bisa membawa peralatan sendiri atau menyewa di tempat.

Sepanjang jalan desa yang menghubungkan jalan raya dengan kawasan pura dipenuhi dengan lahan pertanian dimana penduduk setempat menanam berbagai sayuran.

Yang paling menarik adalah ladang-ladang tempat petani menanam strawberry. Selain dipanen untuk dijual ke pasar, pengunjung juga bisa mampir ke ladang petani dan membeli strawberry langsung disana. Lebih seru lagi, saat kita membeli strawberry disitu kita juga bisa memetiknya sendiri.

3. Hutan Wanagiri

desa wanagiri, hutan wanagiri, hutan wanagiri bali, desa wanagiri bali

Berkendara terus ke utara dari kawasan Bedugul jalan akan menanjak memasuki kawasan hutan yang dihuni banyak kera. Banyak wisatawan sengaja berhenti di pinggir jalan untuk sekedar bercengkrama dengan hewan-hewan lucu tersebut.

Tetapi selain mengamati tingkah laku hewan yang konon merupakan kerabat dekat manusia ini kita juga bisa menikmati keindahan Danau Buyan yang terhampar di kejauhan dari tempat yang sedikit lebih tinggi.

Jalan yang diapit tebing di satu sisi dan jurang di sisi lain ini memang tidak memberikan banyak tempat untuk menghentikan dan memarkir kendaraan.

Tetapi di beberapa titik yang kebetulan memang memiliki pemandangan terbuka ke Danau Buyan disediakan tempat untuk menepi yang cukup aman untuk beberapa mobil.

4. Kawasan Munduk

desa munduk, kawasan munduk, desa munduk bali, desa diatas awan bali, munduk bali

Jalan Sesa Munduk ini merupakan jalan pintas untuk mencapai kawasan wisata Lovina tanpa harus melintasi Kota Singaraja sehingga pengendara dapat mempersingkat waktu tempuh karena jaraknya lebih dekat dan lalu-lintasnya tidak terlalu padat.

Untuk mencapai kawasan ini, dari kawasan hutan kera perjalanan diteruskan lagi ke arah utara sampai ada persimpangan yang cukup besar, lurus menuju Kota Singaraja lewat kawasan Gitgit sementara berbelok ke kiri bisa langsung ke Lovina melalui Desa Munduk, nah berbeloklah ke kiri.

Jalan di kawasan Desa Munduk ini berada di ketinggian yang diapit lembah di kedua sisinya, sehingga pemandangan di kedua sisi sangat menakjubkan. Sisi utara, kanan jalan, ada hamparan pemandangan luas sampai ke Kota Singaraja dan pesisir utara Bali.

Sisi selatan, kiri jalan, ada Danau Buyan serta kawasan pertanian dan desa-desa di tepiannya yang kemudian dipagari bukit-bukit yang nampak hijau dengan hutan lindung yang cukup padat.

Kalau perjalan terus dilanjutkan kita akan mencapai titik dimana kita tidak hanya bisa melihat Danau Buyan tetapi juga Danau Tamblingan secara bersamaan.

Semoga bermanfaat dan salam wisata !

Keindahan Danau Buyan Di Bedugul Bali
4.5 (90%) 8 votes
Tags: danau buyan, gambar pemandangan bedugul malam hari

Leave a Reply